Kanca Jejualan, apa yang pertama kali Anda pikirkan saat mendengar istilah jasa konsultasi? Orang-orang berdasi yang sedang memberikan saran tentang suatu hal? Berpenampilan rapi dan bersih? Lalu apalagi?

Tentu ini bukanlah istilah yang asing bagi sebagian dari kita. Jasa konsultan sebenarnya sebuah bisnis yang dijalankan oleh banyak profesional dan akhir-akhir ini cukup digemari. Namun yang jadi pertanyaan besarnya ialah, tahukah Anda apa itu bisnis jasa konsultasi online dan siapa saja yang bisa menjadi konsultan?

Kanca Jejualan, artikel ini dibuat untuk Anda yang ingin mendapatkan gambaran umum tentang bisnis jasa konsultasi online, pro dan kontra yang mewarnainya, pilihan karir yang tersedia, hingga apa saja yang diperlukan untuk menjadi konsultan yang bagus. Berikut ulasannya untuk Anda.

Tugas seorang konsultan?

bisnis jasa konsultasi online

Umumnya, konsultan adalah penasihat yang dipekerjakan oleh klien, sehingga mereka dapat mencapai tujuan tertentu. Karena apa yang berada di ranah konsultan masih bersifat absurd, seorang konsultan dapat membantu klien dalam hampir semua aspek bisnis mereka. Baik itu efisiensi, keuntungan, ataupun penjualan.

Tak hanya tentang bisnis, konsultan dapat membantu area yang tak bersentuhan dengan bisnis. Tentu Anda pernah mendengar jasa konsultasi dokter online, psikologi online, hingga jasa konsultasi hukum online. Peluang karir di bidang konsultasi online sendiri masih sangat besar, dan menjadi pilihan karir bagai para profesional mudah.

Konsultan sering memiliki otonomi untuk memilih klien dan proyek mereka sendiri. Sehingga memungkinkan mereka mengatasi masalah dan tantangan yang dianggap menarik. Keuntungan yang Anda dapatkan juga akan tinggi dengan membuka bisnis jasa konsultasi. Karena Anda memiliki keahlian yang tidak dimiliki oleh klien, serta tak perlu menambah biaya operasional yang tinggi jika Anda tak memerlukan banyak staf atau peralatan tambahan.

Apa yang dibutuhkan oleh seorang konsultan?

Untuk bisa menjadi seorang konsultan yang jempolan ,ada beberapa syarat khusus yang harus dipenuhi. ada sebagian dari beberapa syarat tersebut yang bersifat informal dan dapat dicapai dengan pelatihan atau sertifikasi.

Berikut ini adalah beberapa kualifikasi yang harus dimiliki seorang konsultan:

  • Keahlian yang spesifik

Hal pertama yang harus dimiliki seorang konsultan adalah keahlian yang spesifik. Karena Anda akan memanfaatkan kehlian Anda, pasti ada suatu latar belakang pengalaman yang telah membuktikan nilai yang akan Anda berikan. Misalnya saja jika Anda ingin menjadi konsultan psikologi, tentu selain memiliki sertifikasi yang mumpuni, juga harus memiliki pengalaman sebagai psikolog sebelumnya.

  • Pengetahuan tentang praktik bisnis

Menjadi seorang konsultan, sangat perlu untuk mengetahui proses bisnis dari klien atau calon klien yang ditangani. Dengan memahami proses bisnis, Anda dapat mengarahkan kebutuhan klien dengan lebih seksama. Anda bisa mengerti bagaimana berbagai divisi saling bekerja satu sama lain, bagaiman hierarkinya, dan perkiraan potensi masalah yang akan mengganggu usaha Anda.

  • Mempunyai kemampuan komunikasi yang baik

bisnis jasa konsultasi online

Sebagai seorang konsultan, apapun itu bentuknya, Anda akan menghabiskan banyak waktu bersama klien. Anda akan mengelola harapan mereka, mengarahkan mereka untuk menerima solusi dari Anda, dan banyak berinteraksi dengan banyak individu dan tim yang berbeda. Sebuah kesalahpahaman dapat menyebabkan friksi. Karena itu, konsultan harus memiliki kemampuan komunikasi bisnis yang baik, terutama kemampuan menyesuaikan gaya komunikasi berdasarkan klien yang ditangani.

