Kanca Jejualan, apa yang Anda pikirkan saat pertama kali mendengar bisnis jual beli domain? Membeli dan menjual nama domain adalah peluang bisnis menjanjikan di era digital sekarang ini. Di dunia, banyak berita yang menceritakan bagaimana sebuah domain yang dibeli seharga 30 ribu rupiah, 10 tahun kemudian laku dijual di harga yang ratusan kali lipat lebih mahal. Karena itu, tentu banyak yang bertanya-tanya, apakah bisnis jual beli domain adalah bisnis yang menjanjikan?

Menjanjikan atau tidak, tak bisa dipungkiri bahwa nama domain telah menjadi komoditas yang panas pada zaman teknologi yang canggih. Bahkan sebuah domain pernah memecahkan rekor menjadi domain termahal di dunia. Domain bernama insure.com terjual senilai 16 juta dollar saat dibeli oleh Quinstreet.

Karena potensinya tersebut, banyak orang yang tertarik untuk serius di bisnis jual beli domain. Lantas, apa yang harus dilakukan untuk bisa berbisnis jual beli domain? Sebentar, tenang dulu. Anda bisa membaca artikel ini sambil minum kopi.

Nama domain adalah?

Bisnis Jual Beli Domain

Sebelum mulai membahas cara bisnis jual beli domain, Anda harus tahu dan mengenali apa itu nama domain. Nama domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer, seperti web server atau email server di jaringan komputer atau internet.

Fungsi nama domain adalah untuk memudahkan pengguna internet pada saat melakukan akses ke server. Selain itu, nama domain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengetikkan deretan angka rumit yang dikenal sebagai alamat IP. Dan tak sedikit yang mengenal nama domain sebagai alamat website.

Nama Domain Unik

Nama domain mempunyai sifat yang unik. Mengapa bisa demikian? Karena nama domain hanya ada satu di seluruh dunia. Tentu Anda tidak pernah menemukan dua nama domain dengan nama yang sama, bukan?

Keunikan nama domain memiliki banyak parameter dan bisa dikategorikan dalam berbagai macam selera. Pemburu domain unik umumnya memiliki kriteria tertentu. Misalnya memiliki kata yang pendek, tidak lebih dari 7 karakter, dan tidak menggunakan tanda hubung dash (-). Ada juga yang mencerminkan nama brand, serta pasti mudah diingat.

Baca Juga: Peluang Bisnis Menjanjikan 2020

Domain Unik berharga mahal

Bisnis Jual Beli Domain

Berikut ini adalah tiga contoh nama domain unik yang laku dijual dengan harga sangat mahal, dan bisa menjadi inspirasi bagi Anda:

  • Business.com

Daftar pertama domain unik termahal menjadi milik business.com. Nama domain ini pertama kali dibeli oleh koran The New York Times dan bursa saham Dow Jones pada tahun 1999 seharga 7,5 juta dollar. Dan tak butuh waktu lama, hanya dalam 8 tahun domain ini sukses terjual di angka 345 juta dollar.

  • LasVegas.com

Jika Anda memiliki domain dengan kata kunci sebuah kota, rawatlah nama domain tersebut. Karena siapa tahu di masa depan akan laku terjual mahal. Seperti yang terjadi pada domain LasVegas.com setelah laku dibeli orang pada harga 90 juta dollar.

  • Insure

Perusahaan bernama Quinstreet rela merogoh kocek sangat dalam untuk membeli nama domain yang mencerminkan bisnis asuransi ini. Banderol yang harus dikeluarkan mencapai 16 juta dollar.

Tips Memilih Jenis Domain

Sebelum memutuskan terjun ke bisnis jual beli domain, ada beberapa jenis domain yang harus Anda ketahui. Berikut jenis nama domain yang harus tahu:

  • Nama generik

Nama domain yang bersifat umum atau generik. Nama yang umum ini bisa mencerminkan produk atau layanan dan bisa menjadi investasi yang menjanjikan. Satu hal yang harus Anda perhatikan adalah terkait isu penggunakan merek terdaftar atau trademark.

