Algoritma Mobilegeddon telah benar-benar mengganggu dalam pencapaian SEO (Search Engine Optimization). Mobilegeddon adalah algoritma baru yang dikeluarkan Google untuk menentukan peringkat blog atau website Anda di mesin pencari berdasarkan ‘mobile friendly’ atau ramah terhadap pengguna mobile. Bagi pakar SEO dan analis mobile yang serius, perubahan algoritma Google ini tidak datang tanpa diduga. Pada tahun 2015, jumlah pengguna internet mobile melebihi jumlah orang yang menggunakan desktop untuk browsing. Karena popularitas dan pendapatan blogger bergantung pada jumlah pengunjung situs web, pengoptimalan mobile adalah masalah yang paling penting bagi mereka. Pada artikel ini, kami akan membagikan tips berguna yang akan membantu para blogger mencapai dan melibatkan pengguna mobile di blog mereka dan meningkatkan trafficnya.

Bagaimana Blogger Dapat Melibatkan Pengguna Mobile?

Optimalkan Foto Anda Untuk Mobile

Optimalisasi mobile tidak jauh berbeda dengan praktik SEO “on page” biasanya. Foto yang besar akan membutuhkan lebih banyak waktu untuk dimuat di seluruh perangkat. Selain itu, smartphone biasanya lebih lambat dari komputer desktop. Ditambah lagi, para pengguna mobile biasanya memiliki kuota data yang terbatas. Itulah mengapa Anda perlu mengoptimalkan setiap foto di blog Anda. Cara termudah untuk melakukannya (menggunakan blog WordPress) adalah dengan menggunakan plugin pengoptimalan foto, seperti Smush. Selain itu, Google juga baru saja merilis Guetzli, encoder JPEG baru mereka. Program ini dapat menurunkan ukuran setiap JPEG lebih dari 35% dan tetap mempertahankan kualitas gambar yang sama. Ini adalah perangkat lunak open source, jadi Anda bisa mendownloadnya dan menggunakannya dengan gratis.

Hindari Tulisan Yang Panjang

Melakukan scrolling akan jauh lebih sulit pada layar kecil. Saat memposting artikel sepanjang 1.500 atau 2.000 kata, Anda perlu ingat bahwa pembaca mobile perlu melakukan scrolling lebih banyak untuk membaca semua konten. Terkadang, mereka mungkin menyentuh layarnya dan melompat ke bagian lain dari pos tersebut secara tidak sengaja, yang menyebabkan lebih banyak scrolling. Itu sebabnya, Anda harus menghindari postingan yang panjang. Jika Anda ingin berbagi informasi lebih banyak kepada pembaca, bagilah menjadi beberapa postingan dan manfaatkan tautan internal. Dengan cara ini, pembaca akan mudah membaca dan menavigasi konten Anda. Ditambah lagi, blog Anda juga akan mendapatkan beberapa poin SEO ekstra.

Sisipkan Halaman Untuk Berpindah

Pembaca sering mengunjungi blog untuk mengecek hanya satu bagian informasi. Misalnya, blog tentang makanan memiliki tingkat bouncing yang tinggi karena pengunjung sering datang untuk membaca resep tertentu saat memasak. Dengan membantu pengunjung, Anda akan membuat blog menjadi lebih populer. Navigasi yang mudah adalah solusi untuk masalah mereka. Anda dapat memperbaiki navigasi halaman dengan menambahkan lompatan halaman. Tautan ini membawa pengunjung ke bagian tertentu dari postingan (biasanya judul utama).

Mobile Membutuhkan Desain Yang Responsif

Situs yang responsif dapat mengubah tata letak mereka sesuai dengan perangkat yang digunakan pengunjung. Mereka secara otomatis mengecilkan konten dan membuatnya masuk ke dalam layar smartphone yang kecil. Jika Anda menggunakan tema WordPress generik, Anda dapat dengan mudah membuat situs web responsif dari panel admin. Jika Anda ingin membeli tema baru, pastikan Anda memilih yang responsif juga.

Buat Aplikasi Mobile

Jika pengguna mobile menjadi pengunjung utama Anda, maka investasilah di aplikasi mobile yang akan menghasilkan ROI terbaik dalam jangka panjang. Pengguna mobile lebih suka menjelajahi web melalui aplikasi mobile daripada melalui browser biasa. Aplikasi mobile juga bermanfaat untuk mengingatkan pengunjung Anda tentang postingan terbaru di blog, penawaran, atau pembaruan. Banyak perusahaan yang menggunakan aplikasi mobile untuk mengumpulkan data pengguna. Sejumlah besar data dapat digunakan untuk menciptakan strategi pemasaran yang efektif, menargetkan audiens, dan meningkatkan konversi dari blog.

Send Comment


four × 4 =