Majunya teknologi informasi membuat banyak orang berminat terjun ke dunia bisnis. Terlebih, memulai bisnis sendiri adalah pilihan bijaksana dan sangat mulia. Mengapa bisa demikian? Berbisnis dipandang lebih menjanjikan keuntungan yang menggiurkan. Selain itu, tak sedikit yang berpendapat bahwa kebebasan diri adalah motivasi utama menjadi pengusaha. Namun, untuk menjadi pengusaha bukanlah sebuah proses semudah membalik telapak tangan. Anda harus bisa menangkap peluang-peluang yang kadang terlihat tak kasat mata. Ya, kehadiran internet membuat semua orang bisa dengan mudah membuka bisnis online. Dan salah satu bisnis yang menjanjikan peluang besar adalah usaha kursus online.

Tips Memulai Usaha Kursus Online

Namun ada beberapa hal yang perlu Kanca Jejualan pahami sebelum memutuskan terjun ke dunia bisnis. Berikut adalah tips untuk memulai bisnis online Anda sendiri:

  • Ikuti Passion Anda

Peluang Usaha Kursus Online Yang Pasti Menghasilkan

Menjalankan bisnis yang sesuai dengan passion atau diri Anda akan membuat seseoorang tidak mudah menyerah. Mengapa bisa begitu? Karena Anda akan sangat mencintai pekerjaan tersebut. Berbagai tantangan dan masalah yang muncul bisa Anda hadapi dengan tenang dan lebih fokus. Usaha kursus online yang Anda jalankan pun bisa berangkat dari hal-hal yang Anda sukai, seperti knitting. Sudah banyak pengusaha kreatif di bidang knitting berkat dedikasi yang mereka lakukan.

  • Go Online

Untuk membantu bisnis Anda tumbuh dengan pesat, memanfaatkan kecanggihan teknologi adalah sebuah keharusan. Ya, mengonlinekan bisnis bukan lagi menjadi sebuah pilihan. Anda bisa menjangkau audiens yang lebih luas dan tidak terbatas waktu dan tempat. Anda pun berpotensi mendapatkan keuntungan yang cukup besar.

Go online ini misalnya dengan membuat website Anda sendiri. Dengan demikian, orang akan lebih mudah untuk menemukan kehadiran Anda di internet.

  • Mengenali Persaingan

Memiliki produk kursus online yang bagus tidak begitu saja akan menjamin kesuksesan Anda. Salah satunya karena persaingan usaha yang ketat. Bahkan seringkali Anda harus menghadapi persaingan usaha yang sedemikian sengit. Teramasuk dalam hal ini adalah persaingan harga.

Jadi, untuk menghindari hal ini, sangat penting untuk melakukan riset pasar terlebih dahulu. Kursus online apa yang ingin Anda jalankan. Carilah jenis kursus online yang masih belum banyak tergarap oleh orang lain.

Peluang Usaha Kursus Online

Setelah tadi mempersiapkan diri untuk terjun ke dunia bisnis, sekarang saatnya Anda harus mengetahui peluang kursus online yang paling menjanjikan di tahun 2020 ini. Berikut ini adalah peluang usaha kursus online yang bisa menginspirasi Anda:

  1. Kursus Online Bahasa Inggris

Peluang Usaha Kursus Online Yang Pasti Menghasilkan

Bahasa Inggris bisa dibilang menjadi Bahasa internasional yang wajib dikuasai oleh manusia abad 21. Banyak perusahaan yang mensyaratkan calon pekerjanya sanggup berkomunikasi dengan Bahasa Inggris. Kemampuan Bahasa Inggris yang memadai juga menjadi persyaratan bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Baik di perguruan tinggi dalam negeri atau luar negeri, terutama negara berbahasa Inggris.

Dengan demikian tak heran, kursus Bahasa Inggris tak pernah sepi peminat. Dan ini adalah peluang bagus yang bisa Anda manfaatkan bila mempunyai kualifikasi Bahasa Inggris yang fasih. Membuka kursus Bahasa Inggris privat banyak dipilih oleh mahasiswa sastra Inggris dan Pendidikan Bahasa Inggris. Anda bisa memulai kursus Bahasa Inggris Anda ke anak-anak sekolah yang sedang mempersiapkan diri untuk masuk perguruan tinggi atau ujian nasional.

