Tahukah kamu bahwa algoritma Instagram sangat berpengaruh pada sebuah bisnis? Ya, seiring penggunanya yang semakin bertambah, media sosial besutan Facebook ini menjadi semakin rutin melakukan pembaruan algoritma. Dan sedikit banyak, hal ini memberikan pengaruh yang besar bagi para penggunanya, tak terkecuali pengguna yang menjadikan Instagram sebagai ladang berbisnis. Dan tentu kita semua tahu, media social telah menjelma menjadi salah satu poros penggerak bisnis online.

Pertanyaan bagaimana cara kerja algoritma Instagram telah mengemuka sejah tahun 2016. Tahun dimana Instagram membuat algortima bukan lagi berdasarkan orang yang diikuti, tetapi interaksi yang sebelumnya pernah Anda temui. Sejak itulah banyak beredar kabar simpang siur mengenai bagaimana algoritma ini bekerja.

Dan sebagai brand, sebagai pelaku bisnis online, tentu saja Anda harus selalu siap melakukan adaptasi terhadap berbagai perubahan yang terjadi. Ini akan berkaitan dengan strategi social media marketing dan digital marketing yang sedang Anda jalani.

Bagaimana Cara Kerja Algoritma Instagram Bekerja?

Algoritma Instagram terbaru menentukan urutan posting yang dilihat pengguna ketika mereka menggulir feed mereka. Berdasarkan kondisi tertentu, algoritma ini memprioritaskan postingan yang paling relevan dan memberinya visibilitas tertinggi. Sedangkan konten lainnya ditempatkan lebih jauh ke bawah dalam feed seseorang.

Manfaat Algoritma Instagram Untuk Bisnis

Pada bulan Juli 2018, Instagram merilis informasi pada pengguna, beberapa factor yang diperhitungkan oleh algoritma ketika memprioritaskan konten dalam feed pengguna. Penting untuk dicatat bahwa meskipun algoritma selalu berubah, ada tiga faktor utama yang bisa dijadikan acuan untuk menjalankan strategi Instagram marketing Anda:

Hubungan Dengan Pengguna

Jika ada pengguna yang terlibat interaksi dengan konten lama Anda, mereka akan cenderung melihat konten Anda di masa yang akan dating. Ini akan membuat keterlibatan berulang pada postingan Anda. Dan untuk pelaku bisnis online, ini sangat penting untuk membangun audiens yang loyal.

Ketertarikan Pengguna

Faktor ini berdasarkan pada apakah pengguna berinteraksi dengan akun atau postingan lain yang serupa ketika mereka menjelajah Instagram. Pengguna yang melihat konten serupa cenderung akan melihat konten Anda, karena saling berkait.

Timeline

Meskipun Instagram tak lagi menampilkan timeline yang simple seperti dahulu, posting berdasarakan ketepatan waktu masih sangat relevan. Postingan yang lebih baru akan timbul ke bagian atas, sementara postingan yang lebih lama akan muncul jauh di bawah.

Faktor Lain yang mempengaruhi Algoritma Instagram

Instagram juga mengakui ada beberapa faktor lain yang mempengaruhi cara algoritma mengatur feed atau timeline masing-masing individu:

Frekuensi Penggunaan

Faktor pertama, ini tergantung pada seberapa sering pengguna membuka aplikasi. Algoritma ini bertujuan untuk menunjukkan kepada pengguna postingan terbaik dan terpopuler sejak terakhir kali mereka melihat feed.

Jumlah Mengikuti

Jika pengguna mengikuti banyak akun, mereka mungkin akan melihat lebih sedikit postingan dari satu akun tertentu, meskipun akun tersebut produktif sekalipun. Di sisi lain jika pengguna mengikuti jumlah akun yang lebih sedikit, cenderung akan terlihat postingan yang lebih banyak dari masing-masing akun tersebut.

Waktu Penggunaan

Seorang pengguna yang menghabiskan waktu 45 menit di Instagram akan melihat lebih banyak postingan, dalam hal ini postingan berkinerja butruk, daripada pengguna yang hanya menghabiskan waktunya selama 5 menit. Pengguna jenis ini hanya akan melihat postingan dengan kinerja yang sangat baik.

Manfaat Algoritma Instagram Untuk Bisnis Online

Meningkatkan Hubungan dengan Pelanggan, bukan sekedar reach

Loyalitas pelanggan dan keterlibatan yang terus menerus dari pengikut Anda pada algortima instagarm terbaru lebih penting dari sebelumnya. Hal ini karena dapat memberi Anda salah satu tempat teratas dalam timeline mereka.

