Bagi sebagian orang, kaos bukan sekedar pakaian kasual yang sesederhana bentuknya. Kaos telah menjadi benda yang lekat dengan kepribadian seseorang. Simpelnya, kaos telah menjadi simbol identitas bagi pemakainya. Tak heran, karena potensi yang dimiliki olehnya, kaos berubah menjadi komoditas bisnis yang menjanjikan. Banyak yang penasaran cara memulai bisnis t-shirt secara online
Bisnis kaos banyak dipilih karena sangat populer dan tidak memelkukan biaya tinggi untuk memulainya. Yang harus Anda sadari adalah, bisnis kaos termasuk ladang usaha dengan persaingan yang sangat ketat. Untuk bisa memenangkan persaingan, Anda perlu menciptakan desain kaos yang dapat membedakan Anda dengan pebisnis kaos lainnya.

Baca Juga: Peluang Bisnis 2020

Cara Memulai Bisnis T-Shirt Online

cara memulai bisnis t-shirt

Sekarang yang menjadi pertanyaan adalah, bagaimana cara memulai bisnis t-shirt yang benar? Tidak ada yang benar dan salah dalam bisnis. Dan kabar baik bagi Anda adalah, tak perlu mengeluarkan modal kelewat besar untuk membuat bisnis kaos Anda sendiri.

Jika Anda memang sudah memili desain sendiri yang siap jual, Anda bisa langsung memulai bisnis kaos hanya dalam hitungan jam. Anda bisa memulainya dengan membuat toko online Anda sendiri hanya di Jejualan.

Sebelum memulai bisnis kaos, ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan sebelum bisnis Anda benar-benar bisa berjalanan. Ada 5 langkah cara memulai bisnis t-shirt secara online. Apa dan bagaiman langkah-lagkah tersebut? Berikut penjelasannya:

  1. Memilih niche / tema

Hal pertama yang harus Anda lakukan saat aka memulai bisnis kaos adalah memilih tema kaos seperti apa yang ingin Anda jual ke konsumen. Pemilihan niche ini menjadi penting untuk membuat Anda berbeda daripada yang lainnya. Dengan memilih tema spesifik, Anda bisa dengan mudah menarik perhatian pasar untuk menemukan target konsumen yang tepat.

Untuk menemuan niche apa yang tepat untuk bisnis kaos online bukanlah pekerjaan yang mudah. Oleh karena itu Anda bisa menggunakan beberapa metode untuk dapat menemukan inspirasi niche bisnis kaos Anda.

  • Kunjungi forum-forum komunitas online terkemuka dan amati apa serta bagaiman interaksi yang terjadi.
  • Menggunakan fitur insight di media sosial Anda masing-masing. Namun untuk dapat melakukan ini, Anda harus mengupgrade akun media sosial Anda menjadi akun bisnis.
  • Mempertimbangkan apa yang sedang happening di komunitas Anda juga dapat menjadi sarana mendapatkan inspirasi.
  1. Memilih bahan kaos dan metode printing

cara memulai bisnis t-shirt

Tidak semua bahan kaos memiliki kualitas yang sama. Sementara kita semua tentu paham, kualitas sangat menentukan kepuasan pengguna kaos Anda. Jadi sangat penting rasanya untuk mempelajari dan memilih bahan kaos yang sesuai dengan target pasar Anda.

Memilih kualitas kaos harus mempertimbangkan beberapa faktor. Seperti fit, material, kelembutan, dan beratnya.

Sedangkan untuk pemilihan jenis printing, dalam dunia garmen, setidaknya dikenal tiga jenis printing. Sebagai orang yang akan terjun di bisnis kaos, sudah tentu harus mengetahui apa perbedaann diantara ketiganya. Berikut ini adalah tiga jenis printing kaos:

  • Screen printing

Screen printing adalah teknik yang telah lama ada dan tak lekang oleh zaman. Dikenal pula dengan istilah sablon, metode ini adalah salah satu cara terpopuler untuk mencetak kaos. Metode ini menghasilkan hasil yang awet dan tahan lama.

