Sejak melewati dekade pertama milenium ketiga, peran teknologi untuk mendukung sebuah usaha memang sudah tak bisa dipungkiri lagi. Sangat penting. Salah satunya adalah peran teknologi seperti internet sebagai media promosi untuk sebuah brand. Salah satu yang sedang populer adalah digital advertising. Kanca Jejualan, apakah Anda pernah mendengar tentang digital advertising publisher?

Saat ini tentu Anda semua merasa, media lainnya, seperti media cetak dan televisi sudah mulai berkurang perannya sebagai media pemasaran, sejak keberadaan internet. Tak heran karena iklan online memberikan dimensi yang baru dan unik untuk promosi produk. Dengan begitu, banyak sekali agen yang bergerak di bidang ini. Dan tak sedikit yang memiliki reputasi bagus.

Jenis-jenis Iklan Online

Bisnis publisher iklan

Sebelum lebih jauh membahas tentang peluang bisnis iklan online, mari kita kenali terlebih dahulu mengenali jenis-jenis iklan online. Berikut penjelasannya:

  • Pay per click (PPC)

PPC atau pay per click adalah salah satu metode beriklan di intenet. Dimana pengiklan atau advertiser hanya membayar jika ada yang mengklik iklannya. Jika nantinya iklan yang diklik di website Anda cukup banyak, maka akan berbanding lurus dengan pendapatan yang Anda dapatkan. Untuk rumus penghitungan PPC sendiri adalah: total biaya iklan = Cost per click x jumlah klik.

Contohnya seperti ini. Jika iklan di website Anda mendapatkan 500 klik, sedangkan harga per klik-nya adalah Rp1000, maka pendaptan yang akan Anda dapatkan adalah Rp500.000.

  • Pay per mile

Yang kedua adalah pay per mile. PPM adalah sistem penghitungan iklan berdasarkan jumlah impresi (impression). Impresi ini juga lazim disebut dengan page views. PPC atau CPC sendiri diartikan sebagai sistem perhitungan per seribu impresi/tayangan. Mile sendiri merujuk pada jumlan 1000.

Rumus CPM sendiri adalah biaya iklan = CPM (jumlah impresi/1000). Sebaga contoh, Anda adalah publisher dan memiliki biaya CPM sebesar Rp2000. Lalu ada pihak yang ingin beriklan di website Anda dan menargetkan iklan tersebut diihat sebesar 2 juta kali. Maka penghitungannya adalah Rp2000 x (2000.000/1000) = 2000 x 2000 = 4000.000.

Rekomendasi PlatformBisnis Publisher Iklan

Bisnis publisher iklan

Ada banyak cara untuk mendapatkan uang dari internet. Memasang iklan di blog adalah salah satu cara untuk mendapatkan passive income dengan usaha yang tidak terlalu berat.

Berikut ini adalah rekomendasi platform bisnis publisher  iklan yang cocok untuk semua jenis publisher. Platform iklan ini terkenal dengan kemudahan penggunaan dan terbukti membayar. Alias tidak scam.

  1. Adsense

Bisa dikatakan, inilah salah satu platform iklan terbaik di dunia bagi publisher. Adsense hampir dikenal banyak orang. Adsense menawarkan iklan berbasis CPC dan menjadikannya yang terbesar di industri periklanan online. Jika ingin disetujui untuk bergabung adsense, Anda harus mengikuti beberapa pedoman ketat yang dikeluarkan oleh Google. Karena Google menginginkan iklan yang berkualitas, yang juga meningkatkan pengalaman pengguna.

Google Adsense sendiri memiliki batas minimum payout sebesar 100 Dollar. Pembayarannya sendiri dapat melalui cek, wire transfer, paypal, dan Western Union. Dan karena dikelola langsung oleh Google, Adsense menjadi incaran bagi para pelaku bisnis publisher iklan.

  1. Media.net

Satu lagi platform bisnis periklanan online yang bagus dan juga banyak digunakan oleh para blogger. Media.net menawarkan variasi iklan, antara lain CPA (Cost per action), CPM (Cost per mile), dan CPC (Cost per click). Kualitas iklan dari platform ini juga sangat bagus dan tidak sembarangan.

