Bagi para pebisnis online, salah satu tantangan yang harus selalu dihadapi adalah masalah pengiriman barang. Selain barang yang berkualitas bagus, Anda juga harus melengkapinya dengan kualitas layanan pengiriman yang prima. Pelanggan, sebagai pembeli barang yang Anda jual tentu berharap banyak produk yang mereka beli sampai dengan tepat waktu dan tanpa cacat pengiriman. Selain itu, Anda juga ingin proses pengiriman berlangsung secara efektif dan efisien, bukan.

Baca Juga: Strategi pengiriman barang untuk toko online

Pada bisnis online, jasa pengiriman memiliki peran yang sangat krusial. Karena jasa pengiriman menjadi perantara kesuksean bisnis online yang sedang Anda jalani. Karena itu, Anda harus cermat dalam memilih jasa pengiriman untuk bisnis Anda.

Lantas, bagaimana cara memilih jasa pengiriman barang yang tepat? Silakan simak tips memilih jasa pengiriman barang berikut ini:

Tips Memilih Jasa Pengiriman Online

Tips Memilih Jasa Pengiriman Barang Untuk Bisnis Online

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat memilih jasa pengiriman barang. Jika Anda luput memperhatikan detail-detailnya, bukannya barang cepat sampai, bisa jadi konsumen yang komplain karena barang yang mereka nantikan tak kunjung tiba. Atau malah rusak dalam pengiriman. Rating toko online Anda bisa jadi buruk karena hal ini.

Simak tips berikut ini agar Anda tidak salah dalam memilih jasa pengiriman barang:

1. Pilih jasa pengiriman barang yang populer dan memiliki jaringan luas

Tidak bisa dipungkiri, salah satu faktor penting saat memilih jasa pengiriman barang adalah memilih jasa pengiriman barang yang populer dan memiliki jaringan yang luas, sampai ke pelosok Indonesia. Memang, tak selalu jasa pengiriman populer bisa memuaskan seluruh pelanggan. Namun dengan kepopuleran yang dimiliki jasa pengiriman, mereka akan lebih cepat dalam merespon keluhan pelanggan.

Memilih jasa pengiriman dengan jangkauan luas se Indonesia juga sangat penting. Kita semua tahu, Indonesia adalah negara kepulauan yang sangat luas. Dan pengguna online shop juga tersebar di seluruh Indonesia.

Pilihlah perusahaan pengiriman barang yang memliki rute yang lengkap dan layanan yang beragam. Rute pengiriman yang lengkap akan memudahkan Anda selaku penjual untuk mengirim barang ke lokasi-lokasi yang letaknya cukup jauh dari kota besar. Sehingga, Anda dapat meminimalkan kendala pengiriman karena jauhnya lokasi kirim.

Untuk melihat apakah sebuah perusahaan pengiriman barang memiliki rute yang lengkap, Anda bisa melakukan cek rute dari website perusahaan ekspedisi tersebut. Jadi, Anda bisa melakukannya secara online.

2. Pilih jasa pengiriman barang dengan standard ongkos kirim kompetitif

Tips Memilih Jasa Pengiriman Barang Untuk Bisnis Online

Tidak dapat dipungkiri pelanggan toko online umumnya sangat sensitif terhadap masalah ongkos kirim. Ongkos kirim yang lebih mahal di toko A akan membuat pelanggan dengan mudah berpaling ke toko B, hanya karena masalah ongkos kirim yang lebih murah.

Jasa pengiriman barang atau ekspedisi yang baik adalah yang memberikan informasi detail soal biaya pengiriman langsung dari website mereka. Tentu saja ini menjadi nilai plus tak hanya bagi pelanggan, tapi juga untuk Anda. Umumnya, tarif jasa pengiriman ditentukan dari jarak daerah pengiriman. Terkadang ditambahkan pula komponen lain yang dimasukkan sebagai komponen biaya pengiriman. Antara lain dimensi atau ukuran barang dan berat total barang yang hendak dikirim.

3. Mencari tahu kecepatan pengiriman barang

Salah satu hal yang disukai oleh pelanggan saat belanja online adalah kecepatan pengiriman. Maka untuk mengakomodasi keinginan pelanggan tersebut, tugas Anda adalah memilih jasa pengiriman barang yang memiliki masa kirim yang cepat. Jasa pengiriman barang yang baik adalah yang memiliki standard pengiriman sendiri. Jadi, akan meminimalkan terjadinya proses pengiriman barang.

