Istilah wedding organizer mungkin masih asing untuk beberapa tahun lalu. Yang mana kebanyakan calon pengantin masih mempersiapkan pernikahan sendiri dengan bantuan keluarga atau teman-teman terdekat. Tak jarang pula orang yang mempertanyakan sebenarnya apa itu wedding planner atau yang populer dengan bisnis wedding organizer. Namun, kini zaman sudah berbeda. Calon pengantin lebih memilih pernikahan yang praktis dan tidak ribet karena mereka bisa mengandalkan yang namanya wedding organizer.

Wedding organizer nantinya akan membantu calon pengantin dalam mewujudkan pernikahan impiannya. Mereka akan membantu prosesi pernikahan dari awal hingga akhir. Di tengah kesibukan orang zaman sekarang, tentunya wedding organizer ini akan sangat membantu. Bahkan, dengan begitu banyak hal yang harus dikerjakan sepanjang persiapan, tak jarang pada akhirnya terjalin kedekatan antara wedding organizer dengan calon pengantin bahkan dengan kedua belah pihak keluarga.

Apa Saja Peran Bisnis Wedding Organizer?

Dengan memilh jasa wedding organizer, maka Anda tak perlu pusing memikirkan apa saja yang akan dipersiapkan. Tugas wedding organizer juga akan menjadi pihak yang bertanggung jawab atas kelancaran jalannya sebuah pesta pernikahan dari mulai akad nikah atau pemberkatan hingga resepsi pernikahan. Lalu apa saja peran wedding organizer?

bisnis wedding organizer

bisnis wedding organizer

1. Meringankan beban calon mempelai

Menggunakan jasa wedding organizer memang bukan sebuah keharusan, akan tetapi seiring perkembangan zaman, jasa wedding organizer semakin dibutuhkan karena dapat meringankan beban calon mempelai. Terlebih jika kedua calon mempelai juga sama-sama sibuk, tentunya mereka tidak sempat untuk mengurus ini itu sehingga diserahkan lebih mempercayakannya pada wedding organizer.

2. Membantu meminimalisir biaya yang tidak perlu

Berhubung sudah berpengalaman dalam menangani beberapa pesta pernikahan, pada umunya wedding organizer mengerti bagaimana cara membantu calon pengantin menghemat pengeluaran. Dalam hal ini calon pengantin juga harus jujur kepada wedding organizer mengenai besaran budget yang telah mereka persiapkan.

3. Menjadi penengah dan pemersatu keluarga calon pengantin

Perbedaan pendapat antara kedua pihak keluarga dalam sebuah pernikahan pun kerap terjadi. Terutama bila salah satu pihak memiliki posisi atau jabatan yang lebih tinggi daripada yang lain, dan pihak tersebut mengeluarkan uang lebih besar untuk membiayai pesta pernikahan. Dalam hal ini seorang wedding organizer untuk menjadi penengah dan pemersatu bagi kedua keluarga. Tidak mudah memang. Namun, wedding planner berpengalaman biasanya memiliki trik khusus menghadapi hal-hal seperti ini.

4. Merekomendasikan vendor-vendor pernikahan sesuai dengan budget calon pengantin

Itulah pentingnya mengapa calon pengantin harus jujur tentang budget. Setiap vendor wedding biasanya memiliki keunggulan masing-masing. Hal ini tentu menyediakan harga yang berbeda-beda. Nantinya wedding organizer juga akan memberikan rekomendasi kira-kira mana saja vendor pernikahan yang sesuia dengan budget calon pengantin.

bisnis wedding organizer

bisnis wedding organizer

Kendala Yang Sering Dialami Pebisnis Wedding Organizer

Berprofesi sebagai wedding organizer memang gampang-gampang susah. Tak heran jika beberapa bisnis wedding organizer yang terlihat enak untuk dijalankan tersebut ternyata juga memilki banyak kendala. Kendala dalam suatu bisnis adalah hal yang wajar. Anda tidak perlu berkecil hati dalam menjalankannya. Bahkan. bisnis sekelas wedding organizer pun juga masih mengalami banyak kendala. Lalu apa saja kendala yang dialami oleh wedding organizer?

