Internet and domain names concept

Domain dan Hosting

Memiliki blog atau situs web melibatkan dua bagian terpisah, yaitu domain dan hosting. Penting untuk memahami elemen ini dalam pengelolaan situs Anda yang paling efektif.

Domain adalah alamat yang digunakan orang untuk membuka situs. Misalnya, nama domain dari jejualan adalah www.jejualan.com. Anda dapat mendaftarkan domain dengan sejumlah pendaftar atau penyedia layanan. Pada dasarnya Anda membayar biaya tahunan untuk menggunakan alamat web tersebut. Jika Anda berhenti membayar, orang lain dapat menggunakan domain sebagai gantinya.

Website hosting adalah layanan yang benar-benar menyimpan file website Anda. Jika Anda memiliki blog gratis melalui Blogger atau WordPress.com, maka hosting Anda adalah Google atau WordPress. Situs web yang dihosting sendiri menyewa ruang server dari perusahaan yang bekerjasama untuk menyimpan file Anda.

Pada dasarnya, Anda meletakkan file situs web di server hosting, lalu memberi tahu domain Anda untuk menunjuk ke file tersebut saat seseorang memasukkan URL. Ini seperti meletakkan kartu SIM di ponsel. Kartu SIM memberitahukan ponsel itu, “Hei, Anda bekerja dengan nomor telepon ini sekarang.” Sama seperti Anda dapat mengganti kartu SIM telepon dan membuat telepon bekerja dengan nomor telepon yang berbeda, domain Anda dapat diatur untuk bekerja dengan layanan web hosting yang berbeda.

Dilema Registrasi Domain

Saat Anda bekerjasama dengan penyedia hosting untuk situs web, Anda juga bisa mendaftarkan domain melalui hosting tersebut. Bagi banyak orang, menjaga semua barang di situs Anda terdengar sama bagusnya. Anda hanya perlu mengikuti satu set informasi login, dan Anda tahu bahwa staf pendukung teknis dari hosting Anda akan memastikan semuanya telah dikonfigurasi dengan benar. Namun, Anda juga memiliki pilihan untuk mendaftarkan domain ke tempat lain dan cukup mengarahkannya ke hosting Anda. Inilah yang sangat saya rekomendasikan untuk sejumlah alasan.

Jaga domain Anda di satu tempat yang berbeda dengan web hosting. Jika suatu saat Anda ingin berpindah web hosting, Anda tidak akan kesulitan untuk mengambil kembali domain Anda. Transfer domain bisa menyebalkan, menyita waktu, dan membingungkan. Tetapi jika Anda telah mendaftarkan domain di tempat lain, Anda tidak perlu melakukan apapun kecuali memperbarui pengaturan DNS untuk menunjuk ke hosting baru.

Rekomendasi untuk Domain dan Hosting

Seperti biasa, kami merekomendasikan Idwebhost untuk registrasi domain. Mereka mengagumkan dan memiliki layanan pelanggan yang sangat baik. Mereka memiliki fitur pencarian yang bagus yang akan menyarankan nama domain alternatif jika yang Anda inginkan diambil.

Tidak masalah registrar domain atau layanan hosting yang Anda pilih, pastikan Anda mengerti apa yang mereka berikan, berapa biayanya, dan bagaimana situs Anda akan terpengaruh jika terjadi perpindahan. Anda mungkin berpikir untuk selalu berpegang pada penyedia hosting saat ini, namun Anda tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Lebih baik dipersiapkan. Pikirkan hal buruk yang dapat terjadi dan berharap untuk melakukan yang terbaik.

 

Send Comment


3 − = two