Kanca Jejualan, tahukah Anda cara membuat logo profesional untuk bisnis? Bisnis membutuhkan logo untuk mengidentifikasi produk atau layanan mereka di antara pelanggan. Namun tak hanya itu fungsi penggunaan logo.Desain logo yang dibuat dengan cermat memiliki potensi untuk meningkatkan penjualan dan meluaskan target pasar. Sebab itu penting untuk mengetahui cara membuat logo profesional untuk bisnis.

Di dunia bisnis modern sangat bergantung pada komunikasi efektif dengan pelanggan potensial mereka. Pemiliki bisnis membuat strategi untuk memastikan bahwa orang dapat terlibat dengan bisnis mereka. Maka tak heran, banyak entitas bisnis yang mulai memperhatikan aspek visual mereka.

Saat ini, logo bukan hanya symbol bisnis untuk mengidentifikasi perusahaan atau layanannya, tetapi juga membantu memperkuat merek. Bahkan logo yang dirancang oleh desainer professional pun demikian.

Mengapa logo penting untuk bisnis?

cara membuat logo professional

Bagi para konsumen, menemukan produk yang tepat tak ubahnya memilih jodoh. Dan sebagai brand, sudah tentu Anda harus mencoba untuk menarik konsumen agar jatuh cinta dengan produk yang Anda tawarkan.

Logo berkontribusi untuk membuat Anda mendapatkan first impression dari masyarakat. Ini akan memberikan informasi pada calon konsumen tentang produk Anda. Karena logo akan menjadi identitas Anda, dan akan melekat pada semua media promosi, seperti header website, kemasan produk, hingga pada kartu nama Anda. Desain logo yang bagus tak hanya memiliki kekuatan untuk mengkomunikasikan apa yang Anda perjuangkan, tetapi juga menimbulkan kesan pertama yang baik.

Tips Cara Membuat Logo Profesional

  1. Mengetahui Brand Anda

Sebelum membuat desain logo Anda sendiri, pastikan Anda memiliki wawasan terkait brand tersebut. Pastikan logo tersebut dapat menyasar pada target pasar dan konsumen. Jadi, tuliskan semua tentang bisnis, merek, dan target market Anda. Cari tahu apa yang menjadi ciri khas dari produk atau layanan Anda.

Jadi, sangat penting untuk memahami secara lebih dalam tentang produk yang Anda jual.

  1. Merefleksikan bisnis Anda

Tips kedua saat membuat desain logo, pastikan Anda memastikan bahwa logo yang Anda buat cukup merefleksikan bisnis Anda. Mulai dari pemilihan warna dan gambar yang dipakai, agar pesan yang Anda bawa tersampaikan pada audiens.

Pastikan konsumen yang menjadi target menangkap pesan dari logo Anda. Mereka akan dengan mudah menangkap nilai dan atribut.

  1. Pastikan memberi impresi yang bagus untuk pemirsa

Saat membuat logo, pastikan logo yang Anda buat dapat memberikan impresi yang bagus pada target pasar Anda. Hanya melihat logo saja, orang akan terpesona dan terpikat. Fungsi logo untuk brand akan menarik pelanggan lagi dan lagi, setelah dapat memberikan kesan desain yang baik.

Untuk menciptakan kesan, yang baik, pastikan logo Anda unik pastikan hadir dengan konsep yang fres dan berbeda. Sehingga logo Anda akan terlihat berbeda dari yang lainnya.

  1. Gunakan warna-warna yang cerah

cara membuat logo professional

Pada umumnya, logo memiliki banyak kesamaan pada satu hal. Yaitu penggunaan warna-warna yang cerah. Warna memainkan peran penting untuk menyampaikan pesan dari brand. Contohnya penggunaan warna merah dalam logo. Hal ini akan mengesankan bahwa brand Anda terkesan agresih, bersemangat, dan enerjik. Pemilihan warna sangat penting dalam rangka mengetahui cara membuat logo professional.

