Halo netters,

Di jaman modern seperti ini sudah bukan barang asing lagi yang namanya gadget dan sosial media. Keduanya bisa dibilang adalah paket lengkap. Hampir setiap hari kita tidak pernah lepas dari yang namanya gadget, baik smartphone, maupun tablet. Setiap orang juga pasti memiliki beberapa akun di situs jejaring sosial, sebut saja Facebook, Twitter, Path, Instagram, Pinterest, dan masih banyak lagi. Seiring perkembangannya, kini banyak toko online memanfaatkan sosial media sebagai ladang promosi dan jualan. Nah yang akan dibahas kali ini adalah Pinterest.

Apa itu Pinterest? Pinterest adalah salah satu situs jejaring sosial berbasis foto, dimana kamu bisa meng-upload foto-foto kamu, lalu membaginya ke dalam kategori-kategori tertentu. Jadi Pinterest ini hampir mirip seperti album online. Dengan Pinterest kamu bisa juga menggunakannya untuk mengenalkan/mempromosikan produk kamu lho, bagaimana caranya? Ikuti 5 tips berikut ini:

1. Gunakan Tag

Tidak cukup jika hanya melakukan pin foto produk kamu sendiri dan berharap ada orang lain yang akan melakukan repin. Kamu juga harus aktif terlibat dengan orang lain yang melakukan repin kontenmu. Cara yang baik untuk mendapatkan follower baru adalah dengan melakukan tag pinner di bagian deskripsi. Kamu hanya tinggal menambahkan simbol @ di depan nama mereka dan mereka akan tahu jika kamu mention ke mereka.

2. Cantumkan Harga

Tidak semua pengguna aktif menggunkan Pinterest hanya untuk mencari inspirasi, tetapi mereka ada juga yang ingin berbelanja. Jika kamu menjual sebuah produk, atau repining produk yang relevan sesuai bisnismu, pastikan untuk menyertakan label harga pada gambar karena sebanyak 36% pengguna lebih suka label harga daripada yang tidak ada label harganya. Namun jika tidak menjual produk kamu sendiri, kamu bisa menggunakan cara-cara tertentu untuk memasukan produk dengan kata kunci yang Pinners cari. Berpikirlah kreatif untuk memaksimalkan jumlah like dan repin melalui produk yang di pin.

3. Pencarian Yang Mudah

Ada yang menarik dari analisis pencarian Pinterest, yaitu jauh lebih rumit dibandingkan dengan Google dan mesin pencari lainnya. Ketika kamu mengupload konten asli, pastikan untuk menggunakan kata kunci yang kuat sebagai bagian dari nama file gambar tersebut, Misalnya “jersey_bola_terbaru.jpg”.

4. Verifikasi Akunmu

Salah satu kunci dalam jual-beli adalah kepercayaan. Tampilkan Pinners bahwa kamu adalah sumber yang dapat dipercaya dengan memverifikasi bisnis kamu. Caranya sangat mudah, kamu hanya tinggal mengisikan alamat websitemu pada Pinterest kemudian lakukan konfirmasi. Selain verifikasi untuk meningkatkan kepercayaan pengguna, juga memberikan kamu akses ke Pinterest’s analytics.

5. Berikan Informasi Yang Berguna

Ini merupakan salah satu tips besar lainnya untuk bisnis konten yang berorientasi: Pin ide atau produk yang sekiranya berguna untuk target audienmu. Misal, jika kamu sedang membaca buku tentang bisnis, Pin! bagikan ke pengguna lain, atau yang lainnya.

Semoga tips-tips diatas dapat membantu meningkatkan penjualan bisnismu. Intinya adalah dengan terus mencoba dan jangan mudah putus asa jika belum berhasil. Tetap  semangat dan sukses!

6 Comments

rona -

Mksh ilmunya ya…..

    admin -

    Sama-sama Kak 🙂

lutfi -

ini belum pernah aq coba,mungkin bisa meningkatkan penjualan.makasih informasinya

    admin -

    Selamat mencoba Kak

Ganteng -

cara mengonfirmasi website dari akun pinters ke website kita yg di buat di jejualan.com gmn ya?

    admin -

    Untuk konfirmasi Kakak bisa akses akun pinterestnya lalu klik profile (logo yang menyerupai orang) >> klik symbol pensil >> isikan url website >> klik confirm website. Nah nanti Kakak akan mendapatkan meta script html yang harus dipasangkan di layout html website Jejualan Kakak. Jika Kakak kesulitan silakan kirim script tersebut via email ke sales@jejualan.com agar bisa Kami bantu lebih lanjut. Terimakasih 🙂

Send Comment