  • Soft skill

Keterampilan lain yang perlu dimiliki seorang konsultan adalah soft skill. Yang termasuk dalam soft skill antara lain kemampuan negosiasi, organisasi, dan kolaborasi.

  • Sertifikasi yang relevan

Tidak bisa tidak, untuk menjadi seorang konsultan memerlukan sertifikasi keahlian. Misalnya untuk menjadi konsultan hukum. Tentu saja Anda harus memiliki latar belakang Pendidikan hukum yang seusai dengan jasa konsultasi yang Anda layani. Atau jika Anda adalah seorang psikolog yang ingin memberi layanan seputar ketenaga kerjaan sudah pasti harus berkualifikasi psikologi industri.

Latar belakang pendidikan yang jelas dapat membantu meningkatkan kredibilitas jasa layanan konsultas milik Anda.

Tren bisnis konsultasi online di Indonesia

bisnis jasa konsultasi online

Tahun 2020 datang dengan menghadirkan berbagai ide-ide bisnis baru nan segar. Tak semuanya baru memang, tetapi kembali muncul sebagai tren, seiring kebutuhan masyarakat akan bisnis tersebut. Salah satunya adalah bisnis jasa konsultasi.

Kebutuhan masyarakat akan konsultasi tersebut kini menjadi sebuah peluang bisnis yang menjanjikan. Terlebih pesatnya era digital seperti saat ini. Banyak sekali platform untuk memberikan konsultasi pada masyarakat.

Dengan dilakuan oleh para ahli dibidangnya, kini bisnis konsultasi bisa dilakukan secara online, tanpa harus tatap muka langsung antara klien dan konsultan, sehingga mampu menekan biaya dari kedua belah pihak. Untuk bisa go online, seorang konsultan harus mahir di bidang digital, misalnya seperti basis website, media sosial, dan lain lain sebagainya.

Dan banyak juga para konsultan online tersebut yang tak hanya membangun website, tetapi juga membuat aplikasi di handphone untuk memudahkan para konsumen menjangkau mereka.

Berikut ini adalah bisnis konsultan online yang sedang trend di Indonesia, dan diprediksi semakin pesat perkembangannya:

  • Konsultan kesehatan

Jasa konsultasi online yang paling populer datang dari bidang kesehatan. Maraknya wabah yang terjadi beberapa waktu ini menjadikan layanan konsultasi kesehatan semakin dibutuhkan masyarakat. Masyarakat menginginkan solusi kala mereka tak mampu mendatangi fasilitas kesehatan untuk bertanya-tanya karena pandemic, dan jasa konsultasi kesehatan adalah jawabannya.

Yang menjadi terdepan dalam bisnis konsultasi kesehatan adalah Halodoc dan Alodokter. Sementara Alodokter masih berfokus dengan website pada layanan mereka, Halodoc selangkah lebih maju di depan. Halodoc memiliki platform yang berbasis pada aplikasi dan website. Penggunanya selalu meningkat setiap tahunnya dan memiliki 20 ribu lebih dokter yang yang siap siaga melayani konsumen. Layanannya pun tak terbatas pada konsultasi kesehatan saja, tapi juga menyediakan obat-obatan dan layanan psikologi.

  • Konsultan hukum online

Kedua adalah jasa konsultasi hukum online. Yang menjadi terdepan adalah hukumonline.com. Platform yang telah ada sejak tahun 2000 ini menjadi platform utama dalam melakukan edukasi pada masyarakat luas atas bermacam-macam masalah hukum yang ada di Indonesia. Kehadirannya cukup membuka mata masyarakat yang asing terhadap hukum. Bukan hanya mengedukasi masyarakat untuk taat hukum, tetapi juga mengetahui hak dan kewajiban sebagai warga negara yang baik.

Kesimpulan

Kanca Jejualan, bisnis jasa konsultasi online adalah bisnis yang menjanjikan. Terutama pada bidang yang dirasa sangat asing bagi masyarakat. Seperti konsultan hukum, kedokteran, psikologi, hingga digital marketing. Anda bisa memulai usaha konsultasi Anda, sesuai dengan kehalian yang Anda miliki.

Send Comment