Ada lagi warna biru yang sangat identik dengan rasa kebersamaan. Inilah alasan mengapa banyak aplikasi media social memiliki warna dasar biru. Seperi Facebook, Twitter, hingga LinkedIn. Sementara jika Anda ingin menarik lebih banyak pehatian orang, bisa menggunakan warna-warna cerah yang cenderung berani. Karena warna dapat membangkitkan emosi, pastikan pilihan warna desain logo Anda memang mewakili brand image Anda.

Saat menentukan warna untuk desain logo, Anda harus paham apa yang disebut dengan color wheel. Color wheel akan membantu Anda untuk memilih warna, atau menjadi panduan bagi Anda. Dalam color wheel terdapat tiga komponen warna yang harus Anda ketahui. Berikut ini adalah ketiga unsure tersebut:

  • Complementary colors: Bisa disebut dengan warna komplementer. Kombinasi ini terletak berseberangan satu sama lain pada color wheel. Warna komplementer ini menghadirkan dua kombinasi warna dan menciptakan tampilan yang dinamis.
  • Analog Colors: Warna analog terletak berdekatan dalam color wheel. Sangat cocok untuk Anda yang menginginkan logo memiliki tampilan yang harmonis.
  • Triadic color: Warna triadik berasal dari tiga bagian yang sama pada color wheel. Pemilihan warna dengan metode ini akan memberikan pilihan warna yang berani.
  1. Perhatikan pemilihan font

cara membuat logo professional

Pemilihan jenis font atau huruf menjadi hal lain yang tak boleh disepelekan saat membuat logo. Banyak desainer di luar sana yang tidak memberikan perhatian lebih pada tipografi dan malah memilihnya secara acak. Padahal, pilihan tipografi juga tak lepas dari identifikasi merek.

Kita dapat mengambil contoh dari pilihan font logo dari para musisi. Musisi cenderung akan memilih font yang tebal untuk membangun persona dari band diri mereka pribadi. Jadi, pastikan pilihan tipografi yang dipilih tidak bertentangan dengan brand image yang ingin dibangun.

Hindari juga penggunaan font gimmick. Jika memungkinkan, gunakan font unik Anda sendiri yang memang dibuat khusus untuk logo Anda. Salah satu caranya dengan membuat custom font yang banyak tersedia di internet. Berikut adalah empat tipe tipografi dasar yang akan membuat logo Anda terkesan unik:

  • Seriff fonts

Yang pertama adalah font Seriff. Font ini memberikan kesan klasik dan mewah. Penggunaannya fleksible, dan cocok di semua jenis desain. Tetapi memang paling cocok diaplikasikan pada desain bergaya klasik dan vintage.

  • Sans Seriff

Yang kedua ada Sans Seriff. Font ini terlihat modern dan sangat clear. Ia tidak mempunyai lengkungan kecil di kaki huruh yang membuatnya terlihat simple dan minimalis. Sans Seriff cocok untuk Anda yang ingin membuat logo bergaya modern dan kekinian.

  • Script

Font Script akan mengingatkan Anda pada tulisan tangan. Ada banyak variasi dari font ini. Dari font kaligrafi yang elegan hingga yang sederhana dan minimalis. Jika Anda ingin membuat logo yang merepresentasikan persona yang kuta, font ini bisa menjadi pilihan.

  • Display font

Jika Anda menginginkan font yang stylish dan eye catching, Display bisa menjadi pilihan yang tepat.

Logo yang baik adalah logo yang dapat segera dikenali, mencerminkan pesan merek Anda, dan terlihat berbeda diantara yang lain. Jika Anda merasa logo Anda unik, mudah diingat, dan merefleksikan bisnis, Anda dapat segera memasukkannya untuk berbagai kampanye pemasaran Anda.

Kesimpulan

Logo tak hanya sekedar gambar atau kata-kata. Tetapi harus dapat merefleksikan brand. Semoga artikel cara membuat logo professional dapat memberikan informasi tambahan bagi Anda yang sedang memikirkan konsep logo yang tepat.

Ingin mendapatkan wawasan paling update tentang digital marketing? Jejualan punya ebook tips dan trik digital marketing, hanya untuk Anda Kanca Jejualan semuanya.

 

 

 

 

Send Comment