Menjual produk digital sekarang ini bisa dibilang sebagai bisnis online yang mudah untuk dilakukan. Berkat kecanggihan teknologi, proses penjualan dan distribusi produk digital memang kini menjadi semudah membalikkan telapak tangan. Selain melalui website dan promosi berbayar, salah satu metode pemasaran produk digital yang sangat ampuh adalah lewat email marketing. Cara berjualan seperti ini juga akan memudahkan Anda dalam berjualan online tanpa harus menheluarkan banyak modal.

Produk digital telah membuat banyak kesuksesan diantara orang-orang yang tertarik dan ingin tahu tentang kewirausahaan digital. Berkat format bisnis ini, banyak orang-orang yang memulai dari awal dan mencapai kesuksesan yang sebelumnya tidak pernah mereka bayangkan. Bagaimanapun juga, produk digital tentunya lebih mudah didistribusikan karena secara signifikan lebih berkelanjutan, dapat direplikasi secara tak terbatas, dan seringkali lebih mudah untuk dibuat.

Sekilas tentang Produk Digital

Produk digital

Produk digital juga merupakan produk apa pun, apakah itu untuk dijual atau tidak, yang berada dalam format yang tidak berwujud sebagai file. Nantinya barang digital tersebut dapat dialirkan, diunduh, dan diterjemahkan ke dalam media fisik (seperti ebook atau templat yang dicetak dalam salinan fisik),namun dalam hal tersebut titik interaksi utamanya adalah melalui teknologi.

Bisa dibilang produk digital merupakan produk apa pun yang dapat  Anda beli dan akses melalui komputer, telepon, dan tablet tanpa persyaratan instalasi fisik apa pun. Sebagian besar dari digital product yakni materi pendidikan yang dibuat dalam format digital dan didistribusikan secara online. Ini juga sangat populer karena pengguna mengkonsumsi konten digital dan juga menguntungkan karena membuat pengetahuan lebih mudah diakses dan lebih praktis untuk diperoleh.

Dengan kemudahan dalam menjual tentu ada keuntungan yang Anda dapatkan. Salah satunya adalah Anda tidak perlu membayar biaya produksi atau distribusi.Hal ini karena setelah Anda membuat produk, semua yang Anda jual sebenarnya akan menghasilakn keuntungan. Inilah sebabnya mengapa banyak orang membuat digital product sendiri, misalnya menulis e-Book tentang suatu subjek, dan kemudian menjualnya.

Produk digital apa saja yang bisa dijual?

Jika Anda serius ingin berbisnis produk digitakl, berikut beberapa barang digital yang bisa Anda jual;

1. Buku Elektonik (eBook)

 

Buku elektronik telah menjadi salah satu produk digital paling populer baik bagi pembuat kontennya maupun pelanggannya. Hal ini karena produksi buku elektronik relatif sederhana karena hanya membutuhkan unsur teks tertulis dan beberapa gambar yang relevan dan mudah untuk didistribusikan melalui marketplace.

2. Video

Produk digital

Video merupakan format yang sangat populer dan efektif untuk menyampaikan informasi secara online. Jika diperhatikan sekarang ini konten video dapat bersifat mendidik, informatif, atau menghibur.  Secara signifikan tentunya lebih menarik daripada teks, dan dapat dengan mudah dikonsumsi dengan mengklik tombol putar dan menonton. Banyak orang menyukai video, dan dalam banyak kasus senang untuk membayarnya sehingga ini merupakan peluang bagi Anda.

3. Fotografi

Foto premium berkualitas tinggi adalah salah satu produk digital yang paling banyak dicari saat ini. Dan ternyata konsumen terbesar foto online adalah blogger dan pemilik situs website. Fotografi telah mengakomodasi pasar ke titik di mana beberapa foto dijual dengan harga yang tidak wajar. Namun untuk gambar yang benar-benar spektakuler,  fotografer tetap dapat meminta harga yang wajar.

