Mengelola bisnis wedding organizer di Indonesia merupakan peluang besar yang sangat menjanjikan. Meski pemainnya juga sangat banyak, tapi pasarnya juga banyak. Asal Anda memiliki konsep dan target pasar yang jelas, Anda pasti bisa survive di bisnis ini. Dalam menggunakan jasa wedding organizer (WO), maka calon pengantin akan dihadapkan dengan biaya tambahan yang tidak sedikit. Jasa WO profesional yang berpengalaman akan memiliki standar harga tersendiri yang disesuaikan dengan besarnya acara yang akan diadakan. Namun beberapa WO biasanya akan menanyakan pada calon pengantin tentang bugget yang mereka miliki sehingga bisa menyesuaikan.

Bisnis wedding organizer akan sangat membantu calon pengantin dalam mengelola pernikahannya. Setiap pasagan tentunya menginginkan pesta pernikahannya menjadi momen yang terindah dalam hidupnya. Momen berkesan ini juga sangat besar nilai kebahagiannya. Tak heran jika banyak yang menyewa jasa WO. Memakai WO juga membantu setiap pasangan untuk mewujudkan pesta pernikahannya sesuai dengan konsep yang diinginkan, baik tradisional hingga international atau sederhana hingga mewah sekalipun.

Bisnis wedding organizer

Bisnis wedding organizer

Apa saja yang harus dipertimbangkan sebelum memulai bisnis wedding organizer?

Meski menjalankan WO ini membutuhkan kerja keras dan butuh banyak waktu untuk mencapai kesuksesan, tapi bisnis WO bisa dilakukan dengan fleksibel. Artinya bisa dilakukan di rumah dan pastinya akan mendatangkan omzet yang sangat besar. Jika Anda sudah mempunyai ilmu dasar pengorganisasian atau pengalaman pernah bergabung di event organizer lainnya, maka tak ada salahnya mencoba bisnis ini. Akan tetapi, ada beberapa pertimbangan yang harus Anda pikirkan sebelum memulai usaha wedding organizer.

Beberapa pertimbangan sebelum memulai bisnis wedding organizer

1. Apakah Anda memiliki skill di bidang tersebut?

Setidaknya jika ingin memulai bisnis wedding organizer, pertimbangkan untuk mendapatkan pengalaman atau magang dengan perencana lain. Ini akan memberi Anda pengalaman, sekaligus memberi Anda kesempatan untuk mulai membangun portofolio yang akan menjadi referensi. Bisnis WO memang tidak main-main karena nanti hasilnya akan berhubungan langsung dengan orang lain. Untuk mengawalinya, Anda harus mempertimbangkan bahwa harus memiliki skill di bidang ini.

2. Apakah Anda pernah mendapatkan sertifikasi sebagai WO?

Memiliki latar belakang perhotelan atau mendapatkan sertifikasi sebagai wedding organizer dapat meningkatkan kemampuan pemasaran Anda. Hal ini juga akan memungkinkan Anda untuk mengenakan biaya lebih banyak. Menadapatkan sertifikasi sangatlah penting untuk meningkatkan kualitas Anda sebagai WO terbaik.

Bisnis wedding organizer

Bisnis wedding organizer

3. Metode apa nantinya yang akan dipakai untuk promosi?

Ini harus direncanakan dengan matang. Nantinya Anda akan menggunakan media melalui apa. Jika melihat kemudahan zaman sekarang, tentunya banyak juga yang menggunakan media online untuk pemasaran. Untuk promosi offline, ini bisa melalui kerabat terdekat, tetangga, teman dekat, dan orang terdekat lainnya. Dengan begitu mereka akan membantu merekomendasikannya.

4. Pikirkan juga seandainya nanti ada jadwal yang tabrakan

Dengan banyaknya promosi yang Anda lakukan. Bisa saja Anda mendapatkan jadwal tabrakan alias bertabrakan. Anda harus memikirkan hal ini. Atur jadwal Anda untuk mengelola semua tugas yang melibatkan pernikahan yang sempurna. Jadwal akan menjadi kunci terutama jika Anda memiliki beberapa pernikahan dalam tahap perencanaan pada saat bersamaan.

