SEO

Tahun 2015, adalah tahun dimana banyak entrepreneurs menyusun kembali strategi ecommerce mereka. Namun, untuk terjun langsung ke dalam startup ecommerce tanpa pengetahuan yang cukup dan pemahaman yang baik tentang bagaimana model bisnis itu bekerja bisa sangat membingungkan. Secara khusus, entrepreneurs harus belajar tentang apa itu SEO.

Alasan kenapa SEO penting untuk situs ecommerce

SEO merupakan bagian penting dari strategi internet marketing setiap organisasi/perusahaan. SEO berada diantara content marketing dan web design yang menjadi salah satu dari tiga bagian penting dari kesuksesan internet.

Bayangkan bagaimana jika situs kita tidak mendapat traffic dari Google, Yahoo, atau Bing. Dalam kebanyakan kasus, search engine bisa mempengaruhi traffic situs 50 hingga 90 persen.

Situs ecommerce jelas memerlukan SEO yang baik, karena search engine merupakan sumber pencarian terpercaya yang bisa menghasilkan traffic untuk situs ecommerce. Tanpa search engine, situs ecommerce tidak akan mudah ditemukan.

Menurut survei tahun 2014 tentang perilaku online, “46% pembeli menggunakan search engine untuk mencari produk yang mereka inginkan”. Oleh karena itu, situs ecommerce yang tidak memaksimalkan SEO jangan berharap akan mendapatkan traffic dari hasil pencarian.

Jadi, SEO adalah salah satu kunci dari keberhasilan ecommerce. Desain yang intuitif, konten yang berkualitas akan sia-sia jika tanpa SEO.

Tips SEO untuk situs ecommerce

Bagi entrepreneurs yang baru pertama kali terjun ke situs ecommerce, SEO bisa jadi seperti terowongan panjang dan gelap dengan sedikit cahaya di ujungnya. Itu karena SEO adalah sebuah proses jangka panjang dan membutuhkan waktu untuk mendapatkan hasilnya. Tapi, percayalah seiring berjalannya waktu, resource dan waktu yang kita keluarkan akan terbayar dengan hasil SEO yang berkali-kali lipat.

  • Fokus membangun pondasi SEO yang kuat, bukan hanya bersifat sementara.
  • Lakukan riset keyword untuk mencari local dan long tail keywords.
  • Hindari duplikat konten.
  • Buat situs yang ‘crawl-able’ (mudah dijangkau oleh robot search engine).
  • Optimalkan penggunaan gambar produk.
  • Kurangi waktu load yang lama.
  • Perbaiki link yang rusak.
  • Lakukan analisis menggunakan Google Analytics.

Investasi di SEO sekarang juga!

SEO merupakan komponen yang sangat penting untuk setiap situs ecommerce. Tidak peduli apakah situsmu masih baru atau sudah lama, SEO tetaplah sebuah keharusan. Dengan berinvestasi di SEO, itu sama halnya dengan membangun pondasi yang kuat untuk masa depan bisnis kita. Kuncinya adalah jangan putus asa dan jangan takut gagal!

1 Comments

ardhean -

Setuju. SEO tetap akan menjadi kontributor terbanyak terhadap traffic website kita. Dengan FB ads yang semakin mahal, sepertinya SEO layak unt diperjuangkan

Send Comment