Perkembangan bisnis food truck terjadi karena adanya tren yang berkembang di berbagai kota.  Bahkan Di Amerika, bisnis food truck memang diakui sebagai salah satu bisnis kekinian dengan peluang berkembang sangat besar. Jenis bisnis ini memang cocok untuk semua kalangan. Banyak pebisnis kuliner yang mencoba peluang ini karena cukup menjanjikan. Khususnya di kota-kota besar, bisnis makanan memang tak pernah ada matinya. Apalagi makanan juga merupakan kebutuhan pokok setiap manusia, sehingga gak heran kalau bisnis ini tidak akan pernah kehabisan pelanggan karena kreatifitas para penjual yang bermacam-macam.

Bisnis food truck sendiri memiliki konsep menjual makanan lewat mobil berukuran besar yang terdapat dapur kecil untuk menyiapkan makanan. Agar tak kalah bersaing, para pebisnis kuliner pun terus berinovasi. Salah satu inovasi yang mereka lakukan adalah menjual makanan menggunakan kendaraan dengan desain menarik yang kini sudah populer dengan usaha food truck. Di negara Barat, food truck  memang sudah sangat umum dijumpai. Uniknya, karena di dalam sebuah mobil, food truck pun dapat berpindah-pindah lokasinya.

Konsep unik yang diusung oleh food truck merupakan hal positif yang membawa pengalaman kuliner baru bagi masyarakat. Respon konsumen juga cukup baik. Hal tersebut dapat dilihat dari ramainya jumlah pengunjung yang datang setiap harinya. Sejak mulai merambah ke tanah air di tahun 2013, bisnis food truck memang disambut dengan sangat baik. Terbukti dengan lebih dari 50 bisnis food truck bergabung dalam AFTI (Asosiasi Food Truck Indonesia).

Bisnis Food Truck

Bisnis Food Truck

Mengapa food truck di Indonesia berkembang pesat?

Peluang bisnis di Indonesia sangatlah banyak. Dan yang pasti kebehasilan suatu bisnis ditentukan oleh bagaimana pelaku bisnis melakukan promosi. Lantas mengapa usaha food truck di Indonesia berkembang pesat?

Berikut alasannya;

1. Fleksibel. Hal ini karena Anda bisa berpindah tempat ke berbagai lokasi strategis dengan potensi penjualan yang besar. Jika di satu lokasi memang sepi, maka bisa berpindah ke lokasi lain yang lebih ramai.

2. Secara proaktif dapat mendekatkan produk langsung ke calon konsumen sehingga biaya pemasaran dapat ditekan. Anda tidak perlu memikirkan bagaimana cara untuk mempromosikannya. Tinggal langsung mengantarkan kepada pelanggan.

3. Biaya investasi lebih terjangkau dalam jangka panjang dengan konsep takeaway.

4. Adanya perubahan tren yang memungkinkan bisnis ini terus berkembang.

Bagaimana cara memulai bisnis food truck untuk pemula?

Memulai bisnis food truck tidak sesulit membangun sebuah bisnis pada umumnya. Tetapi Anda tentunya perlu memastikan semuanya berjalan lancar. Semakin banyak peluang dari bisnis food truck, maka semakin banyak orang yang ingin mencobanya. Bagi Anda para pemula yang masih bingung dengan peluang usaha, maka bisnis food truck ini bisa dicoba. Bagaimana cara memulainya?

Berikut tips praktis yang bisa Anda lakukan;

Bisnis Food Truck

Bisnis Food Truck

1. Menentukan konsep

Sudah menjadi hal yang wajar untuk pebisnis memikirkan konsep yang ingin mereka buat. Termasuk untuk jenis bisnis Food Truck. Pikirkan baik-baik mengenai konsep yang Anda inginkan. Bisnis food truck umumnya memiliki reputasi baik dengan makanan dan pelayanan yang luar biasa. Sehingga tak jarang pelanggan rela mendatangi dan mengantre makanan di lokasi yang berubah-ubah. Buatlah konsep yang berbeda dari yang lain sehingga bisnis yang Anda jalankan ini memiliki ciri khas.

2. Buat perencanaan bisnis

Perencanaan bisnis merupakan sebuah gambaran yang akan membimbing bisnis Anda dari fase start-up hingga berkembang. Dan pastinya ini adalah keharusan bagi semua bisnis, tidak peduli apa jenis bisnis Anda. Dengan membuat business plan yang baik, maka Anda akan merealisasikan bisnis Anda dengan mudah.

