digital marketing

Digital marketing adalah suatu usaha untuk mempromosikan sebuah merek dengan menggunakan media digital yang dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu, pribadi, dan relevan. Tipe pemasaran digital mencakup banyak teknik dan praktik yang terkandung dalam kategori pemasaran internet. Pada artikel berikut, kami akan memberikan beberapa tips untuk memulai digital marketing yang sukses.

1. Selalu Update

Perkembangan dalam dunia digital memang sangat cepat dan sering tidak terpikirkan sebelumnya. Satu-satunya cara menghadapi kondisi ini ialah dengan senantiasa memperbarui informasi dan tren terkini dari waktu ke waktu atau selalu update.
Hal-hal yang perlu Anda update secara berkala diantaranya tren dunia dan negara hari ini, teknik media digital terbaru, strategi teranyar yang dilakukan perusahaan ternama, dan lain sebagainya. Intinya semua hal yang bisa menunjang segala aktivitas pemasaran digital yang tengah Anda lakukan.

2. Perhatikan Bisnis Secara Keseluruhan

Walaupun Anda menyukai bisnis yang Anda lakukan, coba agar tetap jujur ketika melihatnya secara keseluruhan. Pelaksanaan digital marketing yang berhasil terjadi dengan perbaikan pada setiap aspek bisnis Anda. Lihat lebih dalam dan coba menerima jika memang masih ada produk atau layanan yang buruk dan perbaiki kesalahannya.

3. Memahami Cara Kerja Seluruh Jejaring Sosial

Sangat penting untuk Anda pahami bahwa prospek bisnis Anda adalah secara online. Apakah target demografik Anda akan berada di Facebook atau LinkedIn? Dengan seluruh jejaring sosial di dunia maya, terlihat sedikit tidak mungkin untuk masuk ke dalam seluruh media sosial yang ada. Oleh sebab itu, pikirkanlah terlebih dahulu platform mana yang paling sesuai dengan profil perusahaan Anda berdasarkan rating pelanggan yang paling sering berinteraksi dengan perusahaan Anda.

pemasaran

4. Membangun Jaringan

Jaringan adalah kunci. Semakin luas dan besar jaringan yang Anda miliki, tentu semakin besar pula peluang Anda untuk memasarkan produk secara lebih luas lagi. Dalam dunia digital, pembuatan jaringan ini bisa jadi lebih mudah dan bisa juga lebih sulit daripada membangun jaringan pada dunia nyata. Kemudahan bisa didapat ketika Anda bisa membuat langkah-langkah networking yang tepat, sementara kesulitan bisa selalu Anda temui apabila cara Anda membuat jaringan kurang tepat.

5. Sempurnakan Layanan Pelanggan

Ulas interaksi antara Anda dan pelanggan di website dan sosial media, baik melalui komentar, email ataupun panggilan telepon. Walaupun bisnis atau merek Anda sudah dikenal banyak orang, pastikan layanan pelanggan Anda terlaksana dengan sangat baik. Dengan demikian proses digital marketing hingga ke transaksi akan terlaksana dengan lancar.

6. Periksa Penjualan dan Pemasaran

Berasal dari mana konsumen dan penjualan Anda ? Apakah mereka datang dari platform online atau malah offline ? Tahukah Anda ada berapa banyak kunjungan website yang diperlukan sebelum akhirnya menghasilkan lead (prospek) pada website Anda ? Selain itu, ada berapa lead yang menjadi konsumen? Jika Anda susah untuk mencari semua jawaban tersebut maka Anda bisa memanfaatkan Google Analytics.

Itulah beberapa tips untuk memulai digital marketing yang sukses. Salah satu cara untuk memulai digital marketing adalah dengan membangun toko online. Jejualan merupakan salah satu jasa pembuatan toko online yang handal dan terpercaya. Fitur menarik yang ditawarkan Jejualan juga beragam seperti kemudahan dalam membuatnya, memiliki banyak pilihan desain menarik, harga yang terjangkau, hingga gratis domain .com dan .net seumur hidup. Segera daftarkan bisnis Anda menggunakan Jejualan dan dapatkan free trial hingga 15 hari.

Send Comment


3 + eight =