Banyak cara yang bisa dilakukan untuk melakukan pembayaran digital hari ini. Ya, ini semua berkat teknologi keuangan yang semakin maju. Apalagi, teknologi telah mengalami perkembangan yang sangat signifikan dalam 20 tahun terakhir. Misalnya, dulu, untuk melakukan pembayaran satu-satunya cara adalah via transfer bank di ATM, kini, lebih mudah lagi. Hanya dari ujung jari tangan, dan pembayaran berhasil. Seller akan langsung mengirim barang, dan konsumen tinggal duduk manis menunggu. 

pengertian paypal

pengertian paypal

Ada banyak platform payment gateway yang bisa digunakan hari ini. Sebagai penjual, semakin banyak cara pembayaran yang disediakan, tentu akan menyenangkan konsumen. Karena mereka merasa dimudahkan. Dan salah satu platform pembayaran yang sangat populer dua dekade terakhir adalah Paypal. 

Siapa yang pernah mendengar namanya? 

Kalau kamu sering melakukan transaksi online, terutama transaksi dari luar negeri, setidaknya pasti pernah menggunakan Paypal barang sekali. Dan bukan tanpa alasan Paypal dipilih. Meskipun kini ada sangat banyak sekali platform pembayaran digital. 

Salah satu keuntungan menggunakan Paypal adalah karena Paypal dapat diterima sebagai pembayaran internasional. Hanya saja, ternyata masih banyak orang yang belum familiar dengan apa itu Paypal. 

Lantas, apa sih, sebenarnya Paypal itu? Dan Bagaimana cara menggunakannya? 

Untuk menjawab rasa penasaran Kanca Jejualan semuanya, kami akan menjelaskan tentang pengertian Paypal, manfaat, dan cara menggunakannya. Jadi, silakan simak artikel ini sampai selesai, ya. 

Pengertian Paypal

Banyak yang akan bertanya-tanya, sebenarnya, Paypal itu, apa sih? Dikutip dari Pocket Lint, Paypal adalah layanan keuangan digital yang memungkinkan penggunanya melakukan dan menerima pembayaran lewat jaringan internet. Caranya menggunakannya, secara umum sangat mudah. 

Pada akun Paypal, nantinya kamu bisa dengan mudah menambahkan akun bank, kartu kredit dan kartu debit. Kamu juga bisa menentukan metode pembayaran default yang bisa digunakan. Dan ya, tidak hanya melakukan pembayaran, kamu juga bisa menerima uang dengan akun Paypal-mu. 

Baca Juga: Instagram Marketing Tools Untuk Pemula

Bila kamu adalah orang yang senang berbelanja barang dari luar negeri, menggunakan Paypal dapat membuat aktivitas belanjamu lebih menyenangkan.  Dan selama tidak terjadi konversi mata uang, Paypal tidak mengenakan fee pada setiap transaksi. Lain halnya kalau kamu melakukan penarikan, Paypal mengenakan biaya penarikan. 

Kemunculan Paypal tak bisa dilepaskan dari andil eBay.platform yang awalnya adalah rumah lelang tersebut menggunakan Paypal sebagai platform pembayaran. Sampai kemudian menjelma menjadi salah satu platform online shopping terkemuka di dunia. Dan sejak tahun 2015, Paypal dan eBay akhirnya berpisah jalan, menjadi dua entitas perusahaan yang berdiri sendiri-sendiri. Kini, Paypal sendiri telah digunakan lebih dari 179 juta pengguna aktif, 100 jenis mata uang di seluruh dunia. Paypal, juga telah menjangkau lebih dari 200 jenis pasar di dunia. 

Manfaat Menggunakan Paypal

Paypal adalah salah satu metode pembayaran yang palin cepat dan mudah digunakan. Metode pembayaran yang satu ini telah banyak digunakan di banyak situs ecommerce dunia. Seperti eBay, Amazon, dan Alibaba. Berikut adalah deretan manfaat yang bisa kamu peroleh menggunakan Paypal: 

1. Menawarkan Fleksibilitas Untuk Seller

Bukan hanya bagi para buyer atau pembeli, Paypal juga sangat bermanfaat untuk para seller atau penjual yang menawarkan barangnya di situs marketplace. Ya, seorang penjual dapat menerima transaksi lebih cepat dan mudah dari pembeli saat mereka memutuskan membeli barang secara online. 

Pembeli tinggal menggunakan kartu kredit atau kartu debit untuk melakukan pembayaran. Baru kemudian uang akan dengan mudah masuk ke akun penjual. Bagi para penjual, fleksibilitas yang ditawarkan oleh Paypal adalah dapat membantu mereka untuk fokus lagi dalam meningkatkan kualitas barang dan kualitas layanan. 

