Saat ini, membangun toko retail bukanlah sesuatu yang sulit. Tetapi, membuat toko retailbukan hanya sekedar bagaimana cara menjual pada toko yang bagus. Anda juga harus memperhatikan aspek-aspek toko retail lainnya. Misalnya barang apa yang dijual, bagamaimana display, dan tak kalah penting adalah harga yang Anda pasang untuk setiap produk.

Dan seperti halnya bisnis-bisnis lainnya, untuk memulai bisnis retail, Anda juga harus meluangkan waktu untuk merencanakan srategi operasional, cara pemasaran, hingga sampai kepuasan pelanggan. Oleh karena itu, penting bagi Anda yang ingin terjun ke bisnis retailntuk memahami cara cerdas membuka bisnis retail.

Artikel ini akan menjelaskan pada Anda,Kanca Jejualan apa saja yang harus dipersiapkan saat akan membuka bisnis retail. Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya.

Pengertian Bisnis Retail

8 Langkah Cara Cerdas Memulai Bisnis Retail

Sebelum membahas lebih jauh tentang langkah cerdas memulai bisnis retail, tentu penting untuk mengetahui apa itu bisnis retail. Kita mungkin cukup akrab dengan istilah retail dalam bidang bisnis atau perdagangan. Retail hanyalah salah satu sistem pemasaran yang tengah populer saat ini. Walaupun konsepnya telah dikenal sejak waktu yang sangat lama.

Baca Juga: Tren Bisnis Ecommerce Tahun 2020

Retail atau retail adalah aktivitas perdagangan yang melibatkan barang atau penawaran jasa secara langsung kepada konsumen terakhir. Barang yang dibeli dari bisnis retail akan digunakan konsumen untuk konsumsi pribadi atau keperluan keluarga dan rumah tangga. Bukan untuk dijual kembali.

Dikenal pula dengan istilah eceran, retail memiliki peran sebagai perantara pemasaran yang menghubungkan produsen utama atau grosir besar dengan konsumen yang membeli dalam jumlah kecil atau satuan. Setelah membeli sejumlah barang dai bisnis yang lebih besar, pengecer atau retailer akan menjual kembali barang tersebtu dengan menetapkan harga tertentu untuk meraih keuntungan.

Cara Cerdas Memulai Bisnis Retail

Memiliki bisnis retail adalah keinginan banyak orang. Walaupun terdengar mudah, membangun bisnis retail juga membutuhkan usaha yang tidak mudah. Tidak hanya harus memiliki modal, tetapi juga pengetahuan yang baik tentang bagaimana bisnis retail bekerja.

Berikut tips cara cerdas membuka bisnis retail yang dapat Anda jalankan:

1. Menentukan Barang yang Akan Dijual

8 Langkah Cara Cerdas Memulai Bisnis Retail

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan jenis barang yang akan Anda jual. Anda bisa memulainya dari barang hobi yang Anda sukai. Tetapi harus diingat, kedua hal ini tidak cukup. Anda harus bisa memastikan bahwa produk yang Anda jual memang dibutuhkan oleh pasar.

Kemudian, pikirkan juga bagaimana cara Anda memperoleh barang tersebut. Pastikan Anda dapat menemukan supplier yang menjual produk atau barang tersebut. Dan tak kalah penting, perhitungkan keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari penjualan barang tersebut. Ini bisa dilihat dari berapa harga beli dan harga jual barang tersebut.

2. Mengenali Target Pelanggan dan Persaingan yang Ada

Ketika memutuskan jenis barang apa yang akan dijual, Anda juga harus sudah memilikirkan siapa yang akan membeli barang tersebut. Buatlah identifikasi calon pelanggan ideal Anda. Lakukan riset tentang target audiens Anda.

Dan tak lupa, pelajari persaingan yang ada. Ketahui seberapa besar kompetisi yang akan Anda ikuti. Kenali pesaing Anda, dan pelajari kelebihan sera kekurangan mereka. Sehingga Anda akan lebih mudah membuat rencana bisnis yang lebih unnggul dari pada yang lain.

3. Tentukan Lokasi Dimana Pelanggan Anda Berada

Banyak pebisnis pemula yang berpikir bahwa lokasi yang jauh dari kompetitor adalah pilihan yang tepat. Tapi, hal ini belum tentu benar. Anda harus memastikan bahwa toko Anda berada di lokasi, dimana pelanggan berada. Jikapun Anda memilih lokasi yang benar-benar zero competition Anda harus tetap memastikan bahwa area tersebut dapat mendatangkan pelanggan untuk Anda.

