Sebagai seorang pebisnis online, salah satu hal  yang menjadi konsentrasi adalah bagaimana cara meningkatkan penjualan secara berkesinambungan. Apapun skala bisnisnya. Baik pebisnis kecil, atau orang yang sudah memiliki bisnis yang besar. Apalagi di era internet seperti sekarang ini. Tidak bisa dibantah lagi, digitalisasi telah banyak merubah peradaban manusi. Termasuk cara berbisnis. Kehadiran internet seolah mendobrak batasan-batasan yang mungkin dialami oleh orang yang berbisnis sebelum adanya era internet. Maka dari itu, penting untuk mengetahui strategi bisnis penjualan online.

Banyak pebisnis masa kini yang yakin bahwa toko online adalah investasi terbaik hari ini. Dengan website toko online, Anda dapat membuka berbagai kesempatan dan peluang baru. Kita tentu dapat bersepakat bahwa bisnis online adalah sebuah tempat dimana persaingan terjadi begitu ketat.

Memilih strategi bisnis penjualan online adalah sebuah tugas yang menantang. Untuk dapat menemukan strategi yang tepat, proses trial and error akan menjadi santapan sehari-hari. Sebuah strategi yang bagus bagi Anda, belum tentu bisa berjalan maksimal di bisnis lainnya.

Terlebih di masa pandemi yang sedang melanda dunia hari ini. Ketika banyak bisnis berguguran satu per satu dan banyak orang kehilangan pekerjaan. Banting setir menjadi pebisnis online adalah sebuah langkah yang tak bisa ditawar. Untuk itu, Kanca Jejualan, berikut ini adalah strategi bisnis jualan online yang patut Anda coba:

Pengertian Strategi

Analisa Strategi Bisnis Penjualan Online

Sebelum membahas lebih jauh tentang strategi bisnis jualan online, ada satu hal penting yang harus Anda pahami. Yaitu definisi strategi. Strategi didefinisikan sebagai melakukan kegiatan yang berbeda dari pesaing atau melakukan kegiatan yang sama dengan pesaing dengan melakukan berbagai cara.

Ada juga yang mendefenisikan strategi sebagai alat untuk menciptakan keunggulan bersaing. Dengan demikian, salah satu fokus strategi adalah memutuskan apakah bisnis tersebut layak untuk dijalankan atau tidak.

Strategi Bisnis Jualan Online

Pada bagian awal artikel ini telah disebutkan bahwa apapun skala bisnis Anda, sangat penting untuk mengetahui strategi bisnis jualan online. Dengan strategi bisnis jualan online yang tepat, Anda akan tahu apa saja yang harus dilakukan agar penjualan dapat meningkat.

1. Membuat website toko online yang bagus

Strategi bisnis jualan online yang pertama adalah membuat website toko onlin yang bagus. Akan ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika memiliki website toko online. terlebih jika website tersebut dapat peringkat yang bagus di halaman depan mesin pencari. Selain memudahkan bertemu dengan konsumen baru, ini juga dapat meningkatkan citra bisnis yang sedang Anda jalankan.

Untuk urusan menaikkan peringkat website di halaman utama mesin pencari, Anda bisa menggunakan jasa seorang SEO specialist

2. Memaksimalkan jaringan dan relasi

Ketika menjalankan bisnis, memiliki jaringan yang luas adalah sebuah hal yang sangat penting. Dengan membangun relasi yag baik, Anda dapat memasarkan produk dengan jangkauan yang lebih luas. Kesempatan mendapatkan consume yang membutuhkan produk Anda juga akan semakin besar.

Baca Juga: Cara Meyakinkan Konsumen Untuk Membeli Produk Anda!

Untuk membangun jaringan yang luas, Anda bisa memulainya dari lingkup yang paling sempit dan kemudian meluas. Karena lingkup jaringan yang kecil pun dapat memberikan dampak yang besar pada produk yang dijual.

