Peluang bisnis bertebaran dimana-dimana. Dan salah satu peluang bisnis yang selalu memiliki banyak peminatnya adalah peluang bisnis kaos online. Bagaimana tidak, bisnis kaos banyak dijadikan pilihan tak hanya bagi mereka yang memang sudah ahli berbisnis, namun juga tak sedikit yang baru memulai bisnis dengan berjualan kaos.

Anda semua tentu paham, pakaian adalah salah satu dari tiga kebutuhan utama manusia selain makan dan rumah. Karenanya, sebagai salah satu jenis kebutuhan pokok, kaos akan selalu dicari orang. Walau demikian, masih banyak orang yang masih bingung, bagaimana cara memulai bisnis kaos secara online?

Kanca Jejualan, untuk memahami bagaimana cara bisnis kaos secara online simak artikel ini sampai selesai ya. Kami akan membagikan kepada Anda semua, bagaimana cara memulai bisnis kaos secara online.

Cara Memulai Bisnis Kaos Online

cara memulai bisnis kaos

  • Menentukan target pasar yang spesifik

Salah satu faktor paling penting untuk membangun bisnis kaos yang sukses adalah menentukan target pasar. Mengapa hal ini penting? Karena akan berpengaruh pada banyak hal. Antara lain tentang bagaimana desain kaos Anda nantinya, harga produk, sampai dengan cara pemasarannya.

Dan untuk menentukan target pasar yang spesifik, Anda harus mempunyai ciri khas yang unik, yang membedakan Anda dengan pesaing. Contohnya seperti ini. Anda menargetkan khusus orang-orang yang menyukai motor. Tetapi, Anda harus lebih fokus lagi karena penyuka motor sangat banyak jenisnya. Ada yang menggemari motor-motor gede seperti Harley, penggemar motor klasik, hingga pecinta motor vespa.

Cobalah untuk membuat semacam kuesioner sederhana yang dibagikan pada pengguna internet. Buat pertanyaan semenarik mungkin, dan cari tahu, apa yang sebenernya diinginkan dan dibutuhkan oleh konsumen.

  • Memiliki desain yang menarik

Tak bisa dipungkiri bahwa saat pertama kali melihat sebuah kaos, yang dilihat pertama kali adalah desainnya. Apakah desain yang Anda tawarkan cukup menarik dan tidak pasaran? Desain kaos adalah salah satu bagian terpenting dari bisnis Anda.

Jika Anda mempunyai desain yang bagus, bisa dikatakan Anda selangkah lebih maju daripada kompetitor. Desain adalah pondasi dasar bisnis kaos yang sukses. Akan jauh lebih mudah untuk memasarkan kaos dengan desain yang bagus disbanding memasarkan kaos dengan desain biasa saja.

Tak mempunyai keahlian dalam mendesain? Tenang, diluar sana sangat banyak desainer kaos yang bisa Anda temui dengan mudah. Tentu ada biaya yang dikeluarkan jika Anda menggunakan jasa desainer. Pilihan termurah adalah, Anda bisa menggunakan aplikasi desain seperti Canva untuk membuat desain kaos Anda.

  • Validasi desain kaos Anda

cara memulai bisnis kaos

Setelah desain kaos Anda sudah jadi, tak perlu buru-buru untuk segera memproduksi dan menjualnya. Akan sangat baik jika desain yang telah Anda buat mendapatkan saran dan ide bagus dari orang lain. Mungkin ada sedikit yang terlewatkan dan hal ini disadari oleh orang lain.

Untuk mendapatkan saran dan ide tambahan, Anda bisa menaruh desain Anda di forum online atau di sosial media, dimana orang lain dapat menemukan dan memberikan saran pada Anda. Pastikan untuk menaruh watermark di desain Anda, untuk menghindari kemungkinan terjadinya aksi pencurian desain oleh orang tak bertanggung jawab.

Review jujur dari dari orang lain akan sangat membantu pertumbuhan bisnis Anda.

  • Memilih bahan yang berkualitas

Selain desain yang menarik dan unik, hal lain yang menjadi pertimbangan konsumen saat akan membeli kaos adalah kualitas bahan kaos itu sendiri. Jangan sekalipun mengecewakan konsumen Anda karena kualitas material yang buruk. Mereka tidak akan kembali membeli produk Anda. Padahal, repeat order adalah pertanda bahwa produk Anda disukai oleh konsumen.