4. Memiliki Modal yang Cukup

Setelah menentukan barang yang dijual dan lokasi toko, maka langkah selanjutnya adalah membandingkan dengan modal yang Anda miliki. Patut diingat, akan membutuhkan beberapa waktu sampai Anda bisa meraup keuntungan pertama. Jadi sebagai pebisnis Anda harus realistis dan tidak beranggapan bahwa keuntungan akan langsung Anda dapatkan.

Modal yang harus Anda persiapkan antara lain mencakup biaya sewa/membangun toko, biaya belanja barang ke supplier, biaya kirim, listrik dan air, gaji karyawan, dan lain sebagainya. Bila memang belum mantap, Anda mungkin dapat menunda untuk membuka toko beberapa waktu, dan menjual produk Anda di marketplace.

5. Merekrut Karyawan yang Kompeten

8 Langkah Cara Cerdas Memulai Bisnis Retail

Langkah selanjutnya ketika mempersiapkan membuka toko online adalah merekrut karyawan yang kompeten. Hindari menggantungkan diri pada orang lain untuk hal yang satu ini. Anda tentu tidak ingin merekrut orang yang tidak berkualitas, bukan?

Setelah menentukan pilihan, Anda harus memberikan sedikit pelatihan yang berkaitan dengan produk, kepribadian, hingga penggunaan teknologi yang ada di toko Anda, jika Anda menggunakannya.

6. Memilih Supplier yang Tepat

Memilih supplier yang tepat adalah salah satu hal penting saat akan membuka toko retail. Harga yang murah tidak menjamin kualitas produk dan layanan yang ditawarkan seorang supplier. Ada faktor lain yang patut Anda pertimbangkan. Seperti kecepatan merespon, ketersediaan produk dan ketepatan waktu pengiriman adalah beberapa hal diantaranya.

Untuk mempermudah menemukan supplier yang tepat, Anda bisa melakukan survey terhadap beberapa supplier besar yang produknya sesuai dengan keinginan Anda. Semakin banyak informasi tentang supplier yang Anda dapatkan, semakin banyak informasi yang bisa Anda pertimbangkan untuk memilih supplier toko retail yang anda jalankan.

7. Melakukan Promosi yang Bagus

Agar toko Anda ramai, yang harus Anda lakukan tentu saja adalah melakukan promosi. Ini penting agar toko Anda segera dikenal oleh khalayak ramai. Tak perlu memikirkan berapa biaya yang harus Anda keluarkan untuk melakukan aktivitas ini.

Ada banyak cara promosi kreatif yang bisa Anda lakukan. Alih-alih memberikan diskon besar-besaran, Anda bisa memberika voucher atau cindera mata untuk pembeli pertama Anda. Atau, Anda juga bisa bekerja sama dengan komunitas atau bisnis lain untuk memperkuat branding dan promosi Anda.

8. Beradaptasi dengan Teknologi

Hal terakhir yang tak kalah penting dalam memulai bisnis retailadalah beradaptasi dengan trend dan segala perubahan yang terjadi dalam industri retail. Salah satunya adalah penggunaan teknologi. Pesaing Anda mungkin sudah mengurangi proses manual dan mengotomatisasi bisnisnya. Dan Anda pun harus melakukannya.

Kemampuan memprediksi permintaan pasar secara akurat akan membantu Anda untuk bersaing di bisnis retail yang semakin ketat. Salah satu adaptasi teknologi yang bisa Anda terapkan adalah penggunaan sistem POS atau point of sales. Dengan menggunakan aplikasi POS, Anda bisa melakuan banyak hal dengan mudah. Seperti manajemen persediaan dan penjualan dengan lebih efisien.

Kesimpulan

Itulah tadi delapan cara cerdas memulai bisnis retail. Bisnis retailadalah ujung tombak pemasaran produk. Karena itu, Anda harus memahami dengan baik cara memulai bisnis retail.

Untuk Anda yang sedang memulai bisnis retail, Jejualan memberikan dukungan penuh untuk Anda dengan website toko online kaya fitur. Tak perlu takut ribet, karena Anda bahkan bisa membuka toko online di Jejualan kurang dari satu menit. Tunggu apalagi, Jejualan, Buka Toko Online Dalam 20 Detik.

Send Comment