Bisnis kuliner menjadi salah satu bidang bisnis yang cukup disukai masyarakat. Seperti yang kita ketahui bersama, bisnis kuliner saat ini buka hanya menjadi kebutuhan pokok, tetapi telah menjadi bagian penting dalam gaya hidup. Wisata kuliner kini menjadi aktivitas yang disukai masyarakat. Orang banyak berburu kuliner untuk dicoba, membuat ulasan, dan hingga akhirnya membagikannya ke media sosial.

Beberapa contoh makanan yang saat ini populer antara lain sate taichan, sempol Malang, risol mayo, ayam geprek, sambal super pedas, dan lain sebagainya. Riuhnya bisnis kuliner membuat banyak orang tertarik untuk menggeluti bisnis mengisi perut orang ini. Hanya saja, bagaimana cara memulai bisnis kuliner untuk pemula?

Kanca Jejualan, artikel ini akan menjabarkan pada Anda tentang langkah sukses memulai usaha kuliner. Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya.

Langkah Sukses Memulai Usaha Kuliner

Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan jika ingin membangun bisnis kuliner.

1. Menentukan Segmen Pasar

langkah sukses memulai usaha kuliner

Ketika berbisnis, Anda wajib tahu siapa saja yang menjadi target pasar Anda. Pun, juga Anda harus tahu apa yang dibutuhkan calon pembeli, seperti apa karakter mereka, perilaku mereka dan lain sebagainya. Untuk memahami beberapa hal berikut:

  • Perkirakan siapa yang membutuhkan produk Anda. Memang, tidak ada yang pasti untuk melakukan hal yang satu ini. Misalnya, Anda menjual kopi, siapakah target pasar paling strategis? Mahasiswa, Karyawan, atau siapa?
  • Survei bisnis milik kompetitor. Tidak ada salahnya untuk menjajal produk milik Lalu buatlah perkiraan, siapa target pasar mereka, apa yang disukai pelanggan dari produk mereka. Hingga, sisi apa yang bisa Anda tiru dan kembangkan lebih baik lagi.
  • Ngobrol dengan calon pelanggan. Cara ini bisa dibilang paling efektif untuk mengetahui apa yang diinginkan pelanggan. Langkah paling mudah untuk melakukannya adalah, misalnya dengan menggali insight seputar udah kuliner dari teman-teman terdekat atau keluarga Anda. Apa jenis menu yang mereka sukai? Berapa harga yang pas untuk satu porsinya? Dan lain sebagainya.

Baca Juga : Cara Mengoptimalkan Facebook Page Untuk Jualan

2. Menyiapkan Modal Usaha

Salah satu hal paling penting ketika menjalankan bisnis adalah modal usaha. Banyak calon pengusaha yang mengeluh, bahwa modal sering menjadi penghambat untuk terjun secara serius ke dunia bisnis. Tak sedikit yang merasa kesulitan mendapatkan uang untuk dijadikan modal. Agar aliran kas lebih terjaga, Anda tidak perlu memaksakan untuk berbelanja hal-hal yang bukan menjadi kebutuhan utama.

3. Melakukan Inovasi Dari yang Sudah Ada

langkah sukses memulai usaha kuliner

Setiap bisnis harus  memliki unique selling prepositions-nya sendiri. Terutama dalam bisnis kuliner dengan persaingan yang amat sangat ketat. Yang membedakan pebisnis kuliner satu dengan yang lainnya adalah sifat inovasi yang mereka miliki. Inovasi menjadi penting sebagai cara untuk membedakan usaha kuliner Anda dengan yang lain.

Inovasi tersebut dapat mencakup banyak aspek. Bisa dari sisi rasa, penampilan, dan tak menutup kemungkinan cara pembuatan. Salah satu inovasi yang dianggap sukses adalah kuliner bakpia, yang sudah ada di Jogja sejak dulu kala. Untuk menjaring penikmat baru bakpia, lantas banyak pebisnis bakpia berinovasi dengan rasa dan penampilan, tetapi tanpa meninggalkan cita rasa asli dari Bakipa itu sendiri.

4. Menentukan Lokasi Bisnis

Pada bisnis kuliner apapun, termasuk bisnis kuliner kekinian, pemilihan tempat usaha jelas tidak boleh asal dan sembarangan. Terlebih untuk bisnis kuliner yang baru Anda mulai. Pastikan lokasi yang Anda piilih adalah tempat yang strategis mudah diakses, dan akan sangat bagus kalau dekat dengan pusat keramaian. Pertimbangkan juga peta persaingan bisnis di wilayah tersebut.

