Dalam dunia bisnis, penjualan telah menjadi satu hal yang paling banyak diperhatikan. Karena dari penjualanlah, roda bisnis  bisa berputar, dan kelangsungan usaha bisa dijaga. Karena itu, sebagai pebisnis, Anda harus senantiasa memperhatikan tingkat penjualan. Demi untuk meningkatkan penjualan, sudah pasti Anda harus tahu cara meyakinkan konsumen agar mau membeli produk yang sedang Anda jual.

Dan meyakinkan konsumen adala sebuah pekerjaan yang menantang. Salah satu tantangannya adalah keraguan yang ada pada diri konsumen. Konsumen yang ragu dan cenderung takut adalah hal yang lazim ditemui. Terutama jika Anda adalah pelaku bisnis online. Dengan segala kecanggihan teknologi yang ada,meyakinkan konsumen bukanlah pekerjaan yang ringan.

Kalau sudah demikian, sebagai pebisnis, Anda tidak bisa sembarangan menawarkan produk kepada calon konsumen. Alih-alih tertarik, bisa jadi konsumen yang Anda targetkan berpaling ke kompetitor karena Anda gagal meyakinkan mereka. Ingat, bisnis online adalah dunia yang penuh persaingan. Ada banyak orang diluar sana yang menjual produk serupa dengan Anda.

Jika Anda mengalami kesulitan untuk meyakinkan konsumen, belum tentu faktornya adalah kualitas produk yang Anda jual.Mungkin strategi yang Anda lakukan dalam berpromosi kurang tepat, hingga konsumen tidak berminat pada produk Anda.

Pertanyaannya kemudian adalah, bagaimana cara meyakinkan konsumen agar mau membeli produk Anda? Kanca Jejualan, simak tipsnya berikut ya.

Cara Meyakinkan Konsumen Agar Mau Membeli Produk Anda

1. Perhatikan Kualitas Produk

Cara Meyakinkan Konsumen Agar Mau Membeli Produk Anda

Hal pertama yang harus Anda perhatikan saat mencoba meyakinkan konsumen adalah kualitas produk yang Anda jual. Tidak bisa tidak, kualitas produk menjadi pertimbangan utama konsumen dalam membeli suatu produk.

Misalnya, jika Anda memiliki bisnis tas kulit imitasi dan ingin mendapatkan keuntungan yang besar, padahal kompetitor Anda banyak yang menggunakan bahan kulit asli yang lebih disukai pasar, tentu Anda akan kalah. Karena itu, pastikan produk yang Anda jual berkualitas baik sehingga dapat memenuhi harapan konsumen.

Jangan segan untuk menyisihkan waktu dan uang untuk melakuan riset dan pengembangan produk demi mendapatkan kualitas produk terbaik.

2. Tawarkan Produk ke Konsumen yang Tepat

Agar mempermudah produk yang dijual terserap oleh pasar, maka produk yang Anda tawarkan haruslah ditujukan kepada konsumen yang benar-benar membutuhkan produk Anda. Pastikan, siapa saja yang menjadi target pasar Anda. Anda bisa menentukannya berdasarkan demografi konsumen. Demografi sendiri meliputi jenis kelamin, umur, tingkat ekonomi, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Strategi Distribusi Produk Dengan Cepat dan Efisien

Dengan begitu, Anda dapat mempertegas siapa konsumen yang potensial produk Anda. Sehingga Anda tidak perlu menghabiskan waktu dan tenaga untuk berpromosi kepada orang yang tidak membutuhkannya.

Ditambah lagi, jika sudah memiliki konsumen yang tertarget, pekerjaan Anda menjadi lebih mudah. Anda bisa menentukan tempat atau platform yang cocok untuk berjualan dan bertemu dengan calon konsumen yang tertarik membeli produk Anda.

3. Menggunakan Bahasa yang Mudah Dimengerti

Cara Meyakinkan Konsumen Agar Mau Membeli Produk Anda

Kanca Jejualan, tingkat pengetahuan setiap konsumen terhadap sebuah produk tidak bisa disamaratkan. Ada konsumen yang benar-benar memahami produk secara detail, namun juga ada konsumen yang tidak paham sama sekali tentang produk yang diinginkan.

