JOM

IMG_20150222_172118

Hellooo … setelah JOM #13 bulan januari kemarin membahas mengenai promosi online, untuk JOM #14 ini kita mengulas tentang promosi offline dong ya.

Jadi walaupun bisnis kita online, pastinya tidak bisa lepas dari yang namanya promosi secara offline, sesuai dengan tema kemarin yaitu “Promosi Offline Efektif, Bisnis Online Semakin Aktif”.

Mas Ferry Irawan owner dari nokenasracing.com memberikan tips dan trik promosi secara offline. Mas Ferry mengawali dengan memperkenalkan usaha yang beliau tekuni saat ini. Disamping nokenasrasing beliau juga mengelola mangroveprinting yang bisa kita lihat laman websitenya di promomangrove.com. Beliau mengawali usahanya dari masa kuliah hingga sekarang.

Menurut Mas Ferry, promosi offline yang paling efektif bisa menggunakan :

  1. Round Tag
  2. Flyer
  3. Baliho

Round Tag bisa dipasang di area yang strategis dan di tempat yang tidak mudah diambil oleh pesaing kita atau di tempat-tempat dengan lokasi yang agak tinggi untuk mengantisipasi agar tidak mudah dijangkau orang lain tanpa menggunakan alat bantu apapun. Kemudian round tag sebaiknya diisi dengan materi yang penting saja, tidak perlu terlalu banyak tulisan yang membuat mata lelah dan membuat pembaca round tag berfikir lagi untuk memahami isinya. Bisa diisikan materi yang mudah melekat diingatan pembaca dan ditonjolkan kelebihan dari produk kita, misalnya murah, berkwalitas, dll. Agar lebih mudah dan effisien, kita bisa memakai jasa pasang round tag, karena untuk pengurusan perijinan sudah include di penyedia jasa pasang round tag tersebut.

Selain kartu nama, flyer masih menjadi jurus paling gampang untuk mengenalkan usaha online kita, karena harga yang relatif murah. Flyer bisa berisi informasi lengkap serta bisa disebarkan di berbagai tempat. Kita juga lebih mudah membawa flyer ini kemana-mana.

Baliho masih menjadi idola untuk promosi offline, akan tetapi dengan biaya yang memang lebih mahal, baliho ini bisa didapat dengan harga mulai 1 juta sampai puluhan juta rupiah. tergantung dari lokasi yang dipilih dan lama waktu tayangnya.

Selain 3 hal diatas, promosi offline tetap efisien juga menggunakan jurus jitu dengan media dari mulut ke mulut atau dengan memperkenalkan nama bisnis online atau website kita ke relasi maupun ke teman-teman.

Dengan memperkenalkan nama bisnis online tentunya akan membantu mengenalkan usaha yang kita miliki secara nyata ke masyarakat, hal ini  juga bisa menambah kepercayaan serta akan menambah pengunjung ke website, yang nantinya akan berdampak pada SEO dari usaha online kita.

Nah itu tadi sedikit tips dan trik dari Mas Ferry Irawan di JOM #14, semoga bisa bermanfaat untuk mendongkrak penjualan usaha online teman-teman. Trimakasih Banyak Mas Ferry Irawan untuk sharingnya 🙂

Eh iya, di JOM #14 kemarin ada 2 peserta yang mendapatkan voucer dari kulineran.com nih. Beliau adalah Mas Bayu dan Mas Saputra. Jadi kulineran.com sekarang sudah bisa diunduh dari iphone maupun android yaaa, bagi teman2 yang malas untuk keluar makan karena panas … hujan … angin … atau karena ada meeting mendadak dan belum prepare untuk konsumsinya, silakan akses saja kulineran.com “tingal klik dan pesananmu akan segera diantar” 😀

Tunggu update kita untuk tema JOM selanjutnya yak, bisa follow @jogjameetup atau like jogja onliner meetup 🙂

Sampai ketemu di JOM #15 JOMers 🙂

Send Comment

Captcha *