Lapangan kerja yeng terbatas dan pencari kerja yang semakin bertambah setiap waktu membuat sebagian orang memilih banting setir untuk menjadi pengusaha. Memang, mayoritas pengusaha baru ini mengawali bisnisnya dalam skala yang kecil. Hanya sedikit orang beruntung yang bisa langsung memulai bisnisnya dalam skala yang lebih besar. Dan salah satu bisnis yang banyak dilirik untuk dijadikan permulaan adalah bisnis kerajinan tangan. Karena itu banyak orang yang bertanya-tanya, bagaimana cara memulai bisnis kerajinan tangan?

Sebagai bagian dari industry kreatif, semakin banyak pengusaha pemula yang memutuskan terjun ke bisnis kerajinan tangan. Meskipun demikian, ternyata maasih banyak orang yang belum tahu cara memulai bisnis kerajinan tangan. Padahal secara prospek, bisnis UMKM ini memiliki potensi untuk menjadi penghasilan utama pelakunya.

Kanca Jejualan, artikel ini akan membahas secara mandalam cara memulai bisnis kerajinan tangan. Tak hanya itu, juga akan dipaparkan bagaimana cara pemasaran produk kerajinan tangan, hingga peluang usaha kerajinan tangan itu sendiri.

Cara Memulai Bisnis Kerajinan Tangan

Saat ini semakin banyak variasi dari bisnis kerajinan tangan. Mulai dari kertas daur ulang, kain flannel, hingga serbuk kayu dan bijia-bijian pun dapat digunakan untuk membuat bahan kerajinan. Terlebih orang Indonesia terkenal dengan kreativitas yang tinggi. Salah satu buktinya adalah ketika Kota Bandung, Jawa Barat pernah dinobatkan sebagai kota paling kreatif di dunia.

Cara Memulai Bisnis Kerajinan Tangan

Nilai utama dari handicraft tak hanya telrihat pada aspek fungsionalnya saja, tetapi juga keunikan dan nilai seni yang terkandung di dalamnya. Tak hanya diminati di dalam negeri, produk kerajinan tangan tanah air juga menarik hari pembeli dari luar negeri sejak lama.

Membicarakan bisnis kreatif, berikut ini adalah cara memulai bisnis kerajinan tangan yang bisa Anda lakukan:

  1. Penentuan Target Pasar

Sebelum memulai bisnis apapun, termasuk bisnis kerajinan tangan, sangat penting untuk menentukan target pasar terlebih dahulu. Produk handicraft memiliki pasarnya masing-masing. Dan tidak semua bisa disama ratakan begitu saja. Dengan mengenali target pasar, nantinya Anda dapat menentukan kualitas standar kualitas yang harus ada pada produk kerajinan tangan Anda.

  1. Menentukan Strategi Pemasaran

Target pasar sudah ditentukan. Anda sudah tahu siapa yang Anda tuju untuk produk Anda. Kini saatnya menentukan strategi pemasaran yang tepat. Anda harus memastikan bahwa produk yang Anda produksi akan terserap pasar nantinya. Hal ini baertujuan agar barang produksi tidak menumpuk di gudang dan mematikan arus kas Anda.

  1. Pengelolaan Keuangan

Hal ketiga yang harus dipersiapkan sebelum memulai sebuah bisnis adalah perencanaan keuangan. Ya, memang benar, bisnis Anda masih berskala kecil. Namun dengan perencanaan keuangan yang tepat akan melancarkan perkembangan bisnis yang sedang Anda jalani sekarang.

  1. Tenaga Kerja

Hal lain yang perlu Anda perhitungkan adalah berapa jumlah tenaga kerja yang akan membantu Anda. Serta berapa jam kerja yang diperlukan untuk menggaji. Ya, masalah tenaga kerja berhubungan dengan persiapan, cara produksi, serta perencanaan keuangan.

  1. Bahan Baku

Bahan baku menjadi masalah krusial bagi bisnis kerajinan tangan. Carilah tempat dimana Anda bisa mendapatkan suplai bahan baku, yang sesuai dengan standar yang telah Anda tetapkan. Karena kualitas produk kerajinan tangan salah satunya ditentukan oleh kualitas bahan bakunya.