5. Tentukan pilihan vendor yang tepat

Kumpulkan jaringan pemasok dan vendor Anda, termasuk katering, sewa tuksedo, fotografer pernikahan/ videografer, aula resepsi, toko bunga, restoran dan country club (jika diperlukan). Ada banyak vendor yang bisa Anda pilih sesuai dengan harga yang sudah disepakati dengan klien. Tinggal bagaimana Anda bisa menentukan harga yang tepat.

Dengan sangat dibutuhkannya peranan wedding organizer untuk membantu menyelenggarakan acara pernikahan agar berjalan dengan baik, maka peluang bisnis ini akan semakin menjanjikan. Pesatnya pertumbuhan penduduk akan selalu menyediakan ladang untuk menghasilkan keuntungan, ditambah juga dengan semakin majunya perekonomian masyarakat kita juga akan membuat mereka tidak segan untuk menyewa jasa WO terutamanya bagi kalangan menengah keatas.

Konon kabarnya keuntungan yang bisa di dapatkan dari usaha wedding organizer ini nilainya bisa cukup besar. Rata-rata pelaku usaha wedding organizer akan memberikan keleluasaan menentukan prihal budget yang dimiliki kliennya untuk menyelanggarakan acara pernikahan. Beberapa pihak wedding organizer akan menentukan biaya jasanya tersendiri. Ada yang mematok harga tertentu untuk setiap acara, atau ada juga yang memberlakukan sistim persentase dari budget yang dikeluarkan seluruhnya.

Bisnis wedding organizer

Bisnis wedding organizer

Pro kontra dari bisnis wedding organizer

Menyoal modal awal, sebenarnya bisnis WO ini tidak membutuhkan modal yang besar. Sebab, pada umumnya WO akan menerima pembayaran di muka sekian persen dari total keseluruhan dari konsumen. Meski begitu, hingga saat ini masih ada beberapa pro kontar seputar usaha wedding organizer ini. Seperti apa pro dan kontranya?

Pro dari usaha wedding organizer

  • Anda bisa memulai investasi kecil. Dengan memulai bisnis ini, Anda bisa memiliki peluang yang bagus untuk ke depannya. Siapa tahu bisnis Anda nantinya cepat berkembang pesat.
  • Jika Anda mengorganize pernikahan yang baik, maka para tamu dan yang lainnya bisa menjadikan Anda referensi untuk menggunakan Anda kembali sebagai wedding organizer. Maka tak heran jika banyak WO pemula yang mengeluarkan biaya untuk pelatihan agar nantinya dapt memberikan pelayanan yang maksimal.
  • Pernikahan terus menjadi acara penting kehidupan pasangan. Beberapa di antara calon pengantin mungkin tidak ingin mengurus pernikahannya sendiri dan memilih untuk memakai jasa WO meski mengeluarkan tambahan budget.
  • Anda bisa menjalankan bisnis ini dari rumah. Tidak perlu menyewa tempat untuk menjalankan bisnis ini. Jika ada yang membutuhkan jasa Anda, maka bisa langsung menghungi tim untuk mengadakan meeting seputar rencana yang akan dilaksanakan.
Bisnis wedding organizer

Bisnis wedding organizer

Kontra dari usaha wedding organizer

  • Butuh waktu untuk mendapatkan klien.Mungkin bisnis ini tidak mudah untuk emndapatkan klien. Jika Anda sudah punya klien, maka tidak mungkin mendapatkan klien yang sama, bukan? setiap orang hanya menikah sekali, yang berarti Anda tidak memiliki pelanggan yang sama.
  • Adanya ikut campur pihak keluarga di luar rencana. Ketika calon pengantin sudah sepakat dengan tema pernikahan dengan jasa WO, bisa saja tiba-tiba ada salah satu pihak keluarga dari calon pengantin (baik itu keluarga calon pengantin pria maupun wanita) menghalangi rencana yang sudah ditetapkan. Jika sudah begini, harus ada antisipasi atau plan B dari pihak jasa wedding organizer tersebut.
  • Harus bekerja di akhir pekan. Jika usaha wedding organizer merupakan usaha sampingan, maka Anda harus rela bekerja di akhir pekan. Rata-rata pernikahan biasanya diselenggarakan di akhir pekan. Maka Anda harus siap bekerja saat weekend.

Itulah berbagai pertimbangan sebelum Anda memulai bisnis wedding organizer. Jangan lupa jika Anda membutuhkan jasa pembuatan toko online, Anda bisa memilih Jejualan. Jejualan menyediakan harga dan fitur yang murah namun tetap berkualitas.

Send Comment