Apakah Anda memiliki situs WordPress yang berubah menjadi masalah saat dikelola? Mungkin karena strategi manajemen plugin Anda perlu perbaikan. Plugins di WordPress dimaksudkan untuk membuat hidup lebih mudah, tetapi jika Anda salah mengelola maka dapat menciptakan hasil yang berlawanan. Plugin sangat membantu saat Anda tidak memiliki waktu atau keahlian untuk memperluas fungsi situs WordPress Anda sendiri.

Masalah Plugin WordPress

Pada dasarnya, plugin adalah suatu script tambahan yang dirancang untuk melakukan fungsi tertentu di WordPress Anda. Fungsi tambahan dari plugin inilah yang membuat WordPress menjadi powerful saat membuat website. Berikut adalah beberapa masalah plugin yang umum:

  • Plugin Yang Tidak Fokus: Terkadang plugin hanya mencoba melakukan terlalu banyak. Karena mencoba melakukan semuanya (seperti mencoba menangani SEO dan Keamanan), maka mereka lebih sering tidak melakukan dengan baik dalam mengerjakan tugas apa pun.
  • Plugin Yang Berhenti: Kode yang tidak efisien dari pengembang web yang bermaksud baik bisa memperlambat situs Anda.
  • Plugin Berulang: Terlalu banyak plugin melakukan pekerjaan yang sama dan disebabkan oleh pemilik situs WordPress yang tidak yakin apa yang harus diunduh.
  • Dukungan Yang Buruk: Bila Anda mengalami kesulitan menggunakan plugin, maka Anda perlu mendapatkan jawaban yang tersedia 24/7. Terkadang banyak dukungan yang tidak tersedia dengan baik dan membuat Anda menunggu terlalu lama.
  • Plugin Yang Terlupakan: Jika itu adalah plugin keamanan, tidak akan ada gunanya jika update terakhir adalah tahun lalu. Apa yang bekerja pada saat itu, mungkin sekarang sudah usang.

Tips Berguna Untuk Menjaga Plugin Di Bawah Kontrol

Plugin bertanggung jawab melayani situs Anda untuk waktu yang lama, jadi sebaiknya lakukan peninjauan mendalam tentang plugin yang dipilih. Sebelum Anda mulai mencari jenis plugin yang tepat, tentukan apa saja kebutuhan Anda dalam situs web. Ini bisa sangat membantu untuk membuat Anda tetap fokus di antara berbagai pilihan.

Sementara berbicara tentang fokus, Anda juga perlu memilih plugn yang dapat fokus dalam melakukan satu hal dengan sangat baik. Perhatikan komentar dan masukan yang diberikan pengguna lain, apakah ditemukan masalah umum dalam plugin tersebut dan seberapa sering komentar tersebut ditanggapi.

Penting juga untuk memeriksa plugin Anda dari waktu ke waktu. Pembaruan plugin adalah tanggung jawab bagi pencipta dan pengguna. Syukurlah WordPress membuat ini lebih mudah dengan menunjukkan pemberitahuan jika ada plugin yang perlu diupdate dan bahkan membiarkan Anda menyaring semua plugin yang dimiliki untuk diupdate. Sebelum menginstal plugin, pastikan untuk memeriksa seberapa sering mereka diperbarui.

Plugin Favorit Dan Teruji

Berikut adalah beberapa plugin favorit dan teruji yang umum digunakan dalam situs WordPress dan membantu berbagai bidang dalam membuat situs yang hebat.

Keamanan (Wordfence Security)

WordPress adalah CMS yang begitu populer dan ini menjadi target hacker besar sehingga keamanan Anda perlu diperketat. Dengan plugin ini, Anda dapat mengatur tugas seperti kekuatan kata sandi, memantau firewall, dan memeriksa keamanan secara otomatis.

SEO (Yoast)

Yoast membantu Anda mengelola SEO dan mencegah membuat kesalahan. Fitur utama dari plugin ini adalah mengidentifikasi penggunaan kata kunci yang benar pada halaman. Fitur kunci lainnya adalah Yoast dapat menganalisis arsitektur situs web secara keseluruhan dan menyoroti apa yang terstruktur dengan benar.

Galeri Gambar (Photo Gallery)

Ini adalah plugin yang menawarkan solusi saat Anda harus menggunakan konten berbasis gambar yang berat di WordPress. Plugin ini menawarkan antarmuka pengguna yang menarik dengan berbagai macam alat pengelolaan gambar serta presentasi gambar yang menarik dan mudah disesuaikan.

Send Comment


seven × 1 =