Di dunia pemasaran ada ungkapan yang berbunyi seperti ini: “mempertahankan pelanggan lebih sulit daripada menarik pembeli baru. Dan banyak yang mengamini hal ini. Tak hanya para ahli pemasaran, tetapi juga orang-orang biasa, yang sedang atau telah menjalankan bisnisnya sendiri. Pelayanan menjadi hal yang krusial saat Anda ingin menarik pelanggan agar kembali ke toko Anda.

Jika sudah demikian, sebagai pelaku bisnis online Anda harus tahu strategi menarik pelanggan agar kembali pada Anda. Lagipula, pebisnis mana yang tidak ingin memiliki pelanggan yang dapat terus menerus memberikan keuntungan? Hal tersebut bisa saja tercapai seandainya Anda mampu mengubah pembeli menjadi pelanggan tetap.

Akan ada banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan jika mampu mengubah orang yang sekedar membeli menjadi pelanggan tetap. Tak hanya keuntungan finansial karena orang terus menerus membeli produk Anda, tapi lebih dari itu. Anda akan mendapatkan konsumen yang loyal.

Baca Juga: Langkah cerdas membuka toko online

Strategi Menarik Pelanggan Toko Online

strategi menarik pelanggan

Untuk mencapai tahap dimana pembeli menjadi pelanggan tetap, ada beberapa strategi yang harus Anda lakukan. Berikut strategi menarik pelanggan kembali ke toko Anda:

1. Mengumpulkan data pelanggan

Untuk dapat menarik pelanggan kembali ke toko Anda, yang pertama kali harus Anda lakukan adalah mengumpulkan data pelanggan. Tujuan mengumpulkan data ini bukan semata-mata untuk menggencarkan promosi pada pelanggan. Tetapi lebih untuk memetakan perjalanan konsumen menemukan bisnis Anda dan berinteraksi dengan Anda. Nantinya, Anda dapat menggunakan data ini untuk dapat meningkatkan konversi pembelian. Anda bisa memetakan, bagaimana orang menemukan bisnis Anda, apakaha mereka mencari artikel Anda via mesin pencari, dan apakah mereka mengikuti Anda di media sosial.

2. Meningkatkan layanana dukungan pelanggan

Metode lain yang bisa Anda optimalkan untuk menarik kembali pelanggan toko Anda adalah meningkatkan layanan dukungan pelanggan. Layanan pelanggan yang bagus secara efektif untuk meningkatkan komunikasi antara Anda dengan pelanggan. Jika tim support mampu memberikan resolusi dari setiap keluhan pelanggan, bukan tidak mungkin akan berubah menjadi pelanggan loyal dan melakukan repeat order. Bagi pelanggan, kecepatan, keramahan dan pelayanan yang konsisten adalah standar yang harus dipenuhi oleh toko online.

3. Melakukan customer loyalty program

strategi menarik pelanggan

Cara lain untuk menarik kembali pelanggan toko online Anda adalah membuat program loyalitas pelanggan. Banyak ahli pemasaran yang berpendapat bahwa cara ini dapat memotivasi pelanggan untuk membeli lebih sering lagi untuk mendapat reward yang berharga. Program loyalitas pelanggan adalah cara paling sederhana untuk memberikan reward kepada pelanggan. Anda bisa menggunakan data website toko online untuk memberikan reward kepada pelanggan atas apa yang mereka lakukan di website Anda.

4. Mengirimkan email kepada pelanggan

Salah satu cara untuk meningkatkan frekuensi pembelian adalah melakukan follow up kepada pelanggan menggunakan email marketing. Email marketing memberi kesempatan Anda untuk membangun hubungan pelanggan sebelumnya dan dapat menginisiasi keputusan pembelian.

5. Hindari kata-kata penolakan

Ada kalanya saat menghadapi komplain dari pelanggan, sebisa mungkin hindari penggunaan kata-kata penolakan. Jangan sampai, ketika berinteraksi dengan pelanggan muncul kata-kata penolakan. Sebaga gantinya, Anda bisa memberikan solusi atas permasalahan konsumen.