  1. Kursus Online Bahasa Jerman

Selain Bahasa Inggris, Bahasa Jerman juga memiliki peminat yang cukup banyak. Terlebih Jerman banyak menjadi pilihan untuk pelajar-pelajar Indonesia untuk melanjutkan Pendidikan. Tentu ini adalah peluang yang sangat bagus. Karena jika dibandingkan dengan Bahasa Inggris, kursus Bahasa Jerman masih belum banyak dijumpai.

Dan satu fakta lagi, Bahasa Jerman adalah satu mata pelajaran Bahasa asing yang paling banyak diajarkan di sekolah-sekolah di Indonesia.

  1. Kursus Online MIPA

Pelajaran MIPA yang terdiri dari matematika dan ilmu pengetahuan alam menjadi momok bagi sebagian besar siswa sekolah dan orang tua di Indonesia. Terlebih Bersama Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris adalah mata pelajaran wajib di ujian sekolah. Tak heran peminat les privat jenis ini sangat tinggi.

Dan dengan kursus online, anda bisa meraih pasar yang tidak terjangkau oleh kursus mata pelajaran konvensional.

  1. Kursus Knitting

Belakangan ini knitting menjadi salah satu kegiatan yang sangat digandrungi oleh khalayak ramai. Peminat terbesar dari knitting berasal dari remaja putri dan ibu-ibu usia muda. Ya, berbagai kerajinan bisa dibuat dengan Teknik knitting. Antara lain syal, topi rajut, hingga sweater pun bisa dibuat menggunakan Teknik knitting. Tak hanya sekedar mengisi waktu luang, barang kerajinan knitting bisa memiliki nilai seni dan ekonomi yang tinggi.

Untuk memulainya, Anda bisa membuat video-video simpel yang mudah diikuti. Kemudian jika semakin banyak peminatnya, Anda bisa membuat kelas berbayar untuk mengajarkan Teknik knitting yang lebih advance.

  1. Kursus Online Komputer dan Desain Grafis

Peluang Usaha Kursus Online Yang Pasti Menghasilkan

Desain grafis dan computer adalah keahlian yang sangat banyak peminatnya. Hal ini karena semakin banyak orang yang merasa kemampuan ini sangat penting di zaman sekarang yang serba digital. Memang banyak bertebaran video-video tutorial computer dan desain grafis gratis. Namun umumnya hanya yang bersifat umum saja.

Anda bisa membuat video kursus komputer dan desain grafis online dengan materi yang lebih advance, yang tidak ditemukan di video tutorial computer dan desain grafis gratis. Anda bisa juga menyediakan materi-materi yang bisa didapatkan untuk orang yang mendaftar pada kursus online Anda. Misalnya preset untuk peserta kursus desain grafis online.

  1. Kursus Menulis Online

Kursus menulis merupakan salah satu jenis kursus yang sedang berkembang saat ini. Dan ini adalah peluang bagus jika Anda memiliki kemampuan menulis yang memadai. Kursus menulis yang mengundang banyak peminat antara lain kursus menulis opini untuk media masa dan penulisan artikel ilmiah. Tak hanya itu, genre kepenulisan lain yang sedang booming adalah kepenulisan kreatif. Misalnya menulis skenario atau kepenulisan buku. Sangat menjanjikan, bukan?

Kesimpulan

Sebenarnya masih banyak jenis kursus online yang berpeluang untuk bisa menghasilkan. Misalnya Bahasa mandarin, juga kursus musik dan kursus memasak. Sebelum memulai bisnis kursus online Anda sendiri, pastikan untuk menerapkan tips-tips seperti yang ada di bagian artikel ini.

Kanca Jejualan, demikian artikel tips peluang usaha bisnis kursus online. Apabila masih memiliki pertanyaan seputar bisnis online atau layanan Jejualan lainnya, jangan ragu untuk menuliskannya di kolom komentar, ya. Semoga artikel ini bermanfaat.

Send Comment