Walaupun menawarkan keawetan, tetapi sablon memiliki kelemahan pada ketidakmampuannya untuk mencetak kaos dengan desain yang kompleks hingga lima warna.

  • Heat transfer

Jenis printing kedua adalah heat transfer. Metode ini juga sudah lama ada. Heat transfer memudahkan Anda untuk mencetak desain Anda sendiri di rumah. Banyak yang menyebutnya dengan sublime plastisol.

Heat transfer memiliki keunggulan pada kemampuannya untuk mencetak kaos sesuai jumlah permintaan. Bahkan hanya satuan. Hanya heat transfer memiliki beberapa kekurangan. Seperti tidak tahan lama, kemudian mesin heat press yang mayoritas berharga mahal, mencapai jutaan rupiah.

  • Direct to garment (DTG)

Metode printing yang ketiga adalah direct to garment. Cara printing ini mirip dengan cara kerja mesin printer yang biasa kita temui. DTG mencetak tinta secara langsung ke kaos, dan menghasilkan gambar dengan warna-warna kompleks dan akurat.

Ia memiki kualitas yang setara dengan screen printing dan lebih baik dari heat transfer. Sangat cocok untuk usaha kaos kecil-kecilan karena hemat biaya.

  1. Membuat desain kaos

cara memulai bisnis t-shirt

Pada bisnis kaos, desain memiliki peran yang krusial selain pemilihan bahan. Karena umumnya calon konsumen tertarik membeli kaos karena desain yang lekat dan cukup mewakili identitas mereka. Desain ini mencakup grafis atau slogan yang tertera di kaos tersebut.

Jika Anda kesulitan untuk menemukan ide tentang desain kaos Anda, tak ada salahnya untuk mengunjungi beberapa website desain terkemuka untuk mencari inspirasi. Beberapa website tersebut antara lain Teeview, Zazzle, dan Redbubble Popular. Anda juga dapat menggunakan Google Trends untuk mengetahui apa yang sedang ramai dibahas oleh masyarakat. Tak perlu membuat desain yang kompleks, karena faktanya, banyak kaos best seller mempunyai desain yang simplel. Kuncinya adalah membangun interaksi untuk tahu apa yang diinginkan oleh konsumen.

  1. Menguji desain kaos Anda

Setelah semua desain kaos dirasa siap, Anda bisa mencoba untuk mengaplikasikan desain tersebut pada software pengolah gambar. Anda bisa menggunakan software seperti Adobe Photoshop dan membuat mockup yang mirip dengan tampilan versi cetak.

Jika desain tersebut mendapat feedback yang bagus, Anda bisa melakukan tes pasar dengan menyebarkan desain Anda di beberapa platform. Contohnya, dengan share beberapa materi desain Anda ke media sosial seperti Instagram, Twitter, dan Facebook. Dan karena sebagai sarana tes pasar, Anda harus bijak saat mendengar tanggapan tersebut.

  1. Membuat toko online Anda sendiri

Setelah semua desain siap, tes pasar mendapat tanggapan yang positif, dan finalisasi desain telah dilakukan. Saatnya untuk membuat toko kaos online Anda sendiri. Untuk membuat memulai bisnis kaos online, Anda dapat memulainya dengan layanan toko online Jejualan.

Anda dapat memulainya dengan menjajal layanan trial toko online selama 15 hari. Sebelumnya tentu saja Anda harus mempersiapkan nama dan telah menetapkan harga dari kaos yang Anda jual. Setelah toko online yang diinginkan telah tersedia, selanjutnya adalah memasarkan kaos Anda.

Kesimpulan

Dengan majunya teknologi, peluang bisnis selalu tersedia bagi siapa saja yang melakukan eksplorasi. Semoga artikel cara memulai bisnis kaos ini dapat memberikan inspirasi bagi Anda semua, Kanca Jejualan semuaya.

Send Comment