Melakukan kampanye pemasaran dengan sukses selalu menjadi tujuan setiap bisnis. Pemasaran dapat menumbuhkan dan membangun basis pelanggan yang solid. Tanpa kampanye atau strategi pemasaran yang efektif, kecil peluang bagi sebuah entitas bisnis untuk mendapatkan pelanggan dan dapat bertahan lama. Salah satu metode pemasaran yang menjadi tren saat ini adalah digital marketing. Adakah dari Anda yang mengetahui apa itu digital marketing?

Belakangan ini, istilah digital marketing menjadi istilah yang familiar, terutama bagi kaum millennial. Tetapi masih banyak yang belum mengetahui apa itu digital marketing. Padahal tren sangat dekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Kita bisa menyaksikannya di media sosial, di Youtube, bahkan di televisi.

Meskipun sudah sangat familiar, nyatanya, masih banyak orang yang bingung bagaimaimana cara memulai digital marketing. 

Kanca Jejualan, artikel ini akan memberikan informasi kepada Anda pengertian digital marketing. Simak artikel ini sampai habis, ya. 

Pengertian Digital Marketing

Sebelum membahas lebih jauh tentang bagaimana cara memulai digital marketing, ada baiknya kita menyegarkan pikiran terlebih dahulu, membahas kembali pengertian digital marketing. Digital marketing adalah aktivitas atau kegiatan pemasaran dengan serangkaian cara dan teknik yang menggunakan media digital, yang bertujuan untuk mendapatkan traffic, data pelanggan, dan pastinya peningkatan lead, atau penjualan. 

Bila ditinjau satu per satu, pemasaran adalah serangkaian cara untuk menyampaikan, menyebarluaskan, dan menawarkan sesuatu untuk mencapai tujuan tertentu. Sedangkan digital berarti peralatan canggih yang identik dengan teknologi yang selalu berkembang dan memberikan kemudahan pada masyarakat. 

Baca Juga : Bisnis Grosir Modal Kecil yang Menguntungkan

Contoh-contoh media digital, seperti yang jamak diketahui antara lain seperti website, media sosial, toko online, marketplace, platform digital payment, aplikasi, dan mesin pencari. Tentu, Anda sudah cukup familiar dengan banyak tools-tools digital tersebut, kan? 

Anda dapat memanfaatkan tools tersebut untuk membantu pemasaran produk Anda. Nantinya, akan semakin terbuka bagi bisnis Anda untuk mendapatkan pangsa pasar baru, dan semakin berkembang lebih besar lagi. 

Tujuan Penggunaan Digital Marketing 

Lantas, sebenarnya apa yang menjadikan seseorang harus menggunakan platform digital marketing? Berikut ini adalah tujuan belajar digital marketing yang harus Anda ketahui: 

Target Pemasaran 

Tujuan pertama dari penggunaan teknik digital marketing berkaitan dengan target pemasaran. Tujuan utama dari belajar digital marketing adalah pemasaran yang memanfaatkan alat atau media digital, untuk menjangkau target konsumen secara cepat, tepat, dan seluas mungkin. Selain itu, dengan menggunakan digital marketing, Anda juga bisa lebih efektif dan efisien dalam alokasi dana iklan untuk kepentingan bisnis. 

Meningkatkan Brand Awareness

Sebenarnya, meningkatkan brand awareness adalah bagian dari pemasaran digital maupun pemasaran konvensional. Tujuannya jelas, yaitu untuk mengenalkan suatu produk atau brand kepada masyarakat. Logikanya adalah, semakin terkenal suatu brand, maka akan semakin mudah brand tersebut diterima oleh konsumen. 

Iklan konvensional, seperti di televisi, baliho, koran, dan radio pada dasarnya merupakan upaya untuk meningkatkan brand awareness. Dan di era digital seperti ini, medianya berubah menggunakan tools dan platform digital, seperti Google Ads, Facebook Ads, dan Instagram Ads. 

Tentu Anda masih ingat sebuah pameo bahwa semakin baik sebuah produk dikenal, maka akan semakin mudah untuk diterima oleh konsumen. 

Membangun Database Market

Tujuan belajar digital marketing yang juga tak kalah penting adalah membangun database market atau pelanggan. Dengan memiliki database pelanggan, akan memudahkan Anda untuk menentukan strategi marketing yang akan dilakukan. 

