Bagi seorang pengusaha, memilih nama untuk usahanya bisa jadi bukanlah perkara yang mudah. Akan ada banyak pertimbangan yang harus Anda lakukan dalam pemilihan nama ini. Karena memilih nama toko online tidak bisa sembarangan. Nama adalah aset Anda. Ia melekat erat dan menjadi representasi diri Anda.

Membangun sebuah brand umumnya diawali dari pemilihan nama yang tepat. Kalau dari awal sudah salah dalam pemilihan nama, maka proses bisnis Anda kedepannya bisa saja menjadi lebih sulit. Apalagi nantinya jika bisnis Anda membesar dan harus melakukan pergantian nama. Ini sama saja dengan mimpi buruk. Anda harus melakukan branding ulang karenanya.

Baca Juga: Pilih mana untuk toko online, Magento atau Prestashop? 

Mengapa Nama Toko Online Sangat Penting?

memilih nama toko online

Jika Anda ingin dapat dengan mudah ditemukan oleh calon konsumen, tahu apa yang Anda jual dan berharap mereka merekomendasikan bisnis tersebut, tiada lain Anda harus memiliki nama toko online yang tepat.

Nama adalah dasar dari sebuah brand, dan sebagai pebisnis, Anda tentu berharap orang dapat mengingat bisnis Anda. Karena itulah,pemilihan nama toko online tidak boleh asal-asalan.

Berikut ini adalah alasan pentingnya pemilihan nama toko online:

  • Nama sebagai kekuatan

Nama toko online bisa berarti sangat emosional. Kenapa bisa demikian? Karena nama toko online yang tepat dapat memberikan pengaruh kepada khalayak.

  • Menimbulkan kesan pertama

Nama toko online sering kali memberikan kesan pertama bagi para calon konsumen. Saat mereka membaca nama toko online Anda, akan terjadi dua kemungkinan. Pertama, apakah akan diingat atau, calon konsumen tersebut akan langsung melupakannya.

Manfaat nama toko online

memilih nama toko online

Penulis buku The Brand Gap sekaligus pakar branding kelas dunia Marty Neumeier berasumsi bahwa nama yang bagus adalah investasi jangka panjang. Ada banyak manfaat dari penggunaan nama untuk toko online Anda. Berikut diantaranya.

  • Bisnis menjadi lebih dikenal

Nama toko online yang mudah diingat bisa jadi cepat populer. Hal ini akan memudahkan penyebaran informasi tentang toko online milik Anda. Dengan demikian, peluang pertambahan pelanggan akan jadi lebih besar.

  • Mudah ditemukan di mesin pencari

Ketika nama toko online Anda berada di halaman teratas pencarian Google, ini adalah kesempatan yang tak boleh Anda sia-siakan. Nama toko yang mudah diingat dan populer akan mudah dikenali oleh algoritma Google. Saat ada orang yang mencari produk tertentu di Google, maka nama toko online Anda akan dengan mudah muncul.

  • Mudah menarik pelanggan baru

Nama toko online yang bagus akan membuat bisnis Anda cenderung menonjol dibanding pesaing sejenis. Hal ini akan memberikan keyakinan tambahan pada calon konsumen untuk menggunakan jasa Anda

Nama toko online sebaiknya?

Ada beberapa syarat menyangkut nama toko online yang ideal. Syarat tersebut antara lain:

  • Memiliki pesan yang jelas

Sebuah nama tak boleh menciptakan kesan yang membingungkan. Misalnya penggunaan kata “aroma” yang identik dengan toko makanan, yang Anda gunakan, misalnya di toko plastik milik Anda.

  • Mengikuti perkembangan zaman

Sebuah bisnis tentu harus mengikuti perkembangan zaman. Namun, mengikuti perkembangan zaman disini bukan berarti latah. Jangan sampai Anda menggunakan kata-kata yang ketinggalan zaman. Kecuali memang target market Anda adalah orang-orang yang merindukan nostalgia masa lalu.

