Menentukan strategi pemasaran sebelum memulai bisnis adalah sebuah keharusan. Bagaimana tidak, untuk memenangkan persaingan, tentu dibutuhkan langkah-langkah strategis agar apa yang menjadi target bisnis Anda tercapai. Strategi pemasaran merupakan sesuatu yang meliputi seluruh sistem yang berhubungan dengan tujuan merencanakan dan menentukan harga sampai dengan promosi dan distribusi barang dan jasa. Dari sini, tentu kita semua sepakat bahwa strategi pemasaran sangat penting untuk dilakukan.

Analisis SWOT Sebelum Menentukan Strategi Pemasaran

Sebelum menentukan strategegi pemasaran, ada baiknya Anda terlebih dahulu melakukan analisis SWOT. Analisis ini menilai kekuatan (strengths), kelemahan (Weakness), peluang (Opportunities), dan Ancaman (Threats) untuk bisnis secara keseluruhan.

 

Berikut secara singkat penjabaran dari masing-masing pengertian analisis SWOT:

Strengths (Kekuatan)

Analisis ini meliputi kemampuan internal, sumber daya, dan factor situasional positif yang dapat membantu mencapai tujuan bisnis dan melayani pelanggan dengan baik.

Weakness (Kelemahan)

Analisa kelemahan ini meliputi keterbatasan apa saja yang yang dimiliki dan factor lain yang dapat memberikan pengaruh buruk pada bisnis.

Menentukan Strategi Pemasaran yang Efektif Sebelum Memulai Bisnis

Opportunities (Peluang)

Sebelum memulai sebuah bisnis, sangat penting untuk melakukan riset, kira-kira peluang apa yang bisa Anda manfaatkan dari semua aspek yang Anda miliki.

Threats (Ancaman)

Menganalisa factor eksternal yang satu ini sangat penting untuk dilakukan. Anda bisa melakukan analisa, factor dari luar apa saja yang mungkin bisa berpengaruh pada model bisnis Anda.

Penerapan Strategi Pemasaran

Untuk menerapkan strategi pemasaran, Anda dapat memulainya dengan tiga langkah berikut:

Segmentasi Pasar

Hal pertama yang Anda lakukan adalah melakukan segmentasi pasar. Segmentasi pasar merupakan tindakan membagi pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli berdasarkan perbedaan. Pembedanya antara lain kebutuhan konsumen dan karakter atau perilaku konsumen yang berbeda-beda sehingga harus melakukan bauran pemasaran yang terpisah.

Menetapkan Target Pasar

Menetapkan target pasar dapat dilakukan setelah mengevaluasi daya tarik dari masing-masing segementasi pasar yang telah dipetakan. Penetapan target pasar ini terdiri dari bagaimanan menentukan strategi untuk membangun hubungan yang baik dengan pelanggan yang tepat.

Ada dua tipe strategi yang dilakukan perusahaan dalam penetapan target pasar. Pada perusahaan besar, bisa saha menawarkan produk yang beragam dan lengkap untuk melayani seluruh segmen pasarnya. Kedua, pada perusahaan yang memasuki pasar baru dan akan melayani satu segmen pasar. Bila terbukti berhasil, perusahaan jenis kedua ini baru akan menambah segmen pasarnya.

Diferensiasi

Dalam rangka menghadapi persaingan, sangat penting bagi sebuah bisnis untuk melakukan diferensiasi. Perusahaan harus memutuskan bagaimana mendiferensiasikan penawaran pasarnya untuk setiap segmen yang disasar dan posisi apa yang ingin ditempat. Apakan ingin menjadi market leader atau hanya sekedar mengklaim menjadi yang kedua. Jika produk atau jasa yang Anda jual sama dengan yang lain di pasar, konsumen tidak mempunyai alasan kuat untuk melakukan pembelian.

Mengambangkan Strategi Pemasaran dengan Marketing Mix

Menentukan Strategi Pemasaran yang Efektif Sebelum Memulai Bisnis

Anda tentu tahu bahwa persaingan di dunia bisnis sangat ketat. Jika Anda tidak jeli dalam pengambilan keputusan strategi pemasaran, kompetitor akan dengan mudah mengalahkan Anda. Untuk itu diperlukan pertimbangan matang saat menentukan strategi pemasaran. Salah satu strategi pemasaran yang populer adalah bauran pemasaran atau dikenal juga dengan marketing mix.