6. Mengetahui permasalah pelanggan

Sebagai seorang pebisnis, salah satu hal yang jug penting adalah mengetahui masalah apa yang dihadapi oleh pelanggan. Apa yang dibutuhkan oleh pelanggan Anda? Apa yang mendorong mereka tetap berada di depan laptop berjam-jam untuk mencari apa yang mereka inginkan. Jika pelanggan menemukan ada produk yang dapat menjadi solusi dari permasalahan mereka, tentu saja mereka akan berpaling pada Anda.

7. Edukasi pelanggan dengan membuat konten yang menarik

strategi menarik pelanggan

Konten yang menarik dapat menangkap perhatian konsumen. Sehingga konsumen dapat merasa terhibur dan tidak pernah bosan dengan produk Anda. Untuk konten sendiri, Anda bisa menggunakan cerita atau testimony dari konsumen yang dikemas secara menarik. Kanca Jejualan, banyak orang membeli produk dan layanan dari brand-brand yang mengedukasi konsumennya. Cobalah secara konsisten membagikan konten yang menarik, Anda dapat menarik lebih banyak pelanggan karena hal ini. Salah satu indikator penting yang menandai konten Anda sukses mempengaruhi pelanggan adalah toko online Anda berada di urutan pertama yang disebutkan pelanggan saat mereka memikirkan barang yang mereka inginkan.

8. Memberikan promo diskon kepada pelanggan lama

Tidak bisa dibantah lagi, memberikan promo diskon adalah cara yang sangat lazim digunakan untuk menarik kembali pelanggan lama. Bukan tanpa alasan mengapa cara ini banyak dipakai oleh berbagai toko online. Faktanya, pelanggan memang menyukai hal-hal berbau diskon. Anda bisa memberikan promo diskon untuk item-item tertentu. Bisa juga, Anda memberikan promo yang berkaitan dengan momen-momen tertentu. Misalnya, Anda dapat memberikan promo diskon spesial hari kemerdekaan Indonesia atau diskon hari tertentu yang lainnya.

9. Lakukan hal yang berbeda dari kompetitor

Semakin hari, persaingan toko online semakin ketat. Sebagai pelaku bisnis, Anda dituntut untuk mampu mencari cara yang inovatif untuk memasarkan produk. Salah satu tips menarik yang bisa Anda lakukan adalah menyediakan pengemasan yang menarik. Salah satu yang bisa Anda contoh adalah cara beberapa band nasional yang memberikan pengemasan unik untuk produk fisik. Tentu kita semua tahu bahwa saat ini rilisan fisik sudah semakin ditinggalkan oleh penikmat musik. Dengan melakukan hal ini, peluang konsumen untuk kembali pada Anda semakin besar. Bukan hanya karena kualitas produk Anda, tetapi juga nilai yang ditawarkan oleh brand Anda.

10. Meminta feedback dari pelanggan

Salah satu cara yang dianggap baik untuk menarik kembali pelanggan adalah meminta feedback dari mereka. Anda tidak akan tahu apa yang harus ditingkatkan dari toko online Anda jika tidak meminta feedback atau timbal balik dari konsumen. Selain sebagai cara untuk menarik kembali pelanggan, meminta feedback juga memiliki tujuan lain. Yang pertama tentu saja pelanggan akan merasa senang karena Anda mengharrgai pendapat mereka.Kedua, feedback dari pelanggan dapat memberikan Anda wawasan tentang apa yang dipikirkan dan dirasakan oleh pelanggan. Untuk metode meminta feedback ini, Anda bisa membut survey kepuasan pelanggan. Anda dapat mengirimkan email yang intinya meminta pelanggan untuk membalasa email tersebut sesuai dengan pikiran mereka. Akan semakin baik juga mereka memberikan jawaban secara mendalam.

Kesimpulan

Memiliki pelanggan yang loyal adalah asset terbaik yang dimiliki oleh toko online. Pelanggan sudah tahu merek Anda, mereka tahu produk Anda, dan mereka menghargai layanan Anda. Karena itu menjadi penting untuk tahu strategi menarik pelanggan kembali ke toko online milik Anda, agar mereka setia bersama Anda.

Ingin punya toko online yang Anda kendalikan secara penuh? Jejualan punya berbagai paket website toko online yang siap online hanya dalam 20 detik. Tunggu apalagi, coba sekarang!

Send Comment