  • Mudah diingat

Terdiri dari sedikit huruf bukan berarti sebuah nama akan mudah diingat. Anda dapat menggunakan nama-nama yang unik, misalnya mempelesetkan ejaan sebuah kata, namun harus tetap mudah dibaca.

Kalau perlu Anda boleh saja membuat “kata baru” yang mudah diucapkan dan mencerminkan diri Anda.

  • Tidak menyinggung norma yang ada

Saat memilih nama toko online, tentu kita semua ingin keren dan sebisa mungkin menarik perhatian. Namun yang harus Anda pikirkan adalah apakah nama yang Anda pilih tersebut akan bersinggungan dengan norma yang ada di masyarakat.

Hindarilah pemilihan nama yang lontroversial. Mungkin akan dapat menarik perhatian di awal, tetapi cenderung untuk sulit menjaga pelanggan jangka panjang.

  • Deskriptif

Nama yang deskriptif maksudnya adalah nama yang mampu menjelaskan tentang produk tersebut, bahkan tanpa harus menjelaskan panjang lebar. Mari ambil contoh Shopee. Dari namanya saja Anda tentu sudah tahu bahwa brand ini adalah platform belanja online.

  • Mudah dikenali sebagai merek

Jika toko Anda memiliki nama yang sama dengan merek, pastikan nama tersebut mudah dikenali sebagai merek. Anda harus mempertimbangkan, bagaimana nama tersebut akan terlihat saat dicetak di media lain. Seperti pada kemasan, botol, dan saat Anda harus mengiklankannya.

  • Memiliki potensi jual

Nama yang bagus tentu saja harus mempunyai potensi untuk memikat konsumen. Jika Anda menggunakan kombinasi kata sebagai nama toko online, nama tersebut harus bisa dipromosikan berulang-berulang.

Cara menemukan ide nama toko online

memilih nama toko online

Saat mencari ide untuk toko online Anda, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan nama toko online. Berikut cara mencari ide nama toko online Anda:

  • Menggunakan kosakata yang terkait dengan produk Anda

Perhatikan apa produk yang Anda jual. Dengan mengambil inspirasi dari kosakata yang terkait produk, Anda bisa menghasilkan kombinasi unik untuk nama toko online.

  • Riset pesaing

Cara selanjutnya adalah melakukan riset dari nama toko yang digunakan oleh pesaing Anda. Carilah toko yang bisnisnya mirip dengan Anda. Lihatlah nama apa yang mereka gunakan, bagaimana cara memasarkannya, dan siapa target marketnya.

  • Buat daftar beberapa nama

Nama yang ideal umumnya terdiri dari kombinasi dua kata. Karena tidak terlalu pendek atau kepanjangan. Gunakan dua kata berbeda yang cukup menggambarkan pengulangan kata yang sama dengan variasi yang unik.

Dan jangan hanya berhenti pada satu nama. Paling tidak, buatlah 10 kombinasi nama. Ini akan memberi Anda lebih banyak pilihan.

  • Memeriksa ketersediaan nama

Anda juga harus mencari ketersediaan nama toko online yang ingin digunakan. Kini Anda dengan mudah menggunakan mesin pencari Google. Jika nama tersebut sudah ada sebagai sebuah merek terdaftar atau memiliki pelanggan yang banyak, berarti Anda harus mencari opsi lainnya.

  • Menentukan logo dan slogan

Selain nama, logo dan slogan juga akan menentukan kesuksesan toko online Anda kedepannya. Jika memang berniat mengembangkan bisnis, jangan ragu untuk menggunakan jasa orang yang ahli di bidang desain dan copywriter. Karena keduanya akan digunakan dalam waktu yang lama, tentu harus berkualitas sejak awal.

Kesimpulan

Memilih nama toko online adalah proses yang tidak mudah. Karena ini menyangkut identitas, jadi Anda harus mempertimbangkannya masak-masak.

Ingin punya toko online Anda sendiri? Temukan nama toko online Anda di Jejualan. Dapatka masa trial 15 hari dan rasakan manfaatnya.

Send Comment