online marketing

Di zaman sebelum adanya smartphone maupun media sosial, berbagai bisnis hanya bergantung pada banyaknya orang yang datang ke toko mereka, review dari media cetak dan kabar yang terdengar dari mulut ke mulut. Di zaman digital seperti saat ini, customer dapat mengakses informasi dari mana saja dan bisa memutuskan apa yang akan dilakukan dengan waktu mereka dan dapat melakukan pembelian secara online.

Cara ini memberikan keuntungan besar untuk penjual skala kecil maupun besar. Dengan marketing yang tepat dan pendekatan yang bagus, semua orang dapat lebih mengenal dan mencoba produk Anda. berikut ini adalah beberapa tips online marketing yang bisa Anda coba sehingga bisnis dapat lebih berkembang dan sukses.

1. Publikasikan Konten yang Dinamis

Konten marketing adalah mengenai pembentukan autoritas dengan berbagi pengalaman. Semakin banyak konten yang membantu mengenai produk yang Anda publikasikan, maka semakin tinggi Google akan menilai ranking Anda untuk keyword yang relevan. Dan apabila konten Anda yang asli dan dinamis benar-benar memberikan nilai yang berharga bagi customer yang Anda tuju dengan menyebutkan apa yang mereka sukai, maka customer juga akan membagikannya dengan teman-teman mereka dan akan datang kembali dengan lebih banyak orang.

2. Hindari Desain Website yang Sederhana atau Biasa

Setiap orang berusaha maksimal untuk mendesain website mereka terlihat lebih menonjol dan keren. Menambahkan animasi flash, suara disebuah laman, dan membuat situs dengan grafis yang besar. Ini merupakan kesalahan besar, terutama untuk situs berorientasi bisnis.
Jauh lebih penting untuk memastikan mendesainnya dengan cara agar pengunjung dengan mudah menemukan apa yang mereka cari dalam sekejap. Pembuatan musik hanya akan menjadi hal yang membosankan pembeli di internet. Situs berita populer adalah contoh sempurna dalam hal desain. Mereka mempunyai designer terbaik sehingga situs terlihat dinamis.

sosial media

3. Tunjukkan Kesuksesan Bisnis Anda di Media Sosial

Statistik saat ini menunjukkan bahwa 90% dari pebisnis saat ini lebih banyak bergantung pada marketing melalui media sosial. 95% di antaranya telah ada di Facebook atau berencana untuk berada di sana segera. Ada beberapa alasan bagus mengenai hal ini, yaitu dengan sekitar 28% dari customer memutuskan di mana akan membeli menggunakan sosial media. Sedangkan lebih banyak aktifitas dari pengguna sosial media lainnya berada di sekitar kelompok sosial yang biasa berinteraksi di dunia nyata. Di Pinterest misalnya, aktifitas biasanya berdasarkan dari kesenangan yang dibagikan dibandingkan jenis jejaring lainnya. Oleh karena itu, gunakan media sosial yang sesuai dengan target customer produk Anda.

4. Beri Kejutan Customer dengan Hal yang Luar Biasa

Kejutkan customer Anda dengan sajian yang tidak terduga maka Anda bisa membangun loyalitas terhadap brand dengan lebih baik. Selain itu, kemungkinannya Anda bisa lebih banyak menerima ucapan terima kasih dalam bentuk testimonial yang mana ini jadi jejak pencapaian Anda yang organik. Orang-orang yang berpotensi menjadi customer Anda akan melihatnya dan mempertimbangkan untuk menggunakan jasa/membeli produk Anda karena mereka lebih mempercayai ulasan orisinil pengguna Anda dibanding iklan dengan biaya pembuatan yang luar biasa banyak di televisi. Benarkah? Ya, karena era digital telah berlangsung cukup lama, para pembeli menggantungkan penilaiannya terhadap nilai Anda di dunia online.

5. Melakukan Evaluasi

Selalu ingat kapan terakhir kali customer berkunjung ke bisnis online Anda. Jika merasa menemukan hal yang aneh, segera pelajari penyebabnya. Ini akan membantu Anda tetap terlihat baik dimata customer. Meluangkan sedikit waktu untuk memikirkan mereka tidak akan membuat bisnis Anda rugi.

Demikianlah beberapa tips dalam melakukan online marketing yang perlu Anda ketahui. Salah satu cara memasarkan bisnis melalui internet adalah dengan membuat toko online. Jejualan merupakan salah satu jasa pembuatan toko online yang handal dan terpercaya. Fitur menarik yang ditawarkan Jejualan juga beragam seperti kemudahan dalam membuatnya, memiliki banyak pilihan desain menarik, harga yang terjangkau, hingga gratis domain .com dan .net seumur hidup. Segera daftarkan bisnis Anda menggunakan Jejualan dan dapatkan free trial hingga 15 hari.

Send Comment


nine − = 4