Menentukan strategi pemasaran yang tepat bukanlah pekerjaan yang mudah. Tentu kita akan mudah bersepakat tentang hal ini. Strategi pemasaran memiliki spectrum yang sangat luas. Sebuah strategi pemasaran yang berhasil Anda lakukan, belum tentu berhasil juga dilakukan oleh kompetitor. Apalagi di tahun 2020 ini. Tahun di mana dunia yang terjangkuit virus corona, mau tidak mau memberikan pengaruh yang signifikan terhadap banyak bidang kehidupan manusia.

Bagi banyak pebisnis, tahun-tahun pandemi seperti ini benar-benar membuat mereka harus memutar otak agar bisnis tetap berjalan. Meskipun demikian, ada juga pebisnis yang menangguk untung besar. Umumnya mereka yang bergerak di bidang kesehatan dan makanan. Tetapi, apapun bisnis Anda, agar bisa bertahan dan tetap mendapatkan pelanggan harus melakukan strategi pemasaran yang tepat.

Untuk itu, pada artikel kali ini, Jejualan akan membahas jenis strategi pemasaran paling efektif di tahun 2020. Oleh karenanya, simak artikel ini sampai selesai, ya.

Apa Itu Strategi Pemasaran?

Sebelum membahas lebih jauh tentang jenis strategi pemasaran paling efektif, sudahkah Anda akrab dengan istilah strategi pemasaran? Strategi pemasaran adalah rangkaian perencanaan untuk menjangkau target pasar dan merubah mereka menjadi konsumen dari produk yang dijual seseorang atau perusahaan.

Jadi, tidak semerta-merta memasaran produk kepada semua orang. Anda perlu melakukan strategi pemasaran yang tepat, untuk bisa mengubah target pasar menjadi konsumen. Selain membantu Anda menemukan konsumen yang tepat, strategi pemasaran akan memudahkan peningkatan penjualan Anda.

Tujuan Strategi Pemasaran

Mungkin Anda telah mengetahui apa itu strategi pemasaran. Tapi satu hal lagi yang harus Anda pahami adalah mengerti tujuan pemasaran. Mengapa? Tak lain adalah, strategi pemasaran akan membawa bisnis Anda ke arah yang tepat.

Tujuan strategi pemasaran antara lain mempercepat pertumbuhan, membangun reputasi, meningkatkan brand awareness, dan membidik pangsa pasar yang tepat. Dengan strategi pemasaran yang tepat di tahun 2020, Anda akan dapat mememangkan persaingan bisnis yang kadang sangat keras dan lagi ketat.

Jenis Strategi Pemasaran yang Efektif di Tahun 2020

Menentukan jenis strategi pemasaran harus mencakup segala aspek. Banyak hal yang harus dilakukan, seperti perencanaan bisnis, langkah yang dilakukan, hingga tujuan yang ingin dicapai. Semuanya sama, baik untuk bisnis besar maupun kecil.

Berikut ini adalah jenis strategi pemasaran yang efektif di tahun 2020:

1. Search Engine Marketing

jenis strategi pemasaran

Search Engine Marketing (SEM) merupakan salah satu strategi pemasaran online yang masih sangat efektif digunakan di tengah persaingan digital yang kian sengit dan ketat seperti saat ini. SEM bertujuan untuk membuat nama brand muncul di halaman utama Search Engine Result Page (SERP). Cara kerjanya adalah, dengan pemasng iklan menargetikan kata kunci yang memilki keterkaitan dengan produk yang dijual.

SEM memiliki persentase keberhasilan yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan memasang iklan pada media konvensional seperti koran, radio, dan televise. Memasang iklan pada media konvensional seperti itu biasanya digunakan untuk meningkatkan brand awareness. Orang yang mencari sesuatu di media sosial umumnya sangat membutuhkan informasi.

2. Search Engine Optimization (SEO)

SEO atau Search Engine Optimization adalah rangkaian strategi sistematis yang digunakan untuk membuat blog atau website dapat berada di halaman utama hasil pencarian. Seperti Google, Bing, dan lain sebagainya. SEO berguna untuk meningkatkan pengunjung ke website menggunakan kata kunci yang telah ditargetkan sebelumnnya.

