Digital marketing sudah menjadi bagian dari cara bisnis modern. Baik bisnis skala besar, maupun bisnis skala kecil. Dengan digital marketing, para pengusaha pemula lebih mudah untuk mengembangkan bisnis. Bisnis akan berkembang lebih cepat, dan dapat menjangkau pasar yang lebih luas. 

Tak hanya itu saja, digital marketing juga dapat membantu para pengusaha untuk dapat memilih pasar mereka sendiri. Ya, karena dengan pasar yang tepat, maka konversi penawaran menjadi pembelian akan semakin meningkat. Dengan berbagai keuntungan tersebut, sebagai pengusaha, menjadi wajib rasanya untuk menguasai digital marketing. 

Kemampuan finansial para pebisnis yang berbeda-beda, tentu akan berbeda pula yang bagaimana cara mereka memulai digital marketing. Pebisnis yang memiliki kemampuan finansial besar, kemungkinan besar tentu akan menggunakan jasa digital marketing profesional. Tapi, Anda juga bisa memulai digital marketing tanpa harus menggunakan jasa digital marketing profesional. Pada artikel kali ini, Kami akan membagikan pada Kanca Jejualan tentang tips digital marketing untuk pengusaha pemula. 

Apa Itu Digital Marketing? 

Sebelum membahas lebih jauh tentang bagaimana tips digital marketing untuk pengusaha pemula, apa yang diketahui orang-orang tentang digital marketing? Digital marketing adalah aktivitas pemasaran dengan serangkaian cara dan teknik yang menggunakan media digital, yang bertujuan untuk mendapatkan traffic, data pelanggan, dan pastinya peningkatan lead, atau penjualan. 

Bila ditinjau satu per satu, pemasaran adalah serangkaian cara untuk menyampaikan, menyebarluaskan, dan menawarkan sesuatu untuk mencapai tujuan tertentu. Sedangkan digital berarti peralatan canggih yang identik dengan teknologi yang selalu berkembang dan memberikan kemudahan pada masyarakat. 

Contoh-contoh media digital, seperti yang jamak diketahui antara lain seperti website, media sosial, toko online, marketplace, platform digital payment, aplikasi, dan mesin pencari. Tentu, semua orang sudah cukup familiar dengan banyak tools-tools digital tersebut, kan? 

Anda dapat memanfaatkan tools tersebut untuk membantu pemasaran produk Anda. Nantinya, akan semakin terbuka peluang untuk usaha Anda untuk mendapatkan pangsa pasar baru. Dan tentunya semakin berkembang lebih besar lagi di masa depan.

Apa Tujuan Penggunaan Digital Marketing? 

Sebenarnya, apa sih yang menjadikan Anda harus menggunakan digital marketing? Berikut ini adalah tujuan digital marketing yang harus Anda ketahui: 

Target Pemasaran 

Tujuan pertama dari penggunaan digital marketing berkaitan dengan target pemasaran. Tujuan utama dari digital marketing adalah pemasaran yang memanfaatkan alat atau media digital, untuk menjangkau target konsumen secara cepat, tepat, dan seluas mungkin. Selain itu, dengan menggunakan digital marketing, Anda juga bisa lebih efektif dan efisien dalam alokasi dana iklan untuk kepentingan bisnis. 

Meningkatkan Brand Awareness

Sebenarnya, meningkatkan brand awareness adalah bagian dari pemasaran digital maupun pemasaran konvensional. Tujuannya jelas, yaitu untuk mengenalkan suatu produk atau brand kepada masyarakat. Logikanya adalah, semakin terkenal suatu brand, maka akan semakin mudah brand tersebut diterima oleh konsumen. 

Iklan konvensional, seperti di televisi, baliho, koran, dan radio pada dasarnya merupakan upaya untuk meningkatkan brand awareness. Dan di era digital seperti ini, medianya berubah menggunakan tools dan platform digital, seperti Google Ads, Facebook Ads, dan Instagram Ads. 

Tentu Anda masih ingat sebuah pameo bahwa semakin baik sebuah produk dikenal, maka akan semakin mudah untuk diterima oleh konsumen. 

Membangun Database Pasar 

Tujuan digital marketing yang juga tak kalah penting adalah membangun database pasar atau pelanggan. Dengan memiliki database pelanggan, akan memudahkan Anda untuk menentukan strategi marketing yang akan dilakukan. 

