Seiring perkembangan zaman, teknologi bernama internet menjadi sesuatu yang tak terpisahkan dalam kehidupan manusia modern. Kehadiran internet seakan memudahkan kehidupan manusia. Salah satunya dalah bagaimana internet mengubah mindset orang tentang cara berbelanja. Ya, memang demikian adanya.

Salah satu buktinya adalah berubahnya cara belanja manusia. Jika dulu, ketika menginginkan sesuatu, maka kita harus mendatangi tempat dimana barang yang kita inginkan dijual. Kini, hal itu tapak bergeser sejak belanja online meledak. Untuk dapat berbelanja, kita hanya tinggal duduk manis sambil memainkan jari-jari di layar gadget. Jika barang yang diincar telah ditemukan, kita tinggal melakukan checkout, memilih opsi pengiriman, bayar, dan tinggal menunggu barang datang. Semudah itu.

Dan salah satu yang memegang peranan vital dalam mata rantai belanja online adalah jasa pengiriman barang. Kanca Jejualan, artikel ini akan menginformasikan pada Anda strategi pengiriman barang toko online. Jadi, baca sampai habis, ya.

Baca Juga: Cara membuat brand mulai dari nol!

Jasa pengiriman barang di Indonesia

strategi pengiriman barang toko online

Jasa pengiriman barang, atau ekspedisi saat ini semakin berkembang di Indonesia. Hal ini seiring semakin bertumbuhnya jumlah pelaku usaha e-commerce atau toko online di Indonesia. Jumlah toko online yang semakin bertambah dari tahun ke tahun ini tak lepas dari beralihnya budaya belanja masyarakat Indonesia, dari belanja konvensional ke belanja online.

Semakin banyak orang yang berbelanja secara daring, semakin tinggi pula transaksi pengiriman barang menggunakan jasa ekspedisi.

Dengan kondisi demikian, semakin banyak jasa pengiriman baru yang bermunculan. Dan sebagai seorang pebisnis online, tentu saja Anda harus memikirkan strategi yang berkaitan dengan kelangsungan bisnis online Anda.

Bagaimana tidak, biaya pengiriman yang tinggi akan membuat calon pembeli Anda membandingkan dengan pesaing produk yang bisa memberikan harga lebih murah untuk biaya pengiriman. Sedangkan, jika Anda memberikan biaya pengiriman yang terlalu murah, Anda berpotensi merugi karena pemotongan biaya pengiriman berdampak pada keuntungan yang Anda dapatkan.

Sebagai pebisnis online, tentu saja Anda harus memperhatikan strategi pengiriman. Tetapi, yang harus Anda ingat adalah, penentuan biaya kirim ini harus saling menguntungkan untuk pembeli dan penjual.

Strategi pengiriman barang toko online

Ada beberapa strategi yang bisa Anda terapkan dalam menentukan biaya pengiriman. Tiga hal yang sebaiknya Anda lakukan antara lain: memetakan lokasi pelanggan, membandingkan dengan pesaing bisnis, dan mempertimbangkan biaya pengiriman gratis. Jika dapat diterapkan dengan tepat, starategi ini dapat membantu meningkatkan keuntungan bagi bisnis Anda.

  • Memetakan lokasi pelanggan

strategi pengiriman barang toko online

Strategi pertama yang bisa Anda lakukan adalah memetakan lokasi pelanggan. Caranya adalah, buatlah persentase berapa banyak pelanggan Anda dari daerah tertentu. Hal ini akan membuat Anda lebih cermat saat memilih layanan pengiriman, yang akan digunakan secara reguler.

Terkadang, ada pula pelanggan yang mau membayar biaya pengiriman lebih mahal asal barang cepat sampai. Namun kadang karena lokasi pengiriman yang cukup terpencil, hal ini bisa jadi tidak memungkinkan. Untuk itu, Anda harus dapat memetakan lokasi pelanggan dengan cermat, sehingga tidak akan salah pilih layanan pengiriman.

  • Memberikan gratis biaya kirim

Opsi selanjutnya adalah strategi memberikan gratis biaya kirim. Bagi Anda yang bergerak pada bisnis online dengan persaingan yang ketat, sstrategi ini bisa menjadi pertimbangan. Cara ini sangat efektif untuk diterapkan jika Anda menjual produk dengan margin keuntungan yang tinggi. Antara lain perhiasan emas dan gadget.

