Tren pemasaran digital membuat data begitu menjadi begitu penting kehadirannya. Dengan adanya data yang akurat, seorang pemasar online dapat membuat analisa sebelum akhirnya mengambil tindakan berdasarkan adanya data tersebut. Memiliki data pelanggan, berarti Anda telah memiliki asset yang tidak semua orang punya. Dan Google Analytics menjadi tools yang paling diandalkan untuk mengolah data tersebut.

Aplikasi besutan Google ini tak henti menawarkan berbagai kesempatan pada penggunanya untuk dapat menganalisa lalu lintas websitenya di berbagai sisi dan membuat perencanaan, strategi pemasaran, dan memastikan semuanya berjalan dengan lancar.

Baca Juga: Tools Analytics Instagram Terbaik!

Salah satu fitur terbaik dari Google Analytics adalah kemampuan untuk membuat custom report yang memungkinkan pengguna untuk membuat laporan terkustomisasi sesuai dengan keinginan Anda. Anda bisa membuatnya dari berbagai sisi seperti perangkat, lokasi, platform, usia, dan berbagai hal lainnya, yang disertai dengan metrik seperti page view, landing page, sesi, bounce rate, dan lain sebagainya. Penyajian data tersebut sesuai dengan keinginan Anda, bagaimana laporan yang efektif menurut Anda.

Sangat direkomendasikan untuk membuat custom report di Google Analytics. Ini penting untuk efisiensi waktu agar Anda tak perlu melihat berbagai tab lain seperti traffic, konversi, dan insight. Dengan menggunakan custom report, Anda bisa memilih laporan apa yang memang ingin dilihat, dan dapatkan wawasan untuk meningkatkan sales dan lead Anda.

Cara Membuat Custom Report di Google Analytics

Cara Membuat Custom Report Google Analytics

Kanca Jejualan, artikel ini akan menunjukkan pada Anda bagaimana cara membuat custom report di Google Analytics. Jadi, Anda dapat segera mengumpulkan segala informasi yang Anda rasa perlu untuk meningkatkan kesuksesan bisnis Anda.

Berikut ini adalah cara membuat custom report di Google Analytics:

Langkah 1: Create New Custom Report

Untuk dapat membuat custom report, pertama kali yang harus Anda lakukan adalah melakukan login ke akun Google Analytics. dari halaman dashboard, silakan masuk ke halaman Customization. Kemudian klik Custom Reports. Selanjutnya, silakan klik New Custom Reports.

Saat Anda mengklik +New Custom Report, Anda akan ditanyai tentang nama yang diinginkan untuk laporan tersebut. Anda bisa memberi nama apapun yang Anda sukai, dan tentunya harus membedakan dengan laporan milik Anda lainnya.

Langkah 2: Memilih tipe Custom Report

Setelah menamai custom report sesuai dengan keinginan, langkah selanjutnya adalah memilih tipe report apa yang Anda inginkan. Secara default, custom report Google Analytics memiliki satu tag dengan default name Report Tab. Anda dapat me-rename sesuai dengan yang Anda mengerti.

Setelah member nama tab tersebut, terdapat tiga tipe report dan Anda bisa memilih salah satunya. Berikut adalah ketiga jenis report tersebut:

  • Explorer

Jenis laporan yang pertama adalah Explorer. Ini adalah bentuk paling dasar dari custom report Google Anaytics. Konten yang dimuat antara lain tabel dan grafis dengan laporan dinamis seperti opsi search dan sortir sebagai dimensi kedua.

  • Flat table

Report jenis kedua adalah flat table. Custom report yang satu ini bersifat statis dan memiliki tabel yang dapat disortir yang menampilkan data di dalamnya.

  • Map overlay

Jenis ketiga ini sangat cocok untuk Anda yang ingin menampilan data dalam bentuk peta. Report yang akan Anda dapatkan adalah peta dunia, dengan wilayah yang paling banyak terikat dengan Anda akan ditandai dengan warna gelap.

