Memahami psikologi warna untuk marketing bisnis merupakan hal yang paling penting untuk diperhatikan. Dalam psikologi, hal ini disebut sebagai efek isolasi menyatakan bahwa barang yang menonjol dan menarik akan lebih mudah untuk diingat. Untuk itu para pebisnis online sudah seharusnya menerapkan psikologi warna dalam memasarkan produk. Hal ini karena penerapan psikologi warna mampu membuat barang  lebih menonjol dibanding barang lainnya sehingga calon konsumen lebih tertarik untuk membeli produk tersebut.

Psikologi warna untuk marketing kini juga menjadi salah satu strategi untuk memasarkan produk yang paling mudah. Bahkan beberapa penelitian telah menyebutkan bahwa pada kenyataanya calon pembeli mampu mengenali dan mengingat barang dengan lebih baik ketika warna yang digunakan terlihat lebih menonjol dari yang lain. Itulah yang dinamakan dengan penerapan marketing bisnis berdasarkan psikologi warna.

Apa Itu Psikologi Warna?

Psikologi warna adalah ilmu yang memperlajari serta mengindentifikasi mengenai persepsi manusia terhadap warna benda yang ada di alam atau sekitarnya. Anda harus paham bahwa warna merupakan salah satu bentuk komunikasi non verbal yang digunakan para pebisnis online dalam memberikan pesan secara cepat dan tepat kepada orang yang melihatnya. Ini juga bisa digunakan sebagai komunikasi visual yang handal untuk beberapa tujuan, salah satunya untuk branding, penjualan maupun marketing perusahaan.

Psikologi Warna

Bagaimana Psikologi Warna Dapat Mempengaruhi Marketing Bisnis?

Sebuah warna ternyata mampu memberikan dampak teehadap emosi, psikologi dan cara bertindak manusia bahkan memiliki ilmu komunikasi visula yang menggunakan warna sebagai metode penyembuhan atau yang sering disebut dengan istilah Colourology.

Setiap warna memiliki efek yang berbeda dan panjang gelombang energi yang berbeda juga. Dengan menggunakan berbagai nuansa warna pada branding, promosi, serta cara memasarkannya mala dapat memberikan stabilitas serta peningkatan penjualan yang maksimal. Pemilihan warna yang tepat pada suatu brand akan memberikan dampak yang kuat terhadap psikologi seseorang.  Jika Anda memilih warna yang tepat tentu akan memberikan peranan penting pada bisnis yang sedang Anda jalankan.

Mengapa Psikologi Warna Sangat Penting Untuk Marketing Bisnis?

Berdasarkan sebuah penelitian, orang akan cenderung mengenal brand melalui bentuk dan warna. Inilah beberapa alasan mengapa warna sangat penting untuk marketing bisnis.

1.Warna mampu menjadi identitas sebuah brand

Bagi Anda yang sudah lama berkecimpung di bisnis online, pastinya mempunyai alasan yang kuat dalam memilih warna. Hal ini karena orang akan lebih mengingat warna ketika membeli sesuatu. Brand dengan warna yang cocok juga akan melekat di hati pembeli.

2.Mampu mempengaruhi keputusan demografis target pasar

Dalam hal ini Anda dapat mengidentifikasi kesesuaian produk Anda dengan audiens menggunakan warna. Sebagai contoh, ketika produk yang Anda jual dikhususkan untuk perempuan, maka Anda bisa menggunakan warna-warna  yang feminim seperti merah mudah dan warna cerah lainnya. Hal lain juga bisa Anda sesuaikan melalui warna.

3.Warna bisa dijadikan sebagai ciri khas

Semakin banyaknya bisnis online tentu akan banyak persaingan. Dan ini tak mungkin jika mereka memilih warna yang sama. Biasanya warna yang dipilih akan secara otomatis menjadi ciri khas produk Anda. Jadi jangan hanya asal dalam memilih warna. Pastikan Anda memilih warna yang sesui dengan produk Anda.

