modal bisnis

Seringkali dalam memulai usaha, kita sebagai pemula terkendala dengan masalah modal. Modal ini berfungsi sebagai pengadaan awal barang dalam usaha. Namun, Anda harus tahu yang satu ini, bahwa tidak semua bisnis usaha memerlukan modal. Banyak sekali penawaran yang sering terlihat di internet, apalagi yang memberikan perhitungan keuntungan berlipat. Namun, Anda harus jeli, karena beberapa penawaran bisnis tanpa modal justru membuat Anda menggelontorkan dana sekian rupiah hanya untuk membeli produk terlebih dahulu dan berujung penipuan.

Cara memulai bisnis online tanpa modal ini sebenarnya cukup mudah, namun artian modal disini adalah modal operasional. Memulai bisnis ini tentunya memerlukan fasilitas pendukung, apalah artinya bisnis online tanpa perangkat pendukung online? Pada umumnya modal yang dimaksud adalah besarnya nominal yang digelontorkan untuk membangun suatu usaha. Memang dibutuhkan waktu yang lama untuk mempelajari cara memulai bisnis online tanpa modal, namun jika Anda tekun melakukannya maka Anda akan berhasil. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan.

1. Memilih Produk

Anda bisa memilih untuk menjual berbagai macam produk yang berupa kebutuhan primer yaitu sandang atau pakaian yang merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia dan memiliki rating penjualan paling banyak. Selain itu, Anda juga bisa memilih untuk menjual produk lainnya seperti pulsa atau beberapa barang yang banyak diminati. Memilih produk yang benar merupakan salah satu cara jualan online tanpa modal untuk pemula. Dengan memilih produk-produk yang benar dan sesuai maka dagangan Anda makin banyak diminati oleh banyak orang. Terlebih lagi apabila Anda menampilkan foto maupun informasi yang detail mengenai suatu produk tertentu. Hal itu ternyata sangat ampuh untuk mendapatkan hasil yang cukup banyak.

perencanaan bisnis

2. Membuat Perencanaan Bisnis

Sebelum Anda membuat toko online, luangkan waktu Anda untuk menyusun rencana bisnis secara rinci. Apakah Anda berencana mendapatkan dana bantuan dari investor? Hal ini tentunya akan membantu Anda merencanakan langkah-langkah yang akan Anda perlukan untuk membuat bisnis online. Maka untuk mengetahui biaya operasi Anda, perlu dilakukan pemetaan strategi pemasaran.

3. Mencari Mitra Bisnis

Saat Anda akan membuka suatu bisnis, Anda juga harus memiliki beberapa kontak link atau mitra yang bisa Anda ajak untuk bekerjasama sehingga bisnis Anda dapat maju dengan pesat. Untuk memulai suatu bisnis, Anda pasti akan berpikir membutuhkan budget yang sangat besar karena Anda harus menyetok produk-produk yang akan dijual. Sebenarnya, untuk memulai bisnis ini, Anda tidak harus menjual atau menawarkan produk yang Anda miliki. Anda bisa saja menjual ulang produk dari mitra kerja.

4. Membuat Katalog

Membuat katalog produk pada website atau blog. Beberapa fasilitas gratis tersebut bisa Anda ubah menjadi lahan untuk memasarkan produk dengan memajang foto produk, manfaat produk, detail produk, hasil pemakaian produk yang berupa katalog. Salah satu cara memulai bisnis online tanpa modal ini terbukti ampuh sebagai bagian dari strategi pemasaran internet marketing.
Pengunjung dan calon pembeli bisa melihat apa saja yang Anda tawarkan berikut harga dan kondisi produk. Disinilah Anda bisa mengetahui traffic pengunjung laman bisnis online Anda. Setelah Anda memasang katalog penjualan produk, Anda bisa membagikannya pada jejaring sosial seperti Facebook, grup penjualan, Instagram, dan lainnya. Dan ini gratis! Tanpa mengeluarkan modal sepeser pun.

5. Layanan yang Terbaik

Setelah Anda berhasil memulai bisnis online sendiri, maka salah satu hal terpenting adalah menjaga layanan yang tetap prima. Customer akan merasa senang dan kembali ke bisnis Anda jika mereka mendapatkan layanan terbaik.

Demikianlah beberapa cara memulai bisnis online tanpa modal yang bisa Anda coba. Salah satu media untuk mengembangkan bisnis online adalah dengan membuat toko online. Jejualan merupakan salah satu jasa pembuatan toko online yang handal dan terpercaya. Fitur menarik yang ditawarkan Jejualan juga beragam seperti kemudahan dalam membuatnya, memiliki banyak pilihan desain menarik, harga yang terjangkau, hingga gratis domain .com dan .net seumur hidup. Segera daftarkan bisnis Anda menggunakan Jejualan dan dapatkan free trial hingga 15 hari.

Send Comment


3 × three =