Tips-Bisnis-Online-Untuk-Pemula3

Bisnis online adalah bisnis yang semakin populer di kalangan masyarakat. Seiring dengan perkembangan teknologi, masyarakat lebih suka berbelanja melalui bisnis online. Hal ini terbukti dengan banyaknya produk yang ditawarkan di internet. Mulai dari perabotan rumah tangga, alat-alat kantor, makanan, pakaian, dan lain sebagainya.

Sebenarnya, untuk menjadi sukses dalam menjalankan bisnis online sangat bergantung pada diri Anda sendiri. Bagaimana dan untuk apa Anda menjalankan bisnis online tersebut? Jika sudah mengetahui jawaban dari pertanyaan di atas, berikut adalah beberapa pengetahuan dasar yang bisa dipelajari dalam menjalankan bisnis online.

  1. Mampu Membangun Kepercayaan

Pada dasarnya, pembeli akan sulit sekali untuk menyukai produk yang ditawarkan jika Anda kurang terbuka dengan calon pembeli. Mungkin mereka akan takut ditipu, bingung cara membayarnya, takut tidak sesuai dengan keinginan, dan masih banyak lagi. Ini adalah hal yang wajar bagi pembeli, untuk itu Anda perlu melakukan berikut:

  • Deskripsikan produk dengan detail dan singkat
  • Cantumkan nomor telephone yang bisa dihubungi
  • Cantumkan alamat dari toko fisik yang ada
  • Cantumkan cara pembeliannya (nama dan nomor rekening bank)
  • Cantumkan alamat email atau jejaring sosial media yang mudah dijangkau

Kelima hal di atas dapat membantu calon klien untuk memahami dan membangun kepercayaan pada bisnis online Anda. Jika perlu, Anda juga dapat mencantumkan ruang chatting seperti skype, line, atau yang lainnya.

  1. Info Barang Harus Jelas

Seperti yang sudah dikatakan di atas, deskripsi produk sangat diperlukan. Gambaran produk yang ditawarkan sangat berpengaruh besar dalam bisnis. Jadi, gunakan gambar yang akurat dan janganlah mengedit gambar atau informasi secara berlebihan sehingga tidak sesuai dengan kenyataan produk.

  1. Harga Yang Kompetitif

Harga yang ditawarkan untuk setiap produk adalah hal mutlak yang perlu dipikirkan. Kebanyakan calon pembeli pasti akan membandingkan harga dari toko online yang satu dengan toko online lainnya. Tawarkan harga yang kompetitif sesuai dengan kualitas produk yang ada.

  1. Pengelolaan Website

Setiap bisnis online tentu membutuhkan website untuk meningkatkan kehadiran online. Website berperan untuk membantu pembeli dalam mengenali bisnis Anda. Customer service sangat berperan dalam menjalankan website agar tetap hidup dan berkembang. Tidak hanya itu, pemilihan web hosting dan domain adalah hal yang perlu dipikirkan dalam pengelolaan website bisnis.

  1. Pengemasan Barang

Hal ini mungkin terasa sepele, namun jika Anda salah mengemas produk maka dapat menurunkan kepercayaan pembeli terhadap bisnis online Anda. Kemaslah produk seaman mungkin dan sesuai standar agar selamat sampai ke tangan pembeli. Selain itu, pengemasan juga bergantung pada barang yang Anda jual.

  1. Cara Pembayaran Barang

Banyak alat pembayaran yang bisa digunakan saat ini. Umumnya, untuk pembayaran dalam bisnis online dilakukan via transfer bank, untuk itu Anda perlu memiliki rekening bank. Alat pembayaran ini sangat mudah dan cepat sehingga memudahkan bisnis Anda. Jika perlu, buka rekening bank lebih dari satu, karena setiap pembeli belum tentu memiliki rekening bank sama dengan yang Anda gunakan.

  1. Pengiriman Barang

Poin terakhir yang tidak kalah penting dalam menjalankan bisnis online adalah mengenai pengiriman barang. Anda harus mampu mengirimkan barang dengan mudah, cepat, tepat, dan memiliki ongkos kirim yang murah. Untuk membantu Anda agar mengetahui ongkos kirim yang sesuai dengan kebutuhan, maka Anda bisa mengunjungi www.ongkoskirim.id. Di sana Anda dapat mengecek ongkos kirim dari beberapa jasa pengiriman seperti  JNE, Pos Indonesia, Wahana, dan SiCepat untuk wilayah domestik. Aplikasi ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki bisnis online, karena dapat melakukan pengecekan dengan mudah dan cepat. Jadi tunggu apalagi? Segera mulai bisnis online Anda dan dapatkan kemudahan dalam mengecek ongkos kirim hanya di sini.

Send Comment


4 × two =