Apa Itu Internet Marketing?

internet marketing

Pengertian Internet Marketing

Pengertian Internet Marketing atau pemasaran elektronik adalah sebuah pemasaran yang dilakukan oleh seseorang baik itu seorang webmaster, praktisi, pemilik website atau siapa saja yang memasarkan barang atau jasa di internet dengan target tertentu yang telah dimiliki. Jadi, pengertian internet marketing adalah salah satu teknik pemasaran menggunakan media online.

Internet marketing dinilai jauh lebih efektif dan efisien dibanding melakukan pemasaran tradisional, seperti promosi melalui radio, surat kabar atau majalah. Hal tersebut dikarenakan biaya internet marketing sangat murah dan untuk mencari target (calon pelanggan) jauh lebih mudah. Apalagi, saat ini orang-orang cenderung untuk hidup secara online dan mulai meninggalkan cara-cara tradisional.

Manfaat Internet Marketing

Beberapa hal yang harus Anda ketahui tentang manfaat luas menggunakan internet marketing adalah sebagai berikut:
– Waktu yang tidak terbatas. (24 jam nonstop)
– Jangkauan pasar luas. (Bukan hanya mencakup daerah kabupaten, kota, provinsi, maupun negara. Anda juga bisa menjangkau dunia)
– Hemat biaya. (Anda bisa menghemat hingga 80% biaya pemasaran dan dapat mengalokasikannya untuk kebutuhan lain)
– Jalin hubungan langsung dengan konsumen. (Anda bisa melakukannya melalui live chat, messenger atau email)
– Minim Resiko. (Toko online Anda tidak akan mengalami kebakaran, kemalingan, atau segala hal yang terjadi saat Anda hanya menggunakan toko fisik)
– Persaingan minim. (Banyak kategori bisnis terutama di Indonesia yang masih minim pesaing melalui pemasaran internet karena masih banyak orang yang belum memahami internet marketing dengan baik).

social media marketing

Jenis-Jenis Internet Marketing

Internet marketing dapat dibagi menjadi beberapa jenis yang lebih khusus yaitu:

1. Web Marketing

Web marketing adalah teknik pemasaran menggunakan media website. Ada berbagai macam contoh pemasaran menggunakan media website yang pastinya sering kita temui di internet, seperti salah satu contohnya adalah situs afiliasi atau situs yang menawarkan produk orang lain untuk dijual kembali. Ciri khas dari situs afiliasi adalah tampilannya yang hanya 1 kolom, hal ini bertujuan untuk membuat pengunjung fokus pada inti artikel tersebut.

2. Email Marketing

Email marketing atau pemasaran melalui media email mungkin tak setenar atau tak sepopuler web marketing, meski demikian bukan berarti email marketing tidak efektif untuk menjaring pelanggan. Anggapan tersebut sama sekali tidak benar, karena justru email marketing dinilai oleh para Internet Marketer Profesional sebagai media promosi online terbaik.

Pernyataan tersebut tentu bukanlah tanpa alasan, mengingat bahwa email merupakan salah satu media komunikasi online yang sifatnya cukup private, itu artinya pemasaran menggunakan email sangatlah tepat untuk melakukan penawaran secara personal atau bisa dibilang sebagai penawaran ekslusif. Satu hal yang perlu diingat saat melakukan pemasaran menggunakan email marketing adalah jangan melakukan spam karena itu akan mengganggu dan membuat pelanggan meninggalkan bisnis Anda.

3. Social Media Marketing

Social media merupakan salah satu contoh teknik pemasaran online yang cukup digemari oleh para Internet Marketers saat ini, alasan utamanya tak lain dan tak bukan adalah karena biaya promosi yang murah, bahkan jika semua dikerjakan manual, maka tidak akan ada biaya sama sekali alias gratis (diluar biaya kuota internet). Kekuatan media sosial sebagai media promosi tentu tak bisa diragukan lagi, hal ini dikarenakan jumlah dari pengguna media sosial yang terlampau banyak, membuatnya sebagai tempat paling tepat untuk melakukan promosi online.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda pahami mengenai internet marketing. Anda dapat mulai melakukan internet marketing dengan membuat toko online sendiri. Salah satunya menggunakan layanan dari Jejualan. Jejualan merupakan salah satu jasa pembuatan toko online yang bisa Anda gunakan. Fitur menarik yang ditawarkan Jejualan juga beragam seperti kemudahan dalam membuatnya, memiliki banyak pilihan desain menarik, harga yang terjangkau, hingga gratis domain .com dan .net seumur hidup. Segera daftarkan bisnis Anda menggunakan Jejualan dan dapatkan