Dibandingkan dengan dua jenis laporan lainnya, kami menyarankan Anda untuk memilih jenis Explore untuk mendapatkan laporan yang lebih komprehensif.

Baca Juga: Cara Install Google Analytics di WorPress

Langkah 3: Menetapkan metrik dari custom report

Cara Membuat Custom Report Google Analytics

Mari melangkah ke tahap selanjutnya. Setelah memlih tipe report, Anda harus menetapka metrik untuk custom report Anda. Anda dapat memilih berbagai opsi dari metrik tersebut. Misalnya, Anda ingin melihat sesi dari negara tertentu Anda bisa memilih Sessions.

Setelah itu, Anda dapat memilih bentuk pada list yang tersedia. Silakan pilih Country.

Langkah 4: Menambah filter

Langkah ini sebenarnya lebih tepat disebut sebagai opsional saja. Walau begitu, ini sangat penting. Saat Anda membuat report, tak menutup kemungkinan terdapat spam atau data yang tidak relevan, yang tidak Anda inginkan. Ini memungkinkan Anda untuk mencegah masuknya data yang tak diinginkan tersebut.

Caranya cukup mudah. Cukup klik +add filter dan pilih salah satu yang Anda inginkan untuk masuk dalam custom report buatan Anda. Setelah filter yang Anda inginkan telah terpilih, kemudian klik save.

Selamat, sekarang custom report Anda telah selesai. Anda juga bisa mengeksplorasi bentuk custom report lainnya, sampai Anda menemukan report yang sesuai dengan keinginan Anda.

Cara mengakses dan membagikan Custom Report

Cara Membuat Custom Report Google Analytics

Ketika Anda ingin kembali suatu saat untuk melihat atau membagikan custom report yang telah Anda buat, caranya pun sangat mudah. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Login ke akun Google Analytics
  • Kemudian, buka Report
  • Klik Customization

Anda dapat melihat daftar tabel dari semua custom report yang telah Anda buat. Anda dapat membuat Kategori untuk mengatur laporan ke dalam beberapa grup. Gunakan Actions untuk mengedit, menyalin, menghapus dan membagikan laporan individual.

Saat Anda membagikan Custom Report, hanya informasi konfigurasi yang dibagikan. Data Anda akan tetap dirahasiakan. Dari data report ini, Anda bisa mempelajari lebih lanjut tentang bebagi asset, termasuk cara berbagi banyak custom report secara bersamaan.

Klik nama laporan dalam tabel untuk melihat laporan yang spesifik. Anda juga dapat memilih laporan dari navigasi. Saat menggunakan laporan, Anda dapat mengklik Edit di bagian kiri atas, tepatnya di bawah judul report untuk membuat perubahan pada custom report tersebut.

Backup Custom Report dengan Custom Table

Untuk dapat menikmati fitur ini, sayangnya hanya tersedia untuk pemilik akun Analytics 360.Ini sangat bermanfaat jika Anda memiliki data yang sangat banyak, Custom Report Anda bisa jadi hanya menampilkan hasil sample. Untuk memastikan akurasi dan presisi data, sangat penting untuk membuat backup custom report tersebut dengan Custom Table. Custom table dapat digunakan untuk mengumpulkan data penting setiap hari, memastikan tak ada data yang hilang dalam setiap pelaporan.

Kesimpulan

Google Analytics menawarkan berbagai opsi pada penggunanya untuk melihat data website. Anda bisa meningkatkan visibilitas website dengan menganalisa data dan membuat strategi berdasarkan data tersebut. Kabar baiknay adalah, Anda bisa menggunakan semua ini gratis dan dapat mengakses berbagai fitur yang tersedia.

Ingin membuat toko online sendiri tanpa ribet? Cukup 20 detik, toko Anda siap online dan rasakan manfaatnya. Coba sekarang!

Send Comment