  • Nama domain yang mengandung unsur geografis

Nama negara atau kota bisa menjadi sebuah investasi yang menjanjikan dalam bisnis domain. Anda bisa menjualnya di masa depan untuk digunakan sebagai website yang mencerminkan sebauh wilayah.

  • Nama bisnis

Nama domain yang mencerminkan bisnis yang bersifat umum sangat tepat bila di kombinasikan dengan nama berbasis geografis.

  • Nama domain berdasarkan waktu

Selanjutnya adalah nama domain berdasarkan waktu. Nama domain jenis ini bisa menjadi investasi yang bagus. Misalnya, 2022Olympic.com.

Baca Juga: Cara Mendaftarkan Nama Domain Sendiri

Cara Jual Beli Domain

Bisnis Jual Beli Domain

Ada banyak cara untuk bisa melakukan bisnis jual beli domain. Ada registrar domain yang memiliki fasilitas jual beli. Namun banyak yang menggunakan layanan lelang nama domain di internet. Tapi sebelum turun di bisnis ini, ada satu catatan penting yang harus Anda perhatikan. Anda harus memiliki domain.

Anda bisa menggunakan referensi dari 30 Penyedia hosting terbaik Indonesia untuk mendapatkan nama domain yang sesuai dengan keinginan Anda.

Lalu, bagaimana cara bisnis jual beli domain?

  • Menetapkan harga

Menetapkan harga tertentu adalah metode yang banyak dipakai oleh penjual domain dengan portofolio besar dan tidak buru-buru menjualnya.

  • Mengikuti lelang

Lelang adalah cara jual beli domain yang juga banyak disukai oleh para pebisnis domain. Terutama jika domain yang Anda miliki sangat unik dan, berpotensi terjual dengan harga yang sangat tinggi.

  • Membuat penawaran

Untuk Anda yang baru saja memulai bisnis jual beli domain, cara terbaik untuk meraih minat calon pembeli adalah dengan membuat penawaran. Hal ini juga agar domain yang Anda jual segera dikenal orang.

Tips berbisnis jual beli domain

  • Peka terhadap tren

Salah satu hal yang umum dilakukan saat kali pertama memperhartikan trend. Karena Anda akan mendapatkan banyak wawasan dari apa yang dibutuhkan oleh masyarakat.

  • Pilih domain TLD terlebih dahulu

Domain TLD adalah domain yang menjadi pilihan mayoritas untuk membangun website. Ekstensi .com menjadi yang paling populer dengan pengguna lebih dari 50% website di dunia. Menjual domain berekstensi TLD lebih mudah menarik minat publik, bahkan berpotensi mendatangkan pembeli dari luar negeri.

  • Merawat domain lama

Pada umumnya, banyak pemiliki website yang tidak teliti, yang membiarkan domain miliknya mati dan kadaluarsa. Tak heran, nama domain tersebut direbut orang lain. Kanca Jejualan, tahukah Anda bahwa nama domain yang sudah pernah aktif telah memiliki traffic, dan besar kemungkinan masih ada yang mengingat domain tersebut. Maka dari itu, domain yang sudah pernah terpakai berpotensi mempunyai nilai yang tinggi. Semakin bagus nama domain, harganya akan semakin mahal.

  • Berhati-hati dengan nama merek

Sebisa dalam menentukan nama domain yang akan dijual, sebisa mungkin untuk menghindari penggunaan nama domain dari sebuah produk. Karena perusahaan pemiliki nama brand yang Anda gunakan bisa saja menuntut, walau masih banyak celah hukumnya. Jadi tidak ada salahnya untuk berhati-hati.

  • Manfaatkan promo dari penyedia hosting

Jika memang Anda ingin mengoleksi domain, jelilah memasang mata dan telinga. Anda bisa mencari penyedia domain yang sering mengadakan promo domain murah. Dengan demikian, Anda bisa memborong domain murah tersebut untuk kemudian dijual di kemudian hari.

Dengan adanya internet, peluang bisnis menjadi sangat terbuka. Dan salah satu peluang bisnis yang menjanjikan adalah bisnis jual beli domain. Selalu ikuti Jejualan agar selalu update dengan informasi terbaru seputar dunia bisnis digital.

Send Comment