Bauran pemasaran adalah semua hal yang dapat mempengaruhi permintaan akan produknya. Dulu, marketing mix terkenal juga dengan istilah 4P yaitu Product, Price, Place, dan Promotion. Namun kini seiring dengan perkembangan zaman, bauran pemasaran berkembang menjadi istillah 7P. Unsur yang melengkapi 4P bertambah dengan Participant, Process, dan Physical evidence.

Berikut penjelasan mengenai unsur- unsur 7P.

Product

Unsur pertama dari marketing mix adalah produk. Anda harus menentukan produk atau jasa apa yang akan ditawarkan pada pasar. Ada dua hal yang patut diperhatikan terkait produk ini. Yaitu kualitas dan visual. Anda harus memastika bahwa produk Anda berkualitas dan memang dibutuhkan oleh konsumen. Anda bisa melakukan riset pasar dengan mencari tahu apa yang diinginkan konsumen, bagaimana respon mereka terhadap produk Anda. Melalui riset ini pula, Anda bisa membandingkan produk Anda dengan kompetitor.

Price

Untuk memberikan harga terbaik pada konsumen Anda perlu mempertimbangkan jumlah biaya yang telah dikeluarkan untuk mendapatkan kombinasi antara barang dan pelayanan pada konsumen. Anda haru mempertimbangkan berdasarkan biaya produksi, modal, dan berapa keuntungan yang diharapkan. Tentukan harga sesuai dengan harga pasar. Tidak terlau tinggi dan tidak terlalu rendah. Ini penting untuk menjaga kesehatan keuangan perusahaan sekaligus bersaing dengan kompetitor.

Promotion

Membuat produk atau jasa milik Anda dikenal orang tentu membutuhkan promosi yang bagus. Promosi adalah aktivitas penyebaran informasi yang bersifat membujuk, mempengaruhi, dan mengingatkan pasar bahwa produk Anda telah siap jual dan dibeli. Anda bisa memasang iklan di surat kabar, brosusr, spanduk, dan juga social media dan website.

Place

Tampat atau lokasi merupakan salah satu factor yang menentukan penjualan. Karena into memilih tempat berjualan sangat penting untuk dipertimbangkan. Salah satu cara terbaik untuk memilih lokasi berjualan adalah menyesuaikan dengan target pasar Anda. Apakah menyasar kalangan bawah, menengah, atau atas.

Participant

Salah satu unsur tambahan dalam marketing mix strategi pemasaran adalah partisipan. Partisipan disini merupakan setiap orang yang masuk dan berpartisipasi dalam memasarkan produk atau jasa. Contohnya dalam bisnis fashion, reseller atau dropshiper termasuk sebagai partisipan. Oleh karena itu jangan remehkan peran mereka. Karena memiliki andil dalam penentuan strategi pemasaran.

Process

Proses yang dimaksud dalam unsure bauran pemasaran ini adalah tentang manajemen. Sangat penting untuk memeperhatikan hal ini. Keberhasilan dari kampanye pemasaran sangat bergantung pada setiap pengembilan keputusan. Selain itu juga harus memperhatikan pelayanan terhadap konsumen. Service yang baik pada konsumen memiliki pengaruh yang besar pada hasil pemasaran.Menentukan Strategi Pemasaran yang Efektif Sebelum Memulai Bisnis

Physical Evidence

Physical evidence berupa bukti atau lingkungan fisik. Yang dimaksud dengan lingkungan fisik adalah yang berkaitan dengan kondisi atau suasana. Salah satu contoh paling gampang dari physical evidence seperti fasilitas, visi misi perusahaan, symbol, brand, asset dan lain sebagainya yang berkaitan dengan kegiatan pemasaran produk.

Kesimpulan

Untuk menentukan strategi pemasaran yang efektif harus dapat memadukan seluruh elemen yang ada ke dalam suatu program yang telah dirancang untuk mencapai tujuan pemasaran. Dan pastinya juga memberikan nilai kepada konsumen. Strategi pemasaran yang terencana dan terprogram dengan baik berpeluang meraih kesuksesan.

Antara bisnis satu dengan lainnya tentu memiliki strategi yang berbeda. Bahkan dalam perusahaan yang sama dengan variasi produk, strategi pemasarannya pun sudah tentu tak sama. Inilah ujung artikel menentukan strategi pemasaran. Silakan tinggalkan komentar bila masih ada hal yang tak Anda pahami. Atau ingin bertanya-tanya tentang produk dari Jejualan. Semoga artikel ini bermanfaat.

Send Comment