Perhatikan apakah hasil cetakan kaos tersebut sudah rapi, tidak berbayang, gambar tidak pecah dan juga tidak mudah melar. Di Indonesia sendiri, material kaos yang disukai oleh konsumen adalah bahan tidak panas, dan mampu menyerap keringat secara baik. Karena letak Indonesia di dareah tropis.

Semakin baik kualitas kaos, makin besar pula modal yang dibutuhkan. Namun, pada akhirnya kualitas barang produksi Anda akan ditentukan pada jenis bahan kaos, teknik cetak desain, dan file yang Anda persiapkan saat mencetak kaos.

  • Mencari supplier kaos

Salah satu cara termudah untuk memulai bisnis kaos adalah dengan metode dropshipping. Dengan cara ini, Anda tak perlu menyiapkan dan mengurus stok barang. Saat Anda menerima order dari pembeli, Anda bisa langsung mengorder dari supplier Anda, untuk mengirimkan kaos dengan desain Anda ke alamat pembeli.

Para supplier kaos ini umumnya memiliki fasiltas dropshipping dan reseller, juga mempunyai layanan sablon.

  • Fokus pada satu cara pemasaran terlebih dahulu

Dalam bisnis, pemasaran adalah hal penting lain yang harus Anda lakukan. Karena di sini Anda berjualan kaos secara online, alangkah baiknya jika Anda fokus terlebih dahulu pada satu saluran pemasaran.

Katakanlah Anda ingin berfokus pada pemasaran menggunakan Instagram. Anda harus memaksimalkan cara-cara marketing di Instagram. Benahi profil toko online Anda agar menarik. Pelajarilah cara mengambil foto yang bagus, karena itulah ciri khas pemasaran menggunakan Instagram. Fokus pada konten visual.

Salah satu cara pemasaran yang marak di Instagram adalah melakukan endorsement. Walaupun kadang membutuhkan biaya yang tidak sedikit, endorse terbukti bermanfaat untuk menunjukkan kualitas produk dan orang lain mempercayainya. Saat akan melakukan endorsement, pilihlah influencer yang memiliki kinerja memuaskan. Tentu juga disesuaikan dengan budget yang Anda miliki.

Ketika pemasaran Anda di Instagram mulai terlihat dan menghasilkan, barulah Anda dapat melirik platform pemasaran digital lain, seperti Facebook ads, SEO, SEM, dan SMM. Semua kembali pada analisa pasar yang telah Anda lakukan sebelumnya.

Tentu akan ada perbedaan demografi antara pengguna Instagram, Facebook, bahkan Google Search. Setiap platform memiliki keunikannya masing-masing, dan tugas Anda adalah mempelajarinya.

  • Membuat website toko online untuk memperkuat reputasi

cara memulai bisnis kaos

Berjualan kaos online tapi belum mempunyai website? Tentu akan terasa ada yang kurang. Rasanya belum sempurna jika Anda hanya mempuyai satu saluran pemasaran saja.

Di Internet, website dapat diibaratkan sebuah rumah yang mewakili identitas Anda secara utuh. Sedangkan keberadaan media sosial adalah sarana pengukuh eksistensi merek Anda saja. Dengan adanya website, konsumen akan lebih tertarik untuk mempelajari produk Anda. Oleh konsumen, Anda akan dinilai lebih serus dan sungguh-sungguh dalam menjalankan bisnis.

Konsumen juga bisa lebih leluasa untuk melihat produk yang Anda jual atau buat di website. Website membuat konsumen bisa mendapatkan informasi yang lebih jelas tentang produk yang Anda jual. Suatu hal yang kadang tak bisa mereka dapatkan di media sosial, karena akses yang terbatas.

  • Menentukan harga

Terakhir, meskipun produk Anda dalam banyak hal, penting untuk mempertimbangkan harga jual. Tak harus murah memang, namun harus sesuai dengan kemampuan pembelian target pasar Anda.

Kanca Jejualan, demikianlah tadi cara memulai bisnis kaos online. Akan semakin baik bagi bisnis Anda untuk membuat website toko online untuk meluaskan jangkauan produk Anda. Jejualan memiliki produk toko online dengan beragam paket yang siap menunjang bisnis Anda.

 

Send Comment