3. Maksimalkan digital marketing

Analisa Strategi Bisnis Penjualan Online

Pemasaran digital menjadi tulang punggung dalam bisnis online. Maka dari itu, anda harus mencoba integrated digital marketing. Dalam bisnis, fenomena integrated digital marketing dapat dijadikan teknik memulai usaha dari kecil, untuk secara konsisten mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Membuat konten marketing yang menarik

Membuat website yang bagus tak akan ada artinya bila konten yang ada di dalamnya tidak dapat menarik pengunjung untuk melakukan tindakan selanjutnya. Tak hanya di website, media pemasaran ini dapat berupa artikel, video, atau gambar yang sesuai dengan bisnis yang sedang Anda jalankan.

Misalnya, Anda menjual produk aksesoris motor. Maka, Anda bisa membuat sebuah video tutorial cara menggantti headlamp motor. Cara ini akan sangat efektif untuk menjaring pelanggan baru dan mempertahankan lama agar tidak bosan untuk datang ke toko online Anda.

5. Selalu up to date dengan tren baru

Sebagai seorang pelaku bisnis online, sudah jadi kewajiban bagi Anda untuk selal up to date dengan tren terbaru. Terutama terkait dengan penggunaan teknologi baru. Manusia dituntut untuk fleksibel dalam menggunakan bermacam-macam media sosial yang ada di masyarakat.

Sebisa mungkin jangan kaku dan terus mengikuti tren yang ada. Apalagi, penggunaan media sosial sangat penting dalam bisnis. Jadi, pahami tren yang ada dan jadikan senjata pemasaran Anda yang ampuh.

6. Memiliki target untuk acuan

Di dalam dunia bisnis, adalah hal yang lumrah untuk mempunyai target pemasaran. Luangkan waktu untuk memetakan target pasar dalam jangka waktu tertentu. Strategi bisnis penjualan online ini perlu dilakukan karena tidak semua orang menginginkan atau membutuhkan produk yang Anda jual.

Tetapkan target pasar Anda. Bidik kalangan tertentu yang memiliki potensi pembelian yang tinggi. Ini akan memudahkan Anda juga dalam memilih strategi pemasaran yang tepat, untuk hasil yang lebih maksimal.

Mari ambil contoh, target pasar Anda adalah kalangan anak muda. Maka Anda dapat membuat bahasa komunikasi pemasaran yang sesuai dengan demografi target market Anda.

7. Bergabung dengan marketplace

Analisa Strategi Bisnis Penjualan Online

Sudah bukan rahasia lagi bahwa bisnis online semakin menjamur hari ini. Tetapi risiko keamanan bertransaksi masih menjadi perhatian konsumen. Karena itu, untuk memupus keraguan konsumen, bergabung dengan ecommerce adalah langkah yang tepat. Ecommerce akan membuat pelanggan merasa aman dalam bertransaksi karena ada pihak ketiga yang bertanggungjawab.

Bergabung dengan marketplace akan membuka kesempatan Anda untuk bertemu dengan para pelanggan baru yang mencari produk sesuai deskripsi yang mereka inginkan. Hal ini dapat meningkatkan nilai produk Anda di pasaran.

8. Melakukan kampanye iklan berbayar

Tanpa cara promosi yang tepat, bisnis yang Anda jalankan tidak akan diketahui banyak orang. Dan untuk memaksimalkan iklan di era daring seperti ini, Anda bisa menggunakan layanan iklan berbayar dari Google dan Facebook. Kedua layanan iklan berbayar ini sangat cocok bagi Anda untuk dapat meluaskan pasar.

Di Google, Anda bisa menggunakan platform Google Ads. Sedangkan untuk menjangkau pelanggan dari media sosial, Facebook masih menjadi yang terdepan. Apalagi raksasa media sosial ini tak hanya memiliki Facebook, tetapi juga Instagram dan WhatsApp. Sehingga Anda bisa mengintegrasikan keduanya.

Kesimpulan

Meningkatkan penjualan online adalah jalan yang menantang. Tinggal bagaimana Anda dapat menemukan strategi bisnis penjualan online yang tepat.

Ingin memiliki webiste toko online Anda sendiri? Jejualan punya banyak pilihan paket yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Tunggu apalagi, Jejualan, Buka Toko Online Cuma 20 Detik.

Send Comment