Anda mungkin sudah menggunakan berbagai jaringan sosial media terbesar seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, Instagram, Youtube, dan sebagainya. Tapi ada lebih banyak jenis atau tipe sosial media yang dapat dikategorikan sesuai dengan kebutuhan. Kebanyakan dari Anda pasti menggunakan berbagai jenis sosial media untuk terhubung secara online dengan berbagai alasan. Jadi, daripada kita mengkategorikan jaringan sosial media sesuai dengan minat pengguna saja, dalam artikel ini kami akan berfokus pada 5 kategori umum yang diharapkan dari sosial media.

  1. Jaringan Sosial (Facebook, Twitter, LinkedIn)

Kebanyakan orang menggunakan platform ini untuk terhubung dengan orang atau bisnis secara online. Jaringan sosial terkadang disebut “jaringan hubungan” yang membantu orang-orang dan organisasi terhubung secara online untuk berbagi informasi dan gagasan. Saluran ini dimulai sebagai layanan yang relatif sederhana, misalnya Twitter adalah tempat untuk menjawab pertanyaan “Apa yang sedang Anda lakukan?” dan Facebook adalah tempat Anda bisa memeriksa status hubungan teman sekelas saat dibangku SMA.

  1. Jaringan Berbagi Media (Instagram, Snapchat, Youtube)

Jaringan ini digunakan untuk mencari dan berbagi foto, video, live video, dan media lainnya secara online. Jaringan ini sangat berharga untuk kesadaran bisnis, hubungan timbal balik, keterlibatan audiens, dan sebagian besar tujuan pemasaran sosial lainnya. Garis antara jaringan berbagi media dan jaringan sosial saat ini semakin tak terlihat. Hal ini karena jaringan sosial seperti Facebook dan Twitter juga menambahkan live video, dan layanan multimedia lainnya ke platform mereka. Satu hal yang membedakan kedua jaringan ini adalah tujuan utama dan pendefinisiannya. Saat menentukan apakah bisnis Anda perlu membangun kehadiran di jaringan berbagi media, penting untuk mempertimbangkan sumber daya yang tersedia.

  1. Forum Diskusi (Reddit, Quora, Digg)

Jaringan ini digunakan untuk menemukan, mendiskusikan, dan berbagi berita, informasi, maupun opini. Jaringan ini bisa menjadi sumber yang bagus untuk riset pasar. Lakukan dengan benar, Anda juga dapat mengiklankannya. Forum diskusi adalah salah satu jenis sosial media tertua. Sebelum kami terhubung dengan teman universitas di Facebook, kami membahas budaya pop, urusan saat ini, dan meminta bantuan di forum. Dengan melihat jangkauan luas dan jumlah pengguna yang sangat besar di forum seperti Reddit, Quora, dan Digg, Anda akan melihat bahwa kehausan publik akan pengetahuan dan kebijaksanaan kolektif tetap tak terpadamkan.

  1. Bookmarking dan Jaringan Konten Kurasi (Pinterest, Flipboard)

Jaringan ini digunakan untuk menemukan, menyimpan, berbagi, serta mendiskusikan berbagai hal seperti konten, media baru, dan tren. Jaringan ini bisa sangat efektif untuk mendorong kesadaran bisnis, keterlibatan pelanggan, dan meningkatkan traffic situs web. Jaringan ini adalah sarang kreativitas dan inspirasi bagi orang-orang yang mencari informasi dan gagasan.

  1. Jaringan Tinjauan Konsumen (Yelp, Zomato, TripAdvisor)

Kebanyakan orang menggunakan jaringan ini untuk menemukan, meninjau, dan berbagi informasi tentang sebuah brand, produk, layanan, tujuan wisata, dan lainnya. jaringan ini memberikan ulasan positif yang membawa bukti sosial untuk klaim Anda. Ulasan adalah jenis konten yang menambahkan banyak nilai ke banyak situs web dan layanan online. Jaringan tinjauan konsumen mengambil satu langkah lebih jauh dengan membangun jaringan di seputar tinjauan sebagai bagian inti dari nilai yang mereka berikan. Penting bagi bisnis Anda untuk memiliki kemampuan dalam mendapat ulasan menarik dari pengguna positif dan menangani penggguna yang negatif. Untuk melakukan ini, Anda dapat memilih anggota tim sukses pelanggan untuk mengulas ulasan di situs yang relevan untuk bisnis Anda. Percayakan mereka dengan menjawab pertanyaan atau masalah dari klien dengan pengalaman yang dimiliki.

Send Comment


five − = 1