4. Seni Grafis dan Digital

Desainer grafis dan seniman digital sekarang ini bisa dengan mudah menciptakan berbagai macam produk yang unik dan bernilai jual tinggi. Ini bisa dimulai dari logo, template,  tema PowerPoint, dan lain sebagainya. Desainer dapat menerapkan keterampilan mereka dalam berbagai cara untuk menciptakan produk digital untuk dijual.

5. Jasa dan Layanan Profesional

Produk digital

Dengan banyaknya pekerjaan berbasis layanan, maka Anda bisa menjual waktu Anda untuk produk yang sebelumnya bisa dipesan. Dalam dunia eCommerce tentunya ada batasan antara produk dan layanan. Dan dalam banyak kasus, klien tidak terlalu peduli dengan perbedaannya. Klien dapat membeli logo pra-produksi sebagai produk dengan harga yang telah ditentukan.

Bagaimana cara menjual produk digital agar hasilnya maksimal?

Dalam perkembanganya menjual produk secara online kini juga merambah ke bentuk digital. Agar maksimal dalam menjual produk digital, berikut ada beberapa tips yang bisa Anda coba.

Tips agar maksimal dalam menjual barang digital;

1. Berikan penawaran spesial

Sebagai contoh, misalnya Anda menjual kursus pendidikan untuk SEO. Anda dapat mulai dengan opsi gratis yang menawarkan harga spesial. Hal ini akan membantu Anda masuk ke dalam pintu pelanggan yang ragu-ragu. Setelah calon pelanggan Anda percaya dan tertarik dengan produk Anda. Maka Anda dapat mencoba menawarkan opsi berbayar termurah Anda, dengan tambahan fitur premium yang tidak ada dalam spesial promo. Setelah berhasil Anda dapat meningkatkan ke service atau harga yang lebih tinggi.

2. Buat sesuatu yang lebih dari produk Anda

Ketika Anda menjual barang digital, maka pikirkan cara untuk menciptakan nilai lebih bagi calon pelanggan Anda. Jika produk yang anda jual adalah e-book, maka pertimbangkan juga untuk membuat versi audiobooknya. Dengan membuat produk hebat dan menggabungkannya dengan sudut promosi yang inovatif, Anda akan dapat meyakinkan pelanggan untuk membeli produk digital Anda karena tidak ada opsi gratis yang beredar di pasaran.

3. Buatlah presentasi produk yang menarik

Presentasi produk memiliki dampak besar dalam menggaet pembeli online. Hal ini karena mereka akan melihat toko dan produk Anda. Di sini Anda bisa melakukan penelusuran berbagai cara untuk mempresentasikan produk Anda. Pertimbangkan untuk menyewa seorang desainer grafis melalui situs-situs untuk membuat sampul atau thumbnail. Agar hasil presentasi produk Anda menjadi menarik bagi calon pelanggan Anda, maka buatlah sesuai dengan kreatifitas Anda.

4. Ajak customer untuk selalu mensupport produk Anda

Jika Anda menjual produk digital, maka Anda tidak akan memerlukan dukungan pelanggan lebih banyak daripada produk fisik atau tergantung pada jenis unduhan yang Anda jual. Misalnya, menjual eBook sepertinya tidak akan membanjiri kotak masuk Anda dengan pertanyaan dan kekhawatiran. Layanan pelanggan yang kuat memastikan pengalaman yang lebih baik bagi konsumen untuk memberi Anda kesempatan yang lebih baik untuk mendapatkan ulasan yang baik dan bisnis baru.

Banyak perubahan popularitas jenis barang digital tertentu untuk dijual, serta kemajuan teknologi untuk membuat penjualan produk digital jadi lebih mudah. Itulah beberapa tips agar maksimal dalam menjual barang digital. Jangan lupa jika Anda membutuhkan jasa pembuatan toko online, Anda bisa memilih Jejualan. Jejualan menyediakan harga dan fitur yang murah namun tetap berkualitas.

Send Comment