1. Salah pilih Vendor untuk diajak kerjasama

Ketika Anda memutuskan untuk menjadi seorang wedding organizer, maka akan dituntut untuk selalu kreatif saat merancang pernikahan suatu pasangan. Sebab, permintaan dari klien yang satu dengan lainnya memang berbeda-beda. Pelayanan dari vendor yang kurang memuaskan, bisa mengurangi reputasi Anda sebagai wedding organizer. Citra yang sudah dibangun dengan baik, bisa rusak gara-gara reputasi buruk dari vendor lantaran Anda salah dalam memilih vendor.

2. Kurangnya informasi terkait adat pernikahan

Bisnis wedding organizer sangat dipengaruhi oleh tren yang bergerak di masyarakat. Termasuk tentang adat pernikahan. Belakangan ini tren pernikahan dengan gaya modern sudah mulai banyak diminati. Namun, pernikahan dengan adat tertentu masih kental dan bakal bertahan untuk puluhan tahun lagi. Nah…Anda sebagai wedding organizer tentunya harus Up to date dengan informasi tersebut. Hal ini juga akan menunjang karir Anda sebagai wedding organiser yang profesional.

3. Citra wedding organizer yang mahal

Ketika seseorang ingin melangsungkan pernikahan, maka akan memikirkan banyak biaya. Apalagi kalau ingin menyewa jasa wedding organizer, pasti sudah berfikir kalau harganya pasti mahal. Ingin menyewa jasa wedding organizer tapi sayang uangnya. Itulah yang sering jadi masalah dilematis banyak pasangan calon pengantin. Mereka selalu berfikir bahwa memakai jasa wedding organizer ini merupakan sebuah budget tambahan dalam pernikahan.

bisnis wedding organizer

bisnis wedding organizer

4. Banyak kasus penipuan dengan modus wedding organizer

Untuk memasarkan jasa wedding organizer via internet memang harus memiliki reputasi baik. Hal ini karena banyaknya modus penipuan yang mengatasnamakan jasa wedding organizer. Di sini Anda perlu menyusun strategi promosi yang jitu dan terus mengutamakan kualitas pelayanan di atas segalanya.

5. Kurang memiliki pergaulan yang luas

Jasa wedding organizer  juga berhubungan dengan hal-hal yang bersifat pribadi. Kedekatan dengan calon klien harus dibangun sekuat mungkin.Jika sudah dekat, diskusinya lakan lebih enak. Sayangnya beberapa jasa wedding organizer masih kurang maksimal dalam bergaul dengan kliennya. Tak hanya itu saja, mereka juga memiliki pergaulan yang kurang luas. Padahal jasa wedding organizer harus memiliki pergaulan yang luas.

Kapan Seorang Calon Pengantin Harus Memakai Jasa Wedding Organizer?

Masih banyak calon pengantin yang bingung antara harus memakai wedding organizer atau tidak. Anda harus memakai jasa wedding organizer jika;

1. Tidak mempunyai waktu untuk mempersiapkan hari pernikahan. Hal ini karena kesibukan yang padat antara keduanya sehingga hanya punya sedikit waktu dan membutuhkan jasa wedding organizer.

2. Kurang paham dengan apa dan bagaimana mempersiapkan acara pernikahan, bagaimana tips untuk menghemat budget, bagaimana memilih vendor terpercaya, dan masih banyak lagi. Jika salah langkah, maka bisa saja anggaran Anda akan semakin membengkak.

bisnis wedding organizer

bisnis wedding organizer

3. Anda dan calon pasangan anda terpisah jarak atau tidak tinggal di satu kota. Sementara banyak hal yang harus dipersiapkan menjelang hari pernikahan, tidak ada yang dapat membantu memberikan masukan atau bahkan bantuan tenaga. Di sini Anda bisa memakai jasa wedding organizer.

4. Melakukan meeting dengan calon vendor jelas akan memakan waktu dan tenaga. Terlebih jika Anda tinggal di kota yang keadaan lalu lintasnya tidak dapat di prediksi sama sekali. Untuk meminimalisir waktu, Anda bisa memilih jasa. wedding organizer sebagai solusi.

Itulah berbagai kendala yang biasanya dialami oleh pebisnis wedding organizer. Jangan lupa jika Anda membutuhkan jasa pembuatan toko online, Anda bisa memilih Jejualan. Jejualan menyediakan harga dan fitur yang murah namun tetap berkualitas.

Send Comment