Pemasaran bisnis melalui internet merupakan salah satu strategi memperluas jangkauan pasar para pelaku bisnis. Melalui online marketing, informasi produk dapat menjangkau konsumen yang berada jauh tanpa harus terjun langsung ke daerah tersebut untuk mempromosikan produk. Dengan fenomena ini, tentu semua orang akan tahu bahwa strategi ini lebih efektif dan efisien karena membuat usaha seakan-akan buka selama 24 jam non-stop dan dapat diakses dari seluruh dunia. Berikut ini merupakan 10 tips terbaik yang perlu Anda ketahui, antara lain:

1.      Domain mudah diingat dan berbeda

Membuat domain atau nama produk yang beda dan mudah diingat sangat penting saat membuat rencana online marketing. Anda harus menempatkan diri sebagai pelanggan potensial. Agar pada saat pelanggan mengetik kata kunci di Google, Yahoo Search mereka dapat dengan mudah menemukan produk Anda. Oleh sebab itu, pikirkan baik-baik sebelum memutuskan nama domain dan produk. Buatlah domain atau nama produk yang berbeda dan mengesankan.

2.      Introduction Page

Banyak dari Anda mungkin berpikir bahwa halaman ini tidak penting, namun pada saat  merencanakan online marketing hal ini sangat penting. Karena melalui halaman ini bisnis Anda akan dikenal oleh pelanggan, membangun kepercayaan pada pelanggan tentang kejelasan dan transparansi. Ini hanya  sebuah bisnis untuk mengiklankan rencana pemasaran. Selain informasi terkait cara menghubungi Anda melalui email, telepon, dan fax, penggunaan link ke situs sosial seperti Facebook, Twitter juga dapat membuat pelanggan berdialog dengan Anda secara cepat dan langsung.

3.      Daftar email

Buatlah daftar email klien yang pernah mengunjungi situs Anda. Ini merupakan cara yang hebat dalam rencana online marketing untuk memasarkan produk mereka dan jasa Anda di masa yang akan datang. Namun, Anda juga perlu berkomitmen pada pelanggan bahwa tidak akan menggunakan email tersebut untuk tujuan yang lain

4.      Link ke situs sosial

Saat ini pengguna situs jejaring social sudah menjadi begitu akrab dengan online marketing.  Sebaiknya Anda menggunakan ikon Facebook, Twitter atau RSS Feed pada halaman atau produk. Agar pelanggan dapat menyebarkannya ke teman-teman mereka dengan cepat untuk meningkatkan kapasitas produksi produk kepada pelanggan. Selain itu, Anda juga harus memiliki link ke artikel atau situs terkait produk atau jasa yang serupa dengan Anda. Agar pelanggan Anda memiliki informasi lebih lanjut ketika memutuskan untuk membeli produk.

 

5.      Fungsi pencarian

Anda harus memiliki fungsi pencarian di situs. Ini merupakan salah satu stategi yang penting dalam online marketing agar pelanggan dapat menemukan produk yang dibutuhkan dengan cepat saat membuka situs Anda. Produk/layanan juga perlu diatur berdasarkan kategori/topik untuk mengoptimalkan pencarian yang lebih spesifik oleh pelanggan. Karena dengan mengurangi waktu pencarian pelanggan dapat meningkatkan kemampuan penjualan produk Anda.

6.      Buat versi ponsel untuk situs Anda

Hal ini memungkinkan pelanggan untuk memilih produk atau menghubungi Anda kapan pun mereka inginkan. Saat ini banyak orang yang sudah menggunakan smartphone dalam bekerja, sehingga ini merupakan salah satu cara mengoptimalkan website Anda. Selain itu, hal ini juga merupakan cara dalam mengoptimalkan kemampuan Anda untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