4.Memberikan kesan yang dalam

Bagi seorang pebisnis, tentunya memilih warna untuk produk bukanlah sembaragan. Kebanyakan dari mereka cenderung memberikan kesan yang lebih dalam kepada para calon konsumen. Dengan memanfaatkan warna, maka Anda akan mendapatkan keuntungan seperti menarik minat pengunjung, mengarahkan pengunjung melakukan transksi dan  masih banyak lainnya.

Psikologi Warna

Makna Psikologi Warna Untuk Marketing Bisnis

1.Warna Biru

Anda yang memilih warna ini memiliki makna yang menjadi simbol kekuatan. Selain itu warna biru juga melambangkan suatu hubungan yang profesionalitas, kecerdasan dan menggambarkan kepercayaaan diri yang tinggi.

2.Warna Orange

Jika Anda ingin memberikan kesan yang hangat dan kuat, maka pilihan warna yang tepat adalah warna orange. Tak heran mengapa warna ini selalu dijadikan salah satu warna pada website jualan online. Hal itu agar Anda lebih kuat untuk membeli produknya.

3.Warna Kuning

Warna kuning akan memberikan kesan yang lebih optimis. Ini juga sering dipakai untuk warna logo karena sangat erat kaintannya dengan warna untuk menarik perhatian. Warna kuning juga dapat memberikan kesan yang segar dan dapat membangkitkan semangat.

4.Warna Hitam

Warna ini akan memberikan kesan yang mendalam. Anda bisa mengombinasikan dengan warna-warna lain yang lebih cerah sehingga hasilnya akan lebih hidup. Selain itu warna hitam juga akan memberikan kesan yang mewah dan melambangkan ketegasan.

5.Warna Merah

Untuk memberikan kesan yang berani dan kuat, maka warna psikologi yang tepat adalah warna merah. Produk yang lebih memilih warna merah juga akan menggugah semangat dan memiliki kesan yang lebih menarik.

6.Warna Ungu

Warna yang satu ini memang sukses memberikan kesan yang mewah dan anggun. Produk yang lebih memilih warna ungu juga akan memberikan kesan yang mampu menciptakan imajinasi dan lebih memukau.

7.Warna Hijau

Berdasarkan unsur psikologi, warna hijau merupakan warna yang mampu menciptakan kesan yang terus bertumbuh dan berkembang pada suatu bisnis. Maka tak heran jika banyak pebisnis yang tahu akan psikologi warna selalu memilih warna hijau. Ternyata memang memiliki kesan tersendiri.

Psikologi Warna

8.Warna Putih

Kesan elegan, bersih dan murni ini bisa Anda dapatkan dari warna putih. Banyak produk-produk yang sudah mendunia dengan memilih perpaduan warna putih karena memiliki efek psikologi yang bagus. Warna putih juga mampu memberikan kesan yang ramah dan santun dalam hal pelayanan.

9.Warna Coklat

Dilihat dari warnanya sudah sangat terlihat kalau coklat mampu memberikan kesan yang sederhana dan klasik. Banyak brand yang memilih warna coklat karena memiliki tujuan agar konsumen bisa lebih merasakan unsur klasik dari produk yang Anda jual.

10.Warna Jingga

Warna Jingga yang Anda pilih untuk produk Anda akan memberikan kesan yang menonjol dan antusiasme. Anda bisa memilih warna ini agar produk yang Anda juga lebih menonjol dibandingkan dengan produk lainnya.

Itulah makna psikologi warna dalam marketing bisnis dan alasan mengapa psikologi warna sangat penting untuk marketing bisnis. Ada banyak hal yang  harus Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk membuka bisnis, salah satunya adalah seputar psikologi warna yang penting untuk marketing dan branding.

Jangan lupa jika Anda membutuhkan jasa pembuatan toko online bisa memilih Jejualan yang bisa Anda hubungi melalui layanan SMS, whatsapp dan line Account.

Send Comment