Iklan yang ditawarkan oleh Media.net terlihat sangat berbeda dibandingkan platform periklanan lainnya, sehingga lebih baik Anda memiliki tema yang cocok dengan desain Anda. Media.net sendiri memiliki batas minimum payout sebesar 100 Dollar dan bisa dibayarkan melalui Paypal dan web money. Tidak ada persyaratan minimum traffic, yang mana ini adalah kabar baik bagi Anda publisher yang masih kecil.

  1. Propeller ads

Dengan persetujuan instant dan pembayaran yang cepat, Propeller Ads adalah platform iklan populer dan bisa bekerja di berbagai tipe layar. Seperti seluler, desktop, media social, perangkat lunak, game, dan lain sebagainya.

Propeller Ads menawarkan variasi iklan seperti CPM, CPA, dan CPC. Reportingnya sendiri realtime untuk semua orang. Ini membuatnya cukup mudah untuk melacak kinerja dan penghasilan dengan mudah. Jumlah minimum payout adalah 100 Dollar via platform PayZa dan Payoneer, serta 550 Dollar untuk wire transfer.

  1. Bidvertiser

Bila membicarakan pemain lama dalam bidang periklanan online, Bidvertiser adalah salah satunya. Format dukungan iklannya pun banyak, sehingga mudah untuk memilih jenis iklan yang sesuai dengan website Anda.

Memang bukan iklan berkualitas tinggi, tetapi Bidvertiser menawarkan kemudahan penggunaan, pembayaran tepat waktu, dan batas payout yang rendah. Hanya sebesar 10 Dollar dan pembayaran bisa dilakukan via cek, transfer bank, dan Paypal.

  1. Popads

Bagi Anda yang merasa masih kecil di dunia publisher, Pop Ads adalah jawaban. Jaringan iklan premium dengan persetujuan instan. Ini menawarkan tingkat CPM yang lebih baik daripada platform iklan lain dan tidak perysaratan lalu lintas yang minimum.

PopAds mendukung semua jenis situs website dan pembayaran minimum adalah 5 Dollar saja. Jika Anda ingin menjadi publisher di PopAds, pastikkan untuk memiliki akun Payooner dan Paypal.

  1. Chitika

Jika Anda merasa website Anda memiliki lalu lintas yang bagus, Chitika adalah salah satu rekomendasi, karena mampu menghasilkan lalu lintas pencarian. Beberapa blogger menanggapnya sebagai alternatif dari Google Adsense.

Chitika sendiri memberikan akses instan tak tidak memiliki persyaratan lalu lintas yang minimum. Selain batasan payout yang rendah, Chitika juga sangat andal untuk mendeteksi aktivitas iklan yang tidak valid.

Gambaran kerja bisnis publisher iklan

Bisnis publisher iklan

Bagi Anda yang tertarik untuk menjadi publisher iklan, berikut ini adalah gambaran proses kerja bisnis publisher iklan:

  • Produsen suatu produk membutuhkan pemasaran online untuk meningkatkan penjualan. Sehingga mereka mengiklankan website dan blog mereka, agar ramai pengunjung.
  • Kebanyakan produsen akan menggunakan jasa agen iklan untuk menyebarkan iklan produknya. Biasanya, agen iklan akan dibayar dengan nilai tertentu untuk setiap pengunjung yang datang di website atau blog tertentu.
  • Untuk memudahkan penyebaran iklan, agen iklan selanjutnya menawarkan kepada publisher iklan untuk ikut membantu menyebarkan iklan suatu produk. Dengan memasang iklan tersebut pada blog atau website, setiap pengunjung yang didatangkan akan menghasilkan komisi bagi publisher iklan.
  • Jika publisher iklan sudah memasang iklan yang ditawarkan oleh agen, maka bila ada pengunjung yang datang ke website atau blog dari publisher iklan dan mengklik iklan tersebut, maka konsumen akan masuk ke situs produsen. Sehingga, pemasaran produk pun meningkat.

Kesimpulan

Kanca Jejualan, peluang bisnis publisher iklan adalah peluang bisnis yang menjanjikan. Hubungan antara pengiklan, agen, dan publisher sendiri saling menguntungkan. Tertarik menjadi publisher iklan? Jejualan punya program affiliate untuk Anda Kanca Jejualan yang ingin memulai bisnis internet marketing. Tunggu apalagi, gabung sekarang dan rasakan keuntungannya.

 

Send Comment