3. Social Media Marketing (SMM)

jenis strategi pemasaran

Sejak pertama kali muncul, media sosial memiiki pertumbuhan yang sangat cepat. Hasilnya adalah, hadirnya strategi pemasaran menggunakan media sosial, atau yang mulai akrab dengan istilah social media marketing, alias SMM.

Jenis strategi pemasaran yang satu ini dianggap efektif untuk menawarkan produk, baik barang maupun jasa. Anda dapat menawarkan produk lewat berbagai platform sosial media seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan Youtube.

Konten pemasaran yang digunakan umumnya berupa tulisan, gambar, dan video. Buatlah yang bagus agar calon pelanggan tertarik dengan apa yang Anda jual. Bahkan kini hampir semua platform media sosial memiliki fitur iklan berbayar yang dapat digunakan untuk memunculkan iklan ke pengguna media sosial yang telah ditargetkan.

Baca Juga : Tutorial Cara Beriklan di Facebook Ads

4. Konten Marketing

Jenis strategi pemasaran lain yang dianggap masih awet sampai kapanpun adalah konten marketing. Konten marketing adalah salah satu strategi pemasaran untuk merencanakan, membuat, dan mendistrisbusikan konten tersebut secara tepat sasaran kepada audiens. Tujuanna tak lain untuk menarik minat para audiens untuk mengenal produk, hingga kemudian melakukan pembelian.

Konten marketing dapat berupa gambar, tulisan, audio, video,dan lain sebagainya. Namun, hal yang paling penting dari konsep konten marketing adalah membuat konten semenarik mungkin, dan dilakukan secara terus-menerus.

5. Email Marketing

jenis strategi pemasaran

Selanjutnya adalah email marketing. Email marketing merupakan aktivitas pemasaran dengan mekanisme mengirimkan email yang berisi penawaran produk, informasi produk, penawaran keanggotaan, promosi, dan lain sebagainya. Jenis strategi pemasaran jenis ini ditargetkan secara langsung kepada orang yang memiliki ketertarikan lebih pada produk Anda.

Email marketing adalah untuk meningkatkan penjualan, dari konsumen lama dan konsumen baru. Namun untuk melakukan strategi pemasaran jenis ini, Anda harus memiliki data email audiens terlebih dahulu. Jika tidak ada, kepada siapa Anda akan mengirimkan email marketing?

Mengapa Harus Melakukan Strategi Pemasaran Online?

Di era digital seperti saat ini perlu melakukan strategi pemasaran yang efektif dan efisien. Dari menggunakan blog dan media sosial, sampai menggunakan situs kupon. Berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda harus menerapkan strategi pemasaran online:

1. Jangkauan yang sangat luas

Pemasaran digital memiliki jangkauan yang sangat luas. Hal ini juga tidak bisa dilepaskan dari banyaknya jumlah pengguna internet. Di Indonesia misalnya. Terdapat sekitar 140 juta pengguna internet di Indonesia. Pengguna Facebook juga sangat banyak, mencapai 120an juta pengguna. Anda bisa menjangkau ratusan juta pengguna tersebut dengan strategi pemasaran.

2. Target yang Spesifik

Dengan pemasaran digital, Anda bisa mengatur target pengguna spesifik yang dapat melihat pengguna iklan Anda. Anda juga bisa mengatur iklan untuk tampil di perangkat apa saja. Misalnya dari desktop, tablet, dan smartphone. Anda dapat mengatur agar iklan tampil di semua perangkat tersebut atau hanya pada salah satunya.

3. Mudah

Meskipun sudah sangat familiar, tak sedikit orang yang menganggap pemasaran digital sebagai hal yang ribet dan sulit. Padahal sejatinya, strategi pemasaran digital tidak sesulit yang dibayangkan.

Kesimpulan

Itulah tadi jenis strategi pemasaran digital yang paling efektif. Jangan ragu untuk mencoba pemasaran digital. Tak hanya punya jangkauan luas dan mudah, pemasaran digital juga lebih terukur dan hemat biaya. Tidak percaya?

Onlinekan bisnis Anda sekarang juga dengan website toko online Jejualan, Buka Toko Online Cuma 20 Detik. Klik di sini untuk informasi lebih lanjut.

Send Comment