2. Cepat

Seperti pada bagian sebelumnya artikel ini, transaksi menggunakan Paypal sangat mudah dan cepat. Penjual dan pembeli dapat menyelesaikan transaksi dengan cepat dan mudah. Karena, proses transfer dari sesama akun Paypal atau dari akun Paypal ke rekening bank hanya memakan waktu maksimal 24 jam. 

3. Biaya Admin yang Terjangkau 

Menggunakan Paypal untuk aktivitas transaksi, kamu akan dikenakan biaya administrasi. Tapi tenang saja, biaya administrasi tersebut, bisa dikatakan sangat terjangkau. Admin fee ketika menggunakan Paypal adalah 30 sen dolar AS per transaksi, ditambah dengan 3% dari total jumlah transaksi. 

4. Transaksi Aman

Melakukan transaksi menggunakan Paypal, aktivitas pembelian misalnya, dapat digolongkan sebagai transaksi yang aman. Hal ini tak lepas dari jaminan keamanan yang diberikan Paypal untuk para penggunanya. 

Jika kamu adalah pembeli, dapat menghubungi Paypal jika ditemui masalah pada pesanannya. Misalnya seperti kondisi barang yang tidak sesuai deskripsi, atau barang terlambat sampai dari waktu yang ditentukan. 

Untuk penjual, Paypal sangat aman dan tak perlu takut terjadi penipuan yang mungkin saja dilakukan oleh pembeli. 

5. Jaminan Privasi

Salah satu alasan mengapa Paypal sangat banyak digunakan adalah karena jaminan privasi yang diberikannya. Ya, kamu tak perlu lagi khawatir,sebab Paypal menjaga kerahasiaan data dirimu, dan tidak akan menyebar kemana-mana. Hal ini juga mengurangi potensi penggunaan akun. 

6. Kemudahan Melacak Histori Transaksi 

Saat menggunakan Paypal, kamu dapat dengan mudah melihat transaksi apa yang telah dilakukan sebelumnya. Dengan mengetahui histori transaksi, akan membantumu untuk melacak kemana uangmu mengalir. 

7. Diterima Secara Internasional

Sejak awal kemunculannya, Paypal adalah platform yang sudah diterima secara internasional. Hampir semua platform ecommerce yang ada dunia, menerima Paypal sebagai salah satu metode pembayaran pada platform mereka. 

Dengan Paypal, kamu bisa melakukan transaksi internasional dengan mudah dan cepat. 

Cara Menggunakan Paypal Untuk Belanja 

pengertian paypal

Meskipun sudah banyak orang yang tahu pengertian Paypal, tak sedikit juga yang masih bingung, bagaimana cara menggunakan Paypal untuk belanja. Sebelum menggunakan Paypal, setidaknya ada dua hal yang harus kamu perhatikan, yaitu: 

  • Perangkat yang terkoneksi internet. 
  • Rekening bank/kartu kredit/kartu debit. 

Berikut langkah-langkah cara menggunakan Paypal

1. Masuk ke website Paypal

Kalau kamu belum mempunyai akun Paypal, kamu harus mendaftarkan diri terlebih dulu. Pergilah ke situs Paypal, kemudian klik Sign Up

2. Pilih Jenis Akun 

Setelah klik Sign Up, kamu harus memilih jenis akun, yaitu akun bisnis atau akun pribadi. Jika kamu menggunakannya untuk diri sendiri, silakan pilih akun pribadi. Setelah itu, klik  lanjutkan

3. Mengisi Data Diri

Selanjutnya, kamu diminta untuk memasukkan data diri. Yang meliputi nama, alamat email, dan password. Jika semua sudah terisi, silakan klik Next

4. Isi Alamat Lengkap 

Kemudian, isilah alamat lengkap, tempatmu menerima barang. Setelah semua terisi, jangan lupa membaca dan mencentang box terms and condition. 

5. Pemilihan Aktivitas

Pada tahapan ini, kamu diminta untuk memilih peruntukan, yaitu belanja online atau mengirimkan uang pada orang lain. Silakan pilih belanja online. Lalu klik Get Started

6. Menambahkan Kartu Kredit atau Kartu Debit

Silakan menambahkan kartu kredit atau kartu debit untuk melakukan transaksi. 

Mulai Belanja 

Ketika akan belanja menggunakan Paypal, kamu tinggal klik logo Paypal dan login menggunakan akun yang telah kamu buat sebelumnya. Nantinya, setelah melakukan pembayaran, Paypal akan mengirimkanmu tanda bukti transfer yang telah terjadi. 

Penutup

Menggunakan Paypal memberikan banyak kemudahan dalam transaksi belanja. Semoga artikel ini dapat membuat Kanca Jejualan memahami pengertian Paypal dan cara menggunakannya. 

Wujudkan ide bisnismu dengan website toko online dari Jejualan. Dapatkan berbagai fitur terbaik toko online harga terjangkau dari Jejualan, Buka Toko Online Cuma 20 Detik. 

Send Comment