Cara Pemasaran Produk Kerajinan Tangan

Di bagian sebelumnya dari artikel ini telah disebutkan pentingnya mengetahui target pasar Anda. Dengan mengetahui target pasar, Anda dapat menentukan cara pemasaran yang dirasakan tepat untuk produk.

Berikut cara pemasaran produk kerajinan tangan:

1. Mengikuti Bazaar

Bisa dibilah, cara ini adalah cara paling popular yang biasa dilakukan oleh pelaku bisnis kerajinan tangan. Mengikuit bazaar. Ada banyak institusi baik pemerintah maupun swasta yang selalu mengadakan bazaar kerajinan tangan Indonesia setiap tahunnya. Salah satu kementerian yang sering mengadakan pameran kerajin tangan dan industry kratif adalah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Selain mengenalkan produk, mengikuti bazaar akan memperluas relasi Anda dengan pelaku bisnis lain di industry kerajinan tangan.

2. Promosi Lewat Website

Hari gini belum punya website? Apa kata dunia? Ya, meskipun bisnis kecil, bukan tidak mungkin kedepannya bisa menjadi besar. Dan website adalah salah satu cara untuk membuat bisnis semakin luas jangkauannya. Bila Anda belum memiliki website toko online, Anda bisa segera memulainya dengan membuat website toko online Anda sendiri hanya Bersama Jejualan.

Cara Memulai Bisnis Kerajinan Tangan

3. Menggunakan Media Sosial

Kita semua setuju bahwa saat ini media social merupakan alat pemasaran yang paling ampuh. Karena banyaknya pengguna aktif dengan berbagai latar belakang dan usia. Dengan media social, Anda dapat menjalin interaksi lebih luas dengan berbagai kalangan, visibiltas tinggi, dan tentunya berbiaya sesuai kebutuhan.

Dengan media social, Anda juga bisa memilih komunitas yang sesuai untuk memasarkan produk. Sehingga apa yang Anda tawarkan memilik peluang lebih besar untuk terjual.

4. Menawarkan Produk Secara Gratis

Ini adalah salah satu cara yang paling ampuh untuk menjaring pelanggan. Karena yang gratis-gratis memang terlalu sayang untuk dilewatkan. Strategi ini perlu ini perlu dicoba karena umumnya konsumen belum memiliki produk tersebut karena belum pernnah mencobanya.

Dan karena bisnis Anda adalaha kerajinan tangan, salah satu cara untuk memberi kesempatan calon pelanggan mencoba produk Anda secara gratis adalah di event bazaar atau pameren tadi.

5. Memilih Tempat Strategis

Bisnis kerajinan tangan sangat penting untuk memilih tempat yang tepat untuk memasarkan produk Anda. Tempat pemasaran bagi bisnis kerajinan tangan berarti adalah gallery untuk memajang produk yang dihasilkan. Meskipun Anda sudah memiliki media social dan website sebagai bentuk kehadiran Anda di dunia maya, gallery penting untuk menegaskan eksistensi Anda.

6. Menjalin Hubungan Baik Dengan Konsumen

Konsumen yang loyal adalah sebuah asset yang berharga bagi sebuah brand. Mereka telah berulang kali membeli produk Anda. Salah satu caranya adalah memberikan insentif pada pelanggan. Insentif ini bisa berbentuk diskon untuk setiap pembelian tertentu. Bisa juga memberikan diskon kepada pelanggan yang merekomendasikan produk Anda pada orang lain yang membeli produk Anda.

Cara Memulai Bisnis Kerajinan Tangan

7. Promosi Dari Mulut ke Mulut

Promosi dari mulut ke mulut bisa dibilang sebagai metode pemasaran yang sangat efektif. Jika konsumen merasa puas dengan porduk kerajinan tangan Anda, mereka akan bercerita kepada orang lain dan merekomendasikan produk Anda pada mereka.

Kesimpulan

Ide kreatif bisa menguntungkan bila diaplikasikan dengan tepat. Salah satu cara untuk merealiasasikan ide tersebut menjadi sumber penghasilan adalah dengan membuat bisnis kerajinan tangan. Kanca Jejualan, demikianlah cara memulai bisnis kerajinan tangan.

Jika Anda masih memiliki pertanyaan seputar cara memulai bisnis kerajinan tangan, layanan Jejualan lainnya, jangan ragu untuk menuliskannya di kolom komentar. Semoga artikel ini bermanfaat.

Send Comment