Salah satu hal yang paling penting adalah memilih jasa pengiriman barang yang selalu mengupdate keberadaan paket yang sedang dalam masa pengiriman. Semakin tepat waktu, semakin puas pelanggan. Tak hanya untuk jasa ekspedisi, tetapi juga pada layanan Anda.

4. Pilih jasa pengiriman dengan paket layanan yang lengkap

Sebagai pedagang online, tentu Anda paham ada saja pelanggan yang rela membayar lebih mahal agar barang pesanannya cepat sampai dengan jasa pengiriman ekspres. Walaupun banyak juga yang memilih jasa pengiriman reguler dengan biaya pengiriman yang lebih murah.

Maka untuk mengakomodasi keinginan pelanggan yang sangat beragam, Anda harus memilih jasa pengiriman yang memiliki paket paling lengkap dan sesuai dengan kebutuhan. Dengan banyaknya pilihan durasi pengiriman, akan semakin mudah Anda dalam menentukan pilihan pengiriman. Bukan hanya Anda, pelanggan juga akan merasa terbantu dengan banyaknya variasi paket pengiriman. Ini berkaitan dengan budget yang dimiliki oleh pelanggan Anda.

5. Pilihlah jasa pengiriman barang yang member jaminan keamanan

Tips Memilih Jasa Pengiriman Barang Untuk Bisnis Online

Kanca Jejualan, kita semua tentu tahu bahwa produk-produk yang ditawarkan oleh online shop bukan hanya barang biasa seperti tas, sepatu, baju, dan produk fesyen saja. Banyak juga online shop yang menjual barang yang harus mendapatkan treatment khusus saat pengiriman. Misalnya makanan, gadget, perhiasan, dan barang pecah belah lainnya.

Untuk itu, sebagai pelaku bisnis online Anda harus memilih jasa pengiriman barang yang memberikan asuransi keamanan atas adanya kerusakan atau kehilangan pada barang yang dikirimkan. Dengan adanya jaminan keamanan, pelanggan tidak akan khawatir bila terjadi salah kirim, rusak, atau bahkan hilang karena pihak jasa ekspedisi akan bertanggungjawab terhadap masalah yang terjadi pada barang yang dikirim tersebut.

6. Piliha jasa pengiriman yang menyediakan fitur tracking akurat

Semakin majunya teknologi tak bisa dibantah lagi membuat proses pengiriman barang semakin mudah dan efektif. Salah satu berkah dari kemajuan teknologi di bidang ekspedisi adalah adanya fasilitas track and trace atau pelacakan. Adanya fitur tracking yang disediakan oleh perusahaan ekspedisi akan sangat memudahkan pelanggan yang ingin mengetahui dimana posisi barang pesanannya.

Pelanggan hanya perlu memasukkan nomor resi pengiriman pada menu pelacakan yang ada di website. Kemudian mereka akan dengan mudah tahu dimana posisi barang yang dikirimkan, bahkan dengan informasi yang sangat detail.

Jasa pengiriman langsung dan tak langsung

Dengan semakin majunya teknologi transportasi, jasa pengiriman terbagi menjadi dua. Yaitu jasa pengiriman langsung dan jasa pengiriman tak langsung. Alangkah baik Anda juga memberikan opsi ini pada pelanggan. Berikut penjelasannya:

1. Pengiriman langsung

Pengiriman langsung atau dikenal juga dengan pengiriman instan. Pengiriman instan bertujuan agar barang yang dipesan bisa sampai secepat mungkin. Selain itu, Anda juga bisa mengetahui berapa lama barang tersebut sampai ke tujuan.

Beberapa contoh dari pengiriman instan antara lain layanan pengiriman instan dari ojek daring.

2. Pengiriman tak langsung

Yang kedua adalah pengiriman tak langsung. Jenis pengiriman ini umumnya memakan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan pengiriman langsung. Beberapa jasa pengiriman barang menyediakan layanan untuk cepat sampai, tapi tentu saja dengan biaya yang lebih mahal.

Kesimpulan

Bagaimanapun, jasa pengiriman memiliki peran yang penting untuk bisnis online. Dengan tips memilih jasa pengiriman barang ini, Anda dapat memilih jasa pengiriman yang tepat.

Ingin membuka toko online Anda sendiri? Buat toko online Anda sendiri dalam 20 detik hanya di Jejualan. Buktikan sekarang.

Send Comment