Dengan demikian Anda dapat memotong keuntungan untuk menutup biaya pengiriman barang. Namun jika selisih keuntungan produk yang Anda jual tergolong rendah, maka Anda bisa melakukan strategi ini sesekali saja. Atau saat ada event-event tertentu.

  • Membandingkan dengan pesaing bisnis sejenis

Strategi lain yang bisa Anda lakukan adalah melakukan survey terhadap pesaing bisnis Anda, sehingga bisa menentukan biaya pengiriman yang tidak berbeda jauh. Jika biaya pengiriman barang Anda terlalu tinggi, maka pelanggan Anda akan memilih produk pesaing. Oleh karena itu, sebelum menentukan biaya pengiriman, pastikan Anda sudah membandingkan dengan biaya pengiriman yang lain.

Hal ini sangat penting untuk dilakukan karena meski produk yang Anda jual lebih murah, tetapi biaya pengiriman berbeda jauh dari pesaing, maka pelanggan akan berpikir dua kali untuk jadi pelanggan loyal.

Faktor penentu biaya pengiriman

strategi pengiriman barang toko online

Saat menentukan biaya pengiriman, ada beberapa faktor yang cukup menentukan. Setidaknya, terdapat tiga faktor yang menjadi penentu biaya pengiriman. Yaitu berat barang, biaya tambahan, dan metode pengiriman.

Dengan mempertimbangkan beberapa faktor tersebut, diharapkan penentuan biaya pengiriman menjadi lebih solid dan stabil. Berikut adalah faktor-faktor yang menentukan biaya pengiriman barang.

  • Menentukan berat barang

Berat barang adalah faktor penentu pertama yang perlu Anda pertimbangkan saat menentukan biaya pengiriman. Berat barang ini dapat diukur menggunakan dua cara. Yaitu dengan berat actual dan berat dimensi. Pertama adalah berat aktual. Berat aktual adalah berat paket yang dibulatkan ke kilogram yang berikutnya. Contohnya, jika barang Anda saat ditimbang memiliki berat 1,8 kg, maka akan dihitung 2 kg.

Sedangkan berat dimensi adalah ukuran kepadatan pengiriman. Cara menghitungnya pun cukup mudah. Yaitu dengan mengalikan panjang, lebar dan tinggi ukuran paket. Kemudian akan dibulatkan hingga ukuran terdekat menggunakan satuan centimeter.

Anda dapat menentukan biaya pengiriman dengan mempertimbangkan berat aktual serta berat dimensi paket yang hendak dikirimkan. Agar menghilangkan prasangka pelanggan jika mereka dicurangi, Anda harus memastikan pengukuran ini aktual dan akurat.

  • Memilih metode pengiriman

Faktor kedua yang menentukan biaya pengiriman adalah metode pengiriman yang digunakan. Setidaknya ada empat metode pengiriman yang umum dipilih. Yaitu lewat darat, laut, udara, dan antarmoda. Umumnya, pengiriman lewat jalur darat adalah metode yang paling murah.

Sedangkan pengiriman lewat laut lebih mahal dibandingkan via darat. Jalur laut biasa digunakan untuk pengiriman internasional dan ke daerah pedalaman. Dan yang paling mahal adalah pengiriman via udara. Metode ini menjadi yang paling mahal bukan tanpa alasan, karena sampai lebih cepat dibandingkan yang lainnya.

  • Biaya tambahan

Apa yang dimaksud dengan biaya tambahan? Biaya tambahan ini juga menentukan biaya pengiriman. Misalnya, Anda menjual smartphone dan pengirimannya harus menggunakan pelindung kayu. Komponen tersebut tentu saja membutuhkan biaya tambahan.

Anda bisa memberikan penjelasan kepada pelanggan, mengapa terdapat biaya tambahan ini.Dengan penjelasan yang masuk akal, pelanggan tidak akan banyak komplain bahwa biaya ini memang tak bisa ditiadakan.

Kesimpulan

Dalam dunia bisnis online, pengiriman adalah isu yang cukup krusial. Pelanggan akan selalu membandingkan biaya kirim saat akan membeli suatu produk. Memikirkan strategi pengiriman barang toko online adalah sebuah keharusan.

Ingin membuat toko online Anda sendiri untuk kemajuan usaha? Jejualan menyediakan berbagai paket toko online dengan fitur terbaik. Buktikan!

Send Comment