3. Pikirkan apakah nantinya makanan atau minuman yang akan Anda jual

Produk makanan dan minuman adalah hal paling utama yang harus Anda perhatikan. Untuk food truck, umumnya lebih banyak ke makanan siap saji atau minuman siap saji yang mudah untuk diolah. Hal ini mengingat karena tempatnya terbatas. Sebagai pemula, Anda bisa memilh salah satunya terlebih dahulu. Jika dirasa lebih mudah minuman seperti kopi, jus dan sebagainya, maka Anda bisa fokus dengan menu minuman tersebut.

4. Merancang spesifikasi dan desain truck

Dalam memilih usaha food truck, tentunya desain dan spesifikasi sangatlah penting. Hal ini karena dengan desain unik tentunya akan menarik pelanggan. Anda bisa dengan mudah browsing di internet untuk melihat aneka desain food truck. Desainnya pun beragam, mulai dari yang sederhana, keren hingga vintage. Jangan lupa untuk menyesuaikan dengan tipe minuman yang Anda jual.

5. Menentukan aplikasi kasir yang tepat

Memilih aplikasi kasir yang tepat merupakan salah satu hal yang harus dipertimbangkan. Sebagai mesin kasir yang nantinya akan menyimpan keuangan Anda. Di era yang sudah modern ini, Anda juga tidak perlu untuk menghitung keuangan dengan manual. Mengingat sudah adanya laporan yang dapat Anda akses setiap saat untuk mengetahui kondisi penjualan Anda. Terlebih bagi Anda yang ingin menjalankan bisnis food truck, sebaiknya pilihlah aplikasi kasir yang praktis.

Bisnis Food Truck

Bisnis Food Truck

6. Mengatur anggaran

Jika keuangan pribadi Anda kurang mencukupi untuk menjalankan bisnis tersebut, Anda dapat mengambil pinjaman dari bank, atau pinjaman dari teman dan keluarga. Pastikan Anda sudah menghitung semua anggaran yang dipakai untuk usaha food truck. Dengan begitu akan memudahkan Anda dalam mengelola keuangan selama menjalankan bisnis.
Biaya ini kemudian dilanjutkan dengan biaya operasional seperti biaya sewa lokasi, biaya perawatan, marketing dan iklan, biaya produksi, bahan baku, upah pegawai, dan sebagainya.

7. Memiliki mobil atau truck

Untuk meminimalisir budget, pastikan Anda memiliki mobil atau truck sebelum menjalankan bisnis ini. Dalam menyesuaikan konsep food truck yang telah dibuat sebelumnya, Anda harus memperhatikan ukuran dari kendaraan Anda. Jika kurang leluasa dalam menggunkan, maka Anda bisa memodifikasi sedikit saja.

8. Memperoleh lisensi dan perizinan

Meski lokasinya sering berpindah-pindah, maka bukan berarti Anda lepas dari perizinan. Bagi banyak pemilik bisnis food truck, tahapan ini adalah yang paling sulit, dan yang paling memakan waktu. Tapi hal ini wajib dilakukan. Untuk dapat memperoleh lisensi dan izin usaha, Anda bisa melakukan sendiri dengan mengurusnya ke pemerintah setempat.

9. Mencari tenaga kerja dan membeli asuransi

Jika Anda akan merekrut pegawai, maka tentukan apa saja posisi yang dibutuhkan dan seperti apa kualifikasi yang tepat untuk setiap jabatan tersebut. Jangan lupa juga untuk menjabarkan dengan jelas job description dan kualifikasinya. Selain asuransi bagi tenaga kerja, jangan lupakan juga asuransi bagi keberlangsungan bisnis Anda. Misalnya saja asuransi kendaraan (truck) untuk melindungi aset kendaraan Anda. Dengan begitu Anda akan lebih tenang dalam menjalankan bisnis.

Bisnis Food Truck

Bisnis Food Truck

10. Mulailah untuk menjalankan bisnis

Langkah selanjutnya adalah memulai bisnis food truck. Anda bisa mulai dengan menyusun menu, menentukan lokasi-lokasi bisnis yang akan dikunjungi, hingga menentukan cara pemesanan dan pembayaran. Berbisnis memang harus fokus, namun bukan berarti Anda menolak melihat dunia luar yang mungkin berbeda.

Begitulah tips mudah memulai bisnis ini untuk pemula. Jangan lupa jika Anda membutuhkan jasa pembuatan toko online, Anda bisa memilih Jejualan. Jejualan menyediakan harga dan fitur yang murah namun tetap berkualitas.

Send Comment