7.      Bisnis online marketing dengan video

Penggunaan video dalam online marketing telah menjadi strategi yang semakin populer. Banyak penelitian menunjukkan bahwa setelah menonton video demo produk, pelanggan akan mengklik link ke situs Web atau segera menghubungi kantor penjualan Anda. Setiap video berdurasi kurang dari 4 menit. Namun informasi yang ditampilkan cukup lengkap mengenai produk tersebut, seperti fitur, penggunaan, garansi, pengiriman, kontak informasi, situs web, dll. Setelah mengenal produk melalui video dilakukan akan ada banyak cara agar video tersebut sampai ke pelanggan. Anda dapat memanfaatkan Facebook dan Youtube. Melalui Facebook pemasaran produk dapat dibagi ke banyak orang, termasuk teman Anda yang secara otomatis akan menjadi pelanggan potensial. Anda juga dapat menggunakan link ke Youtube untuk memperkenalkan item produk, karena pelanggan akan sangat tertarik pada informasi produk.

8.      Meningkatkan kegiatan promosi di situs

Tambakan produk gratis pada”Confirm Order” agar Anda dapat menjual lebih banyak produk sehingga pelanggan puas. Anda juga dapat memberikan diskon pada pelanggan jika mereka membeli produk lain. Karena dengan demikian pelanggan akan merasa sangat bermanfaat jika membeli banyak barang. Paket penjualan produk dapat menbuat pelanggan membayar harga yang lebih rendah saat membeli produk secara keseluruhan

9.      Menghasilkan uang dari website

Apabila Anda memiliki banyak akses ke pelanggan setelah melakukan online marketing, Anda akan semakin mudah untuk mendapatkan uang dari website. Berikut adalah beberapa cara untuk mendapatkan uang tambahan dari website: a) Bergabung dan bagi hasil: Anda dapat bernegosiasi untuk membagi keuntungan pada saat pelanggan mengakses ke situ besar, seperti Facebook, Amazon dan Youtube b) Konseling online: Anda dapat menggunakan Webcast, mirip dengan program konseling di televisi. Anda  memberikan kuliah tentang suatu topik melalui webcam dan  pelanggan harus membayar jika berpartisipasi dalam pelatihan c) Produk afiliasi iklan: Anda akan terhubung dengan produsen untuk memasarkan produk mereka secara online melalui web dan pendapatan iklan. Cara ini penting dan paling menguntungkan bagi Anda.

 

10.  Catat permasalahan

Orang sering berkata bahwa “Tidak ada yang dapat membuat pelanggan puas 100%” ini sangat benar. Bahkan perusahaan besar dengan produk dan jasa terbaik serta strategi online marketing yang baik sekalipun masih tidak dapat memenuhi kepuasaan beberapa orang. Mereka akan mengkritik produk Anda. Namun yang terpenting adalah bagaimana Anda menanggapinya. Anda harus tenang menghadapi masalah tersebut, memahami secara menyeluruh, dan menanggapi secara professional. Agar pelanggan puas dan kredibiltas Anda semakin meningkat.

Semoga Anda dapat membangun strategi online marketing terbaik dalam mengembangkan bisnis Anda setelah membaca 10 tips ini.

 

8 Comments

Jasa Review -

Tips yang bermanfaat. Intinya tinggal praktek 🙂

    admin -

    Betul Kak. Harus dipraktekkan.

Amin -

Menciptakan konten web yang bermanfaat bagi pengunjung sangat penting untuk meningkatkan loyalitas pembaca. Seperti artikel penjabaran yang dibeirkan blog.jejualan yang sangat informatif dan bisa dipraktekkan. Sehingga bisa menghasilkan profit bisnis online yang sesuai harapan. Saya banyak belajar dari artikel bermanfaat ini.

    admin -

    Selamat mencoba Kak

www.semesta-herbal -

ada gak pelatihan untuk membuat konten lebih bermutu?

Andrew -

Info strategi ini kalo di praktik kan dengan konsisten akan memberikan efek yang bagus terhadap website kita

narda -

sangat membantu infonya, cuma kadang msh suka bingun menerapkannya

    admin -

    terima kasih kak. semoga berhasil 🙂

Send Comment