Analisa Digital 

Setelah dapat menentukan target pasar, Anda bisa melakukan analisa, untuk menentukan sejauh mana efektivitas kampanye digital marketing yang Anda lakukan. Ada berbagai macam alat yang bisa Anda gunakan untuk melakukan analisa performa kampanye digital marketing yang Anda lakukan. Yang paling populer diantaranya antara lain Google Analytics, Google Search Console, dan lain sebagainya. 

Langkah Memulai Digital Marketing 

Lantas, bagaimana caranya untuk memulai digital marketing? Berikut ini adalah langkah-langkah memulai belajar digital marketing yang harus Anda ketahui: 

1. Mempunyai Target Pasar dan Produk 

Hal paling mendasar untuk memulai langkah belajar digital marketing adalah menentukan terlebih dahulu siapa saja yang akan menjadi konsumen dari sebuah produk. Baru kemudian, mempelajari apakah produk Anda merupakan solusi yang tepat dari permasalahan yang dialami oleh konsumen. Sebisa mungkin, Anda harus melakukan identifikasi masalah yang dihadapi konsumen untuk menemukan solusi yang paling tepat untuk mereka. 

2. Pilih Produk Terbaik Untuk Memberikan Solusi Pada Masyarakat

Carilah produk atau jasa yang bisa memberikan solusi terbaik untuk pelanggan. Misalnya, banyak calon pengusaha kaos distro yang gagal karena berpikir tentang produknya sangat bagus, bahannya oke, desain kekinian, namun gagal memberikan solusi terbaik untuk pasar. 

3. Membuat Website 

Pada era digital saat ini, memiliki website untuk sebuah bisnis online menjadi sangat penting keberadaannya. Tentu akan banyak pertanyaan, apa sih keuntungan memiliki website? Apa kegunaan dan fungsi website bagi sebuah bisnis?

Website telah dikenal baik dalam kehidupan manusia. Jika Anda memiliki bisnis yang telah berjalan namun belum memiliki website ,berarti Anda berpotensi melewatkan peluang untuk membesarkan bisnis Anda sendiri. 

4. Membangun Sosial Media 

Media sosial seperti Instagram, Twitter, dan Facebook selama ini banyak digunakan untuk melakukan pemasaran digital yang paling umum. Kini mulai banyak pelaku bisnis yang secara serius menggarap media sosialnya. Alih-alih mengisi dengan konten asal-asalan, mereka mulai memberikan konsep pada setiap postingan media sosialnya. 

Bagi sebagian orang, mungkin terasa sulit untuk mengelola sosial media bisnisnya. Ada dua opsi yang bisa Anda pilih. Yaitu menggunakan jasa agensi, atau merekrut karyawan yang mampu mengelola konten sosial media secara rutin. 

5. Mengoptimalkan SEO, SEM, dan Social Media Ads

Pada tahapan ini, Anda bisa menggunakan teknik SEO (search engine optimization). SEM (search engine marketing), dan social media ads. Berikut ini adalah penjelasan singkat dari masing-masing strategi digital marketing tersebut: 

Search Engine Optimization alias SEO adalah salah satu strategi digital marketing yang penting dilakukan, terutama agar website Anda bisa muncul di halaman pertama hasil pencarian atau search engine result page (SERP). Semakin bagus ranking website Anda di hasil pencarian, akan semakin tinggi pula traffic yang masuk ke website. 

Search engine marketing (SEM) umumnya menggunakan Google Ads, sebagai cara paling cepat untuk mendatangkan pengunjung dan calon konsumen ke website Anda. 

Penutup

Social media ads, seperti iklan Facebook, Instagram, dan endorsement kini mulai banyak digunakan. Sebelum menggunakan campaign ini, setidaknya Anda harus menyiapkan konten yang kreatif, sesuai dengan standar iklan Instagram. Jangan sampai iklan Anda sia-sia karena kualitas iklan yang kurang bagus. 

Wujudkan ide bisnis online-mu dengan website toko online. Mau punya website toko online sendiri? Tunggu apalagi, buat toko online-mu bersama Jejualan, Buka Toko Online Cuma 20 Detik.

Send Comment