Baca Juga : Cara Mudah Membuat Facebook Shop

Analisa Digital 

Setelah menentukan target pasar, Anda bisa melakukan analisa, untuk menentukan sejauh mana efektivitas kampanye digital marketing yang Anda lakukan. Ada berbagai macam alat yang bisa Anda gunakan untuk melakukan analisa performa kampanye digital marketing yang Anda lakukan. Yang paling populer diantaranya antara lain Google Analytics, Google Search Console, dan lain sebagainya. 

Tips Digital Marketing Digital Untuk Pengusaha Pemula 

Berikut ini adalah tips digital marketing untuk pengusaha pemula. 

1. Buat Konten yang Tidak Mudah Basi

Konten evergreen adalah semacam konten template yang bisa memberikan penghemat uang dan waktu utama Anda. Anda dapat menggunakannya untuk mempromosikan bisnis Anda secara berulang-ulang. Anda mungkin telah membaca sebuah artikel puluhan kali, tetapi belum tentu pemirsa Anda belum tentu. 

Jika Anda berencana menyelenggarakan kampanye iklan, pastikan konten kampanye Anda tidak mudah basi. Jadi, Anda bisa menggunakannya secara berulang-ulang. Elemen-elemen dalam konten harus konsisten, karena promosi musiman ini dapat membangun pengakuan mereka Anda diantara pelanggan. 

2. Membuat Program-Program yang Menarik Bagi Pemirsa 

Membuat program yang menarik bagi pelanggan bisa jadi cara yang tepat untuk menarik perhatian orang. Misalnya, Anda bisa membuat program giveaway. Hari ini, siapa yang tak suka dengan program giveaway? Di media sosial, seperti Instagram, Facebook, Twitter dan Youtube, konten giveaway selalu dapat menarik perhatian orang. 

Membuat kontes dan berhadiah giveaway adalah salah satu tips ampuh untuk mengembangkan bisnis awal Anda. Hal ini akan mendorong orang untuk, misalnya datang ke website atau akun media sosial Anda. Buat persyaratan yang tidak merepotkan bagi peserta giveaway. Salah satu syarat yang paling umum digunakan ketika program giveaway adalah memberikan like dan komentar, serta follow akun sosmed penyelenggara giveaway. 

3. Membuat Popup Window

Tips digital marketing untuk pengusaha pemula yang tak kalah penting lainnya adalah membuat popup window. Buatlah popup kreatif di website Anda. Popup window menjadi salah satu trik jitu untuk mendapatkan data calon pelanggan. Salah satu jenis popup window adalah tawaran paket diskon, yang akan muncul sesaat setelah pengunjung masuk ke halaman utama website Anda. 

4. Meningkatkan Visibilitas Anda 

Anda bisa menggunakan teknik SEO (search engine optimization). SEM (search engine marketing), dan social media ads. Berikut ini adalah penjelasan singkat dari masing-masing strategi digital marketing tersebut: 

Search Engine Optimization alias SEO adalah salah satu strategi digital marketing yang penting dilakukan, terutama agar website Anda bisa muncul di halaman pertama hasil pencarian atau search engine result page (SERP). Semakin bagus ranking website Anda di hasil pencarian, akan semakin tinggi pula traffic yang masuk ke website. 

Search engine marketing (SEM) umumnya menggunakan Google Ads, sebagai cara paling cepat untuk mendatangkan pengunjung dan calon konsumen ke website Anda. 

Social media ads, seperti iklan Facebook, Instagram, dan endorsement kini mulai banyak digunakan. Sebelum menggunakan campaign ini, setidaknya Anda harus menyiapkan konten yang kreatif, sesuai dengan standar iklan Instagram. Jangan sampai iklan Anda sia-sia karena kualitas iklan yang kurang bagus. 

5. Mengoptimalkan Data yang Dimiliki

Agar bisnis Anda berhasil, salah satu tips digital marketing yang wajib Anda lakukan adalah menggunakan data untuk setiap pengambilan keputusan. Ada berbagai tools data analytics yang bisa Anda gunakan. Seperti Google Analytics. Tools data analytics akan membantu Anda memproses data terkini dan historis untuk memastikan Anda mendapatkan hasil sesuai yang ditargetkan dari kampanye. 

Penutup

Jika Anda adalah pengusaha pemula, tidak ada salahnya untuk memulai digital marketing. Karena di bisnis modern, digital marketing menjadi salah satu elemen penting untuk menunjang kesuksesan. 

Wujudkan ide bisnis onlinemu dengan website toko online. Mau punya website toko online sendiri? Tunggu apalagi, buat toko online-mu bersama Jejualan, Buka Toko Online Cuma 20 Detik. 

 

Send Comment