Beberapa cara untuk meningkatkan relasi dengan pengikut adalah:

  • Sesuatu yang mendorong pengikut untuk membagikan apa yang mereka pikirkan dan memberi Anda kesempatan untuk memulai pembicaraan dengan mereka.
  • Memperluas jejak digital di Instagram dengan mendorong pengguna membuat konten tentang merek Anda dan menandai Anda di postingan tersebut.
  • Posting yang membangun keterlibatan. Seperti menandai teman, atau kuis yang mendorong pengikut untuk berkomentar.

Meningkatkan Visibilitas dengan Berkomentar Pada Postingan Lain yang Relevan

Anda juga dapat membangun engagement di Instagram pada postingan pengguna lain diluar konten Anda sendiri dengan meninggalkan komentar unik pada akun lainnya. Seperti pelanggan potensial, influencer yang relevan dan bisnis terkait.

Manfaat Algoritma Instagram Untuk Bisnis

Berkomentar pada akun besar dan memiliki banyak pengguna dapat meningkatkan visibilitas Anda. Carilah akun yang kemungkinan diikuti oleh target audiens Anda, ikuti mereka, dan bergabunglah dalam interaksi yang dibangun.

Saat melakukan hal ini, jadilah diri Anda sendiri dan berkomenterlah yang bernilai. Jangan hanya mencari peluang untuk mendapatkan promosi dan meninggalkan respon yang umum. Tunjukkan brand image Anda dan membangun engagement dengan cara yang elegan dan bijaksana.

Mengetahui Waktu Posting Terbaik

Untuk memaksimalkan potensi dari setiap konten postingan, usahakan untuk mempostingnya di waktu puncak pengikut Anda sedang aktif-aktifnya. Karena dengan algoritma terbarunya saat ini, Instagram ingin pengguna mendapatkan sesuatu yang paling baru di lini masa mereka.

Dalam penentuan waktu posting terbaik, Anda bisa menganalisanya menggunakan analytic dari Instagram. Tools ini tersedia dalam semua profil bisnis di aplikasi mobile.

Memaksimalkan Hashtag

Penggunaan hashtag di Instagram dapat membantu Anda meningkatkan jangkauan, dengan memunculkan Anda pada pencarian yang relevan. Agar startegi ini berjalan efektif, Anda harus memilih tagar yang ditelusuri target audiens Anda untuk menemukan konten dan pengguna lain.

Jangan hanya menambahkan hashtag pada postingan Anda sendiri. Anda juga bisa menggunkannya saat meninggalkan komentar di postingan akun lain.

Repost Konten Lama

Jika Anda ingin menghasilkan konten yang cukup banyak mendapatkan perhatian, atau ingin postingan tertentu dilihat sebanyak mungkin orang, Anda bisa memposting ulang konten lama Anda. Anda bisa menggantinya dengan caption baru, dan menggunakan tagar, misalnya #repost.

Mendapatkan Lebih Banyak Perhatian Dengan Instagram Story

Menggunggah story di Instagram merupakan cara yang bagus untuk membangun perhatian dan loyalitas pengikut Anda. Untuk memaksimalkan penggunaan story ini, Anda bisa melakukan beberapa trik. Seperti menambahkan stiker tagar yang sesuai dengan branding Anda. Atau juga bisa membagikan cerita dari pengguna lain.

Memproduksi Konten Berkualitas

Manfaat Algoritma Instagram Untuk Bisnis

Inilah  kegunaan dari penggunaan algoritma Instagram. Di Instagram, algoritma akan menyaring konten mana yang memiliki kualitas gambar atau video yang paling bagus, dan menampilkannya di timeline yang paling atas. Sedangkan konten berkualitas buruk, seperti foto atau video yang blur, akan tenggelam dan berada di bawah.

Kesimpulan

Algoritma media social, dalam hal ini algoritma Instagram akan selalu berubah. Jika mampu beradaptasi dengannya, Anda akan merasakan manfaat algoritma untuk bisnis online. Jika Anda ingin mendapatkan peringkat terbaik di Instagram dan meningkatkan bisnis, tak cukup hanya dengan menerbitkan konten secara teratur. Namun juga membangun relasi dan keterikatan dengan pengguna adalah hal yang penting.

Jika ingin mencoba membuat toko online Anda sendiri, Jejualan mempunyai fitur trial selama 5 hari, dan rasakan pengalaman mengelola toko online Anda sendiri bersama Jejualan. Semoga artikel ini bermanfaat.

 

Send Comment