Disinilah Anda harus mampu menyederhanakan bahasa yang Anda gunakan saat berpromosi. Sebagus apapun produk yang miliki, jika bahasa yang Anda gunakan tidak dipahami oleh pasar, produk Anda tidak akan laku. Dengan semakin pahamnya konsumen tentang produk yang Anda tawarkan, semakin mudah bagi Anda untuk meyakinkan konsumen untuk membeli produk Anda.

4. Tonjolkan Keunggulan Produk Anda

Selain kualitas produk yang baik, untuk meyakinkan konsumen agar mau membeli produk adalah menonjolkan keunggulan pada produk tersebut. Apalagi jika produk yang Anda jual merupakan produk yang sama dengan harga yang sama, yang ditawarkan oleh pesaing Anda, maka akan sulit untuk meyakinkan konsumen untuk membeli produk Anda. Sebab, konsumen tidak harus membelinya dari Anda.

Oleh karena itu, pastikan produk Anda memiliki sebuah keunggulan. Misalnya dari segi pelayanan. Jika banyak orang yang menjual produk yang sama Anda bisa menawarkan garansi produk yang lebih lama, biaya pengiriman, atau pelayanan konsumen 24 jam seperti Jejualan.

Memberikan sesuatu yang lebih dari apa yang diharapkan oleh konsumen adalah cara paling ampuh untuk meyakinkan konsumen agar mau membeli produk Anda.

5. Tunjukkan Testimoni dari Konsumen yang Pernah Membeli

Cara meyakinkan konsumen yang tak kalah penting juga bisa dilakukan dengan menunjukkan testimoni dari konsumen lain yang pernah membeli produk Anda. Terlebih lagi jika Anda berhasil mendapatkan testimoni pembeli dari kalangan public figure yang inspiratif, maka akan semakin mudah untuk meyakinkan konsumen dan membuat mereka lebih tertarik.

Oleh sebab itu, Anda harus mulai mengumpulkan testimoni dari para pembeli tersebut. Cukup penting untuk mengumpulkan testimoni ini, karena konsumen baru yang sulit diyakinkan dapat luluh dengan menunjukkan beberapa pengalaman positif dari konsumen lain yang telah membeli produk Anda.

6. Berikan Kesempatan Konsumen Waktu Untuk Mencoba

Cara Meyakinkan Konsumen Agar Mau Membeli Produk Anda

Saat Anda menawarkan produk yang baru, memberikan waktu konsumen untuk mencoba adalah opsi yang bisa Anda pilih. Ini akan memberikan keyakinan konsumen untuk membeli produk tersebut. Karena tentunya mereka ingin merasakan sendiri produk yang mereka inginkan secara langsung dan mengtahui produk yang Anda tawarkan.

Alangkah baik jika Anda memberikan sampel gratis, contoh produk atau free trial yang bisa Anda coba oleh calon konsumen. Anda bisa menanyakan bagaimana pendapat mereka setelah mencobanya dan jelaskan kembali tentang produk Anda untuk meyakinkan mereka membeli produk Anda.

7. Konsisten Melakukan Promosi

Bagi seorang pebisnis, penting untuk melakukan promosi secara konsisten. Karena promosi adalah landasan untuk mulai membangun keyakinan konsumen terhadap produk ataupun bisnis Anda. Terlalu jarang atau bahkan terlalu sering berpromosi, hal tersebut dapat membahayakan bisnis Anda.

Maka dari itu, langkah promosi yang tepat adalah dengan melakukannya secara konsisten. Misalnya seperti launching produk baru beberapa waktu sekali, misal setiap mendekati hari perayaan nasional dan lain sebagainya.

8. Memperluas Jejaring

Memperluas jaringan dan memiliki banyak relasi dapat membantu Anda untuk lebih meyakinkan konsumen agar mau membeli produk Anda. Dengan semakin luasnya relasi yang dimiliki, maka bisnis Anda akan semakin meningkat, terutama pada konsumen yang membutuhkan produk Anda.

Kesimpulan

Cara meyakinkan konsumen agar membeli produk Anda adalah pekerjaan yang penuh tantangan. Jika Anda telah menemukan cara yang tepat untuk menjaring konsumen, tak hanya bisnis Anda yang semakin berkembang, tapi banyak hal baik lain yang akan Anda dapatkan.

Ingin membuat toko online Anda sendiri? Jejualan punya banyak pilihan paket yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jejualan, buat toko online cuma 20 detik.

Send Comment