Tidak bisa dipungkiri bahwa online retailers bagaikan ikaln kecil dikolam yang sangat besar. Jadi bagaimana situs e-commerce ‘kecil’ tetap bisa bertahan dengan semua kompetisi diluar sana? Ada banyak ruang dan cara untuk toko online bisa menjadi lebih menarik dari raksasa e-commerce seperti Amazon.

Baca juga : Ketahui 6 Cara Efektif Menarik Pelanggan Ke Online Shop

Kali ini kita akan membahas 5 cara bagaimana situs e-commerce dapat bersaing dengan raksasa e-commerce dan menjadi online retailer yang menguntungkan dan sukses.

1. Fokus pada niche yang spesifik

Jika kamu ingin memisahkan diri dari kompetisi yang besar, cara yang terbaik untuk memulai adalah dengan memfokuskan produk untuk memenuhi niche yang spesifik. Dengan menjaga fokus pada niche ini, kamu bisa lebih bisa menguasai pasar tertentu dan menjadi lawan raksasa seperti Amazon yang menjual begitu banyak produk yang berbeda.

2. Tawarkan fitur dan informasi lebih lengkap

Untuk bersaing dengan toko online yang lebih besar, kamu harus menawarkan pelanggan fitur yang lebih baik untuk membantu mereka memahami produkmu. Buat website dengan beberapa sumber daya tambahan seperti:

  • Video
  • 360 foto, pilihan zoom-in
  • Deskripsi produk unik
  • Ulasan pelanggan
  • Perbandingan produk
  • Saran

Ini adalah beberapa fitur yang akan membedakan dari kompetitor dan menyediakan pelanggan dengan informasi yang lebih berharga.

3. Jalankan bisnis untuk suatu hal yang bermanfaat

Ini adalah cara terbaik untuk membangun citra yg positif untuk bisnis onlinemu. Posisikan bisnismu berbeda/terpisah dari sang kompetitor raksasa dan tingkatkan konsumen yang membeli. Sedikit donasi disetiap pembelian atau komitmen untuk bekerja sama dengan orgnisasi adalah salah satu hal yang mempengaruhi/meyakinkan konsumen memilih merekmu. Misalnya, banyak toko online yang sukses menawarkan program penanaman pohon disetiap pembelian diatas nominal tertentu. Pilihan untuk menyumbangkan 100 rupiah untuk amal tertentu saat proses checkout atau sumbangan untuk amal dengan imbalan diskon.

4. Berikan layanan pelanggan premium

Tawarkan pelanggan dengan layanan pelanggan yang terbaik untuk niche yang kamu jual. Berikan dukungan pelanggan selama proses pembelian dengan email, nomor telepon, atau sosial media. Dengan memberikan pelanggan saran pribadi dan dukungan selama proses belanja secara keseluruhan, itu akan menarik ribuan pelanggan ke situsmu

5. Bangun visibilitas website

Cara utama untuk mengungguli raksasa e-commerce adalah dengan memaksimalkan visibilitas situsmu di internet. Buat toko onlinemu mudah ditemukan di hasil pencarian Google dan mendorong orang untuk mengkliknya. Hal ini akan membuat situsmu menjadi yang nomor 1 ketika konsumen mencari produkmu.

Tunjukan bahwa toko onlinemu memiliki produk terbaik dan informasi yang berguna bagi konsumen untuk bersaing dengan raksasa e-commerce lainnya.

9 Comments

Rofani Fasma Nidai -

masalahnya cara supaya ditemukan giamana, susah banget nih

Rofani Fasma Nidai -

saya memilih beli website di jejualan ,karena katanya tdk usah dipusingkan masalah SEO,tapi buat verifikasi di webmaster aja susah, kenapa ya?? ada yg bisa bantu??

sarung bantal kursi -

thank you min infonya…

    admin -

    Terima kasih kembali Kak

sugi -

nice sharing…. visit our store http://www.bukalapak.com/mgpsport menyediakan merchandise bola dll

    admin -

    Terima Kasih 🙂

cobajawab -

@Rofani Fasma Nidai = itulah bahasa marketing mbak. Gimana caranya supaya orang tertarik. Bagaimanapun juga SEO tetep harus di optimalkan dengan mencari backlink yang berkualitas. Mengenai verifikasi di webmaster ya tentu saja sulit. Karena anda tidak diberikan akses ke cpanel website anda.

Yoga -

Terimakasih bang tipsnya, tapi susah kalau langsung bisa kalahin mereka

    admin -

    Sama-sama kak, semoga lancar bisnis online-nya 🙂

Send Comment