Kanca Jejualan, kita semua tentu tahu bahwa Indonesia adalah negara yang sangat kaya akan warisan kuliner. Mau disebutkan satu-satu tentu akan terlalu banyak. Nyaris setiap daerah di negara ini mempunyai kulinernya sendiri dan hampir tidak ada yang tidak enak. Enak semua. Inilah mengapa banyak orang yang memilih bisnis kuliner. Namun demikian, banyak yang tidak tahu cara memulai usaha kuliner.

Sebelum memulai usaha kuliner, ada satu pertanyaan yang harus diajukan kepada diri Anda sendiri. Bisnis kuliner seperti apa yang Anda inginkan? Bisnis kuliner yang memiliki prospek jangka panjang, atau bisnis kuliner kekinian. Baik kuliner kekinian atau tidak, memulai bisnis kuliner memiliki prospek yang sangat cerah.

Baca Juga: Cara memulai bisnis food truck

Mengapa Harus Bisnis Kuliner?

cara memulai usaha kuliner

Bisnis kuliner, atau bisnis makanan merupakan salah satu bisnis yang mampu bertahan di situasi apapun. Bagi Anda yang masih belum yakin dengan keuntungan bisnis kuliner, berikut ini beberapa alasan mengapa bisnis kuliner masih cukup menjanjanjikan.

  • Karena semua orang butuh makan

Makanan adalah salah satu kebutuhan pokok manusia, selain sandang dan papan. Tetapi saat ini makanan telah berkembang, lebih dari sekedar kebutuhan. Makanan menjelma menjadi menjadi budaya masyarakat. Dan karena semua orang butuh makan, maka bisnis kuliner sangat menjanjikan.

  • Memiliki peluang berkembang

Bisnis kuliner adalah sebuah bisnis yang sangat mudah berkembang. Termasuk dikembangkan menjadi franchise alias waralaba. Anda dapat melihat berbagai gerai makanan cepat saji yang bisa ditemui di sana sini. Dari makanan pinggir jalan, banyak yang kini berkembang, bahkan lazim ditemui di mall-mall besar.

  • Mudah beradaptasi

Makanan memiliki tren terus berkembang. Sebagai pebisnis kuliner, tugas Anda adalah sanggup beradaptasi dengan berbagai perubahan yang selalu terjadi. Untungnya, bisnis kuliner sangat mudah untuk dimodifikasi. Jadi fleksibel. untuk selalu mengikuti perkembangan zaman.

Itulah tiga alasan utama mengapa Anda harus melirik kuliner sebagai bisnis Anda. Yang menjadi pertanyaan selanjutnya,bagaimana cara memulai usaha kuliner tersebut akan dijelaskan pada bagian selanjutnya artikel ini.

Cara Memulai Usaha Kuliner

cara memulai usaha kuliner

  • Punya komitmen yang kuat

Kunci utama untuk menjalankan bisnis adalah komitmen. Bisnis apapun yang akan atau sedang berjalan, Anda harus memiliki komitmen yang kuat. Ini adalah tantangan yang tidak mudah,karena butuh konsistensi.

Walaupun usaha kuliner yang Anda jalankan cuma sekadar sampingan sekalipun, tidak lantas Anda boleh untuk tidak berkomitmen. Minimal, Anda mampu berkomitmen tentang rasa dan pelayanan, yang jadi kunci utama bisnis kuliner.

  • Konsep bisnis yang menarik

Dalam bisnis apapun termasuk kuliner, mempunyai konsep yang menarik akan menjadi nilai tabah tersendiri. Dalam bisnis kuliner, konsep yang menarik menjadi daya tarik bagi konsumen. Oleh karena itu, sebelum memulai bisnis kuliner, ada baiknya Anda memikirkan ide bisnis yang berbeda dari kebanyakan.

Dengan konsep bisnis yang unik, Anda dapat lebih mudah untuk menjaring konsumen. Orang akan mudah penasaran, lalu tertarik untuk mencoba sesuatu yang dianggap unik. Karena rasa yang enak saja tidak cukup dalam bisnis kuliner kekinian untuk membuat konsumen loyal.

  • Menentukan lokasi bisnis

Pada bisnis kuliner, utamanya jika membicarakan kuliner kekinian, pemilihan tempat usaha jelas tidak bisa asal-asalan. Apalagi bisnis kuliner yag baru Anda mulai. Pastikan lokasi yang Anda pilih strategis, akses yang mudah, dan berada di keramaian.  Pertimbangkan pula peta persaingan bisnis di wilayah tersebut.

Mari ambil contoh kawasan Pathuk di Yogyakarta yang sejak lama telah dianggap sebagai sentra bakpia di Jogja. Bila ada orang yang membuka usaha sejenis, tentu akan butuh waktu untuk berkembang. Maka salah satu jalannya adalah membuka usaha bakpia di wilayah lain, dan harus berinovasi.

  • Inovasi sebagai cara membedakan diri

Yang membdekan pebisnis kuliner dengan yang lain adalah sifat inotasif yang mereka miliki. Inovasi ini penting sebagai cara untuk membedakan usaha kuliner Anda dengan yang lain.Inovasi tersebut mencakup apa saja. Bisa dari sisi rasa, penampilan, dan mungkin juga cara pembuatan.

Salah satu contoh inovas yang dianggap sukses adalah bakpia kekinian. Yang cukup membedakannya dengan kuliner bakpia yang sudah ada jauh sebelumnya. Untuk menjaring penikmat baru bakpia, yang sejatinya adalah kuliner tradisional Yogyakarta.

  • Mempersiapkan modal usaha

Salah satu hal paling penting dalam menjalankan bisnis: modal. Banyak calon pengusaha yang mengeluh bahwa modal sering jadi penghambat untuk terjun ke dunia bisnis. Banyak yang merasa kesulitan dalam mendapatkan uang untuk modal.

Untuk lebih menata cash flow, ada baiknya Anda tidak perlu memaksakan untuk membeli hal-hal yang sekiranya tidak mendesak.

  • Memilih bahan baku

cara memulai usaha kuliner

Pada bisnis kuliner, memilih bahan baku yang tepat adalah sebuah keharusan. Pemilihan bahan baku yang tepat dapat mengangkat kualitas dari sajiian Anda. Pilihlah bahan-bahan terbaik. Dan sebagai cara untuk menjaga kualitas produk yang Anda jual, akan sangat bagus jika Anda memiliki supplier khusus bahan baku tersebut.

Tak hanya untuk menjaga kualitas, memiliki supplier sendiri dapat menekan angka yang harus Anda keluarkan. Karena umumnya, supplier akan memberikan harga  khusus bagi pelanggannya.

  • Menentukan target pasar

Kini saatnya menentukan target pasar dari produk kuliner yang Anda jual. Target pasar dalam bisnis kuliner bisa jadi sangat luas. Tetapi jika Anda dapat menentukan target pasar secara spesifik, tentu akan mempermudah Anda.

Anda bisa segera memilih metode pemasaran yang sekiranya efektif untuk menggaer konsumen. Misalnya, Anda menatargetkan mahasiswa sebagai pasar Anda. Tentu Anda harus meyediakan segala hal yang identik dengan mahasiswa.

Jika Anda berhasil menggaet target pasar yang satu ini, brand kuliner Anda dengan sendirinya akan dikenal orang.

  • Menentukan strategi promosi yang tepat

Word of mouth atau promosi dari mulut ke mulut telah lama menjadi metode promosi yang paling efektif. Tentu, terlebih dahulu Anda harus bisa dapat mendatangkan “muut-mulut” lapar tersebut ke meja makan di tempat Anda. Lalu biarkan mereka mengenal restoran Anda.

Jika merasa puas, bukan tidak mungkin mereka akan datang kembali dan menceritakan pengalaman mereka menjajal makanan Anda.

Kesimpulan

Bisnis kuliner tak akan pernah mati. Tentu bukan tanpa sebab, karena makanan adalah kebutuhan manusia yang paling pokok. Walaupun demikian manusia juga akan selalu mencari makanan yang enak untuk memuaskan perut dan lidahnya. Tugas Anda adalah selalu beradaptasi dengan selera kuliner manusia yang senantiasa berubah setiap waktu.

Kanca Jejualan, semoga artikel cara memulai usaha kuliner ini dapat memberikan inspirasi bisnis bagi Anda yang sedang mencari ide bisnis yang cocok untuk Anda. Temukan lebih banyak ide bisnis dengan mendownload ebook jualan online dari Jejualan.

Send Comment