Ingin tahu cara termurah dan tercepat untuk mempromosikan produk/ jasa? Email marketing lah jawabannya. Setiap Email Service Provider (ESP) / penyedia layanan email biasanya menawarkan beberapa fitur yang dapat membantu kamu dalam mengirimkan email ke banyak orang. Selain itu juga ada beberapa layout atau template menarik agar emailmu tidak terlihat biasa. Berikut ini 7 fitur penting yang harus dimiliki email marketing yang perlu kamu tahu.

1. Message Automation

Ini adalah fitur terbaik yang ditawarkan oleh ESP untuk email marketing. Kamu bisa mengirimkan email ke pengguna jika ingin menanggapi sesuatu hal atau mengatur pengiriman email sesuai dengan kondisi yang kamu inginkan.

Sebagai contoh: sorang yang berlangganan newletter akan mendapatkan pesan selamat datang secara otomatis di email mereka, ucapan terima kasih karena sudah berlangganan, serta konfirmasi untuk berlangganan. Pada saat pelanggan membalas emailmu, maka email selanjutnya akan dikirim berupa ucapan terima kasih atas konfirmasinya dan penawaran berupa diskon 10% untuk newsletter selanjutnya. Jika pelanggan tidak mengkonfirmasi untuk berlangganan dalam waktu 48 jam, akan ada email berikutnya sebagi pengingat.

Hal tersebut bisa kamu atur sendiri sesuai kebutuhan, mudah bukan.?

 

2. HTML, Responsive Layout 

Mungkin dulu ESP hanya menyediakan format berupa teks biasa atau HTML jika ingin mengirim pesan melalui email. Sekarang ESP sudah menggunakan HTML dan CSS agar template email menjadi lebih responsive dan dapat dibuka pada perangkat pengguna. Apabila ingin menggunakan desain email template yang responsive, kamu harus memahami tentang HTML dan CSS. Tapi tenang saja, ESP sudah memberikan kamu kemudahan dengan memberikan desain dan template yang responsive.

 

3. Advanced List Maintenance

Setiap ESP pasti akan menawarkan fitur dasar berupa penambahan dan penghapusan daftar email pelanggan. Tapi jangan berharap ESP akan menghapus bounce (alamat email yang tidak valid) kamu secara otomatis. Kamu harus tetap mengatur dan mengelola daftar email agar semuanya teratur dan up to date.

 

4. CAN-SPAM Compliance Built-in

The Controlling the Assault of Non-Solicited Pornography and Marketing (CAN-SPAM) adalah hukum federal yang menetapkan aturan terkait pengiriman email komersial. Ketika mengirimkan email pemasaran kamu harus mengikuti aturan yang ditetapkan oleh undang-undang ini, seperti bagaimana cara mengelola langganan, persyaratan mengenai isi konten dan pengiriman pedoman/petunjuk pada pelanggan. Kamu bis dikenakan denda jika melanggar aturannya. Jadi carilah ESP yang bisa membantu kamu dalam memastikan bahwa pesan yang dikirim telah memenuhi syarat.

 

5.  Easy Integration

Email marketing harus terigentrasi dengan sistem atau layanan lainnya agar mudah digunakan. ESP seharusnya memberikan kemudahan bagi kamu untuk menambahkan paltform e-commerce lainnya, seperti aplikasi mobile, aplikasi sosial dan program loyalitas pelanggan agar promosi yang dilakukan maksimal.

Contoh integrasi ESP yang menguntungkan adalah Google Analytics yang memudahkan kamu dalam melacak konversi.

 

6. Dedicated IP Address

Internet Protocol (IP) Address adalah salah satu alamat yang bisa kamu gunakan untuk mengirimkan pesan. Kalau kamu punya alamat IP sendiri, maka kemungkinan pesan kamu terkirim juga cukup besar. Fitur ini biasanya ditujukan bagi organisasi yang ingin mengirimkan pesan dalam jumlah banyak.

 

7. Deliverability Help

Email marketing tidak akan berhasil jika pesanmu tidak sampai ke pelanggan. Oleh sebab itu, carilah ESP yang mau berbagi informasi dalam bentuk konten untuk menunjukkan bagaimana cara mengirimkan pesan/email agar sampai pada pengguna.

 

Bagi kamu yang belum memanfaatkan email marketing untuk promosi, belum terlambat kalau kamu mau mencobanya sekarang setelah tahu beberapa fiturnya. Selamat mencoba.!

Send Comment