Headline-Writing

Anda mungkin sering melihat tanda “STOP” di jalan raya sebagai pengingat bahwa Anda tidak boleh melintas di jalan tertentu. Bahkan, jika Anda mengemudi dengan kecepatan 100km/jam, Anda akan melihatnya dan tetap patuh mengikuti instruksi. Inilah kesamaannya dengan sebuah headline. Headline yang kuat akan membuat pembaca berhenti dan memperhatikan konten Anda, bahkan jika mereka memiliki ratusan postingan lainnya di platform mereka. Tetapi, jika headline Anda membosankan, maka secara efektif konten tidak terlihat oleh audiens. Studi menunjukkan bahwa 80% orang membaca headline, tetapi hanya 20% yang benar-benar membaca keseluruhan konten yang menyertainya. Jadi bagaimana cara agar Anda bisa membuat headline yang mampu menarik perhatian audiens? berikut adalah beberapa cara ampuh yang bisa Anda terapkan.

  1. Memberikan Nilai Berharga Dengan Menggunakan Angka Atau Data

Menggunakan angka dalam sebuah headline adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan perhatian dan meningkatkan rasio click-through. Sebuah studi oleh Conductor menemukan bahwa pembaca lebih cenderung untuk mengklik headline yang menyertakan angka daripada judul dengan teks biasa.  Headline dengan angka sangat efektif karena memberi pembaca nilai tertentu yang dapat mereka harapkan dari postingan Anda. Ini memberi kejelasan pada pesan dan janji yang Anda buat dalam headline.

  1. Membujuk Pembaca Dengan Manfaat Yang Jelas

Orang-orang membaca konten karena mereka mencari solusi untuk masalah tertentu. Masalahnya bisa apa saja misalnya rasa ingin tahu, kebosanan, kebutuhan, dan informasi spesifik lainnya. Saat Anda membuat headline, sebenarnya Anda sedang menyoroti solusi untuk masalah dari pembaca. Ini memberi mereka alasan kuat untuk mengklik dan membaca konten secara lengkap. Semakin jelas Anda mengkomunikasikan manfaat konten, semakin tinggi klik yang akan Anda dapatkan. Di dalam headline, Anda harus mampu mengidentifikasi masalah yang dihadapi pembaca dan langsung menunjukkan solusinya.

  1. Memainkan Emosi Yang Kuat Dalam Headline

Pembaca adalah manusia, bukan robot yang tidak memiliki perasaan. Headline yang berhasil memicu emosi dengan tepat di dalamnya akan membuat lebih banyak aksi dari pembaca. Anda bisa melakukannya dengan menggunakan kata-kata kuat yang membangkitkan emosi. Kata-kata seperti menakjubkan, luar biasa, ajaib, berani, dll adalah contoh kata-kata kuat yang mendorong pembaca untuk bertindak. Headline yang emosional juga bekerja dengan baik karena mereka menyentuh hati pembaca pada tingkat pribadi. Pastikan setiap kata benar-benar menambahkan nilai pada headline Anda.

  1. Menggunakan Kata Tanya Untuk Menghasilkan Keingintahuan

Saat headline Anda mengajukan pertanyaan, mereka langsung memicu rasa penasaran di benak pembaca. Semakin kuat pertanyaannya, semakin tinggi rasa ingin tahu pembaca. Itulah kenapa kata tanya dalam headline lebih efektif daripada pernyataan biasa.  Saat pembaca melihat headline berbasis pertanyaan, mereka menganggap bahwa konten Anda mampu menjawab pertanyaan tersebut. Ini menciptakan tingkat kredibilitas tertentu dan membuat postingan Anda lebih sering diklik.

  1. Membuat “Panduan” Headline Untuk Menangkap Perhatian

Postingan mengenai panduan adalah salah satu jenis konten yang paling populer dan jarang gagal dalam menarik perhatian. Sama seperti headline berbasis pertanyaan, mereka juga membangkitkan rasa ingin tahu yang kuat pada pembaca. Hal ini juga membuat mereka merasa bahwa mereka akan kehilangan informasi berharga jika tidak membaca apa yang ada di dalamnya. Membuat “Panduan” pada headline dapat menjanjikan pembaca untuk secara komprehensif membahas topik dan memberi tahu mereka semua hal yang perlu diketahui.

  1. Membuat Headline Yang Kontroversial

Topik kontroversial, opini masyarakat atau hal lain yang terkait dengan hal kontroversi dapat menimbulkan ketertarikan di kalangan umum. Itulah mengapa headline kontroversi bekerja dengan baik. Mereka menantang kebijaksanaan konvensional dan bertentangan dengan kepercayaan banyak orang. Tentu, ini membuat pembaca tertarik dan terlibat dalam konten.

Send Comment


nine − 6 =