bisnis online

Saat ini banyak sekali jumlah masyarakat yang menjadi sarjana namun masih saja menganggur. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai hal seperti lapangan pekerjaan yang sedikit, persaingan yang semakin ketat, hingga sulitnya mencari pekerjaan yang sesuai dengan minat. Untuk menyiasati hal tersebut, Anda dapat mulai dengan menjalankan bisnis online.
Bisnis online dapat dikerjakan dimanapun dan tidak membutuhkan banyak modal. Anda bisa mendapatkan uang dengan mudah tanpa harus keluar rumah. Tentunya, hal ini dapat menghemat waktu Anda dan memperbanyak waktu untuk keluarga. Selain itu, dengan berbisnis online maka Anda dapat menciptakan lapangan pekerjaan sendiri dan mampu menjalankan bisnis sesuai minat Anda.

Cara Memulai Bisnis Online

Bagi Anda yang masih pemula dalam menjalankan bisnis online, tentu membutuhkan cara-cara khusus agar bisnis yang akan dijalankan dapat berkembang dengan baik. Berikut adalah beberapa cara untuk memulai bisnis online yang sukses bagi pemula.

1. Membangun Mindset yang Tepat

Jika pikiran Anda masih dipenuhi dengan keraguan dan ketakutan untuk memulai bisnis online, maka Anda tidak akan bisa menjalankannya. Memulai bisnis online adalah suatu komitmen jangka panjang yang perlu direncanakan dengan matang. Untuk itu, semuanya harus dimulai dari diri Anda sendiri.
Anda harus mempersiapkan mindset yang tepat dengan sikap positif untuk memulai bisnis online. 90% bisnis yang berjalan dapat gagal hanya karena mindset yang salah. Untuk itu, Anda perlu menyusun mindset yang tepat untuk memberikan gambaran yang jelas mengenai bisnis yang akan dijalankan. Jangan lupa juga untuk selalu berpikir agar mendapatkan keuntungan. Dengan kata lain, Anda harus memaksimalkan penghasilan seefektif dan seefisien mungkin.

2. Menentukan Apa yang akan Dijual

Cara memulai bisnis online yang berikutnya adalah menentukan apa yang ingin dijual, apakah berbentuk produk ataukah jasa. Pikirkan dengan matang apa yang menjadi minat Anda dan berpotensi untuk diperjualbelikan, karena pekerjaan akan terasa lebih mudah jika Anda mengerjakan apa yang disukai.
Anda juga harus dapat menyesuaikan produk atau jasa tersebut dengan kebutuhan yang ada di masyarakat. Apakah nantinya hal tersebut dibutuhkan dan banyak peminatnya? Jika tidak, maka Anda hanya sia-sia karena tidak akan terjadi jual beli dan Anda dapat mengalami kerugian.

fasilitas bisnis

3. Menyiapkan Segala Fasilitas

Setelah produk atau jasa sudah ditentukan, maka yang harus dilakukan adalah menyiapkan berbagai perlengkapan penunjang. Beberapa fasilitas yang penting untuk menjalankan bisnis online tentunya adalah jaringan internet, laptop maupun PC, hingga sarana komunikasi lainnya. Hal ini berbeda dengan bisnis offline karena Anda menjual produk atau jasa melalui dunia maya.

4. Uji dan Segmentasi Pasar

Cobalah untuk melakukan riset sebelum Anda terjun membuat sebuah bisnis online. Bedakan apa yang menjadi ciri khas pesaing yang mengusung tema sejenis dengan yang akan Anda buat. Jika Anda sedang berusaha memasarkan produk handmade, maka usahakan bahwa produk tersebut memang unik dan kreatif. Jual dengan beragam harga yang berbeda dan lihat seberapa banyak mereka bisa membayar dan seberapa besar minat konsumen untuk membeli produk Anda. Anda juga bisa melakukan riset terhadap tingkat kepuasan konsumen yang sudah membeli produk online Anda.

5. Meningkatkan Pelayanan

Anda harus lebih peka dan memberikan pelayanan terbaik agar para pembeli tetap memberi kepercayaan pada bisnis Anda dan tentunya sebuah pelayanan yang prima akan menarik perhatian pembeli lainnya. Lakukanlah pelayanana seramah dan seinformatif mungkin agar bisa menarik minat para calon pembeli. Jika perlu, Anda juga bisa memberikan promo maupun diskon menarik.

Itulah kelima cara untuk memulai bisnis online bagi pemula. Bagi Anda yang masih kebingungan, Anda bisa memulainya dengan membuka toko online sendiri menggunakan Jejualan. Jejualan merupakan salah satu jasa pembuatan toko online yang bisa Anda gunakan. Fitur menarik yang ditawarkan Jejualan juga beragam seperti kemudahan dalam membuatnya, memiliki banyak pilihan desain menarik, harga yang terjangkau, hingga gratis domain .com dan .net seumur hidup. Segera daftarkan bisnis Anda menggunakan Jejualan dan dapatkan free trial hingga 15 hari.

Send Comment


5 + = nine