Mari ambil contoh kawasan Jalan Wijilan, Yogyakarta yang telah dianggap sebagai salah satu sentra kuliner gudeg di Yogyakarta. Bila ada orang yang membuka usaha sejenis, tentu akan butuh waktu untuk berkembang. Maka salah satu jalannya adalah dengan membuka bisnis gudeg di daerah lain dan harus melakukan inovasi.

5. Konsep Bisnis yang Menarik

Dalam bisnis apapun, termasuk kuliner, sangat penting untuk mempunyai konsep bisnis yang menarik. Konsep bisnis menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen. Oleh karena itu, sebelum memulai bisnis kuliner, ada baiknya untuk memikirkan ide bisnis yang berbeda dari pebisnis kuliner kebanyakan.

Dengan konsep bisnis yang menarik, Anda dapat lebih mudah untuk menjaring konsumen. Orang akan mudah penasaran, lalu tertarik untuk mencoba sesuatu yang dianggap unik. Karena, dalam bisnis kuliner rasa yang enak saja tidak cukup untuk membuat konsumen menjadi loyal.

6. Memilih Bahan Baku

langkah sukses memulai usaha kuliner

Pada bisnis kuliner memilih bahan baku yang tepat adalah keharusan. Pemilihan bahan baku yang tepat dapat mengangkat kualitas dari sajian Anda. Anda harus memilih bahan-bahan terbaik. Dan sebagai cara untuk menjaga kualitas produk yang Anda jual, akan sangat bagus jika Anda memiliki supplier khusus untuk bahan baku tersebut.

7. Menentukan Strategi Promosi yang Tepat

Word of Mouth atau promosi dari mulut ke mulut telah lama menjadi metode promosi yang paling efektif. Tentu, terlebih dahulu Anda harus mendatangkan mulut-mulut lapar tersebut ke meja makan di tempat Anda. Lalu biarkan mereka mengenal bisnis kuliner Anda. Jika merasa puas, bukan tidak mungkin mereka akan datang kembali dan menceritakan pengalaman mereka telah menjajal makanan Anda.

Mengapa Harus Memilih Bisnis Kuliner?

Bisnis kuliner atau bisnis makanan merupakan salah satu bisnis yang mampu bertahan di situasi apapun. Untuk Anda yang belum yakin dengan keuntungan bisnis kuliner, berikut ini adalah alasan mengapa bisnis kuliner sangat menjanjikan:

  • Peluang berkembang yang masih cukup besar

Bisnis kuliner adalah sebuah bisnis kuliner yang sangat mudah berkembang. Termasuk dikembangkan menjadi franchise alias waralaba. Anda dapat melihat bagaimana berbagai restoran makanan cepat saji yang dapat dengan mudah ditemui. Dari makanan pinggir jalan, banyak yang kini berkembang, bahkan lazim ditemui di mall-mall yang besar.

  • Mudah beradaptasi

Makanan memiliki tren yang senantiasa berkembang. Sebagai pemilik bisnis kuliner, tugas yang harus Anda lakukan adalah beradaptasi dengan berbagai perubahan yang selalu terjadi. Beruntungnya, bisnis kuliner sangat mudah untuk dimodifikasi. Sehingga Anda harus lebih fleksibel untuk selalu mengikuti perkembangan zaman.

  • Karena semua orang butuh makan

Tidak bisa dibantah lagi, makanan adalah salah satu kebutuhan pokok manusia. Selain dengan sandang dan papan. Tetapi saat ini makanan telah berkembang jauh, lebih dari sekadar kebutuhan. Makanan menjelma menjadi budaya masyarakat. Dan karena semua orang butuh makan, maka bisnis kuliner sangat menjanjikan.

Kesimpulan

Sampai kapanpun, bisnis kuliner tidak akan pernah mati. Karenanya, bisnis kuliner jadi incaran banyak orang. Jadi sangat penting untuk memahami langkah sukses memulai usaha kuliner yang wajib diketahui oleh pemula.

Go digital sekarang juga dengan website toko online di Jejualan, Buka Toko Online Cuma 20 Detik. Klik di sini untuk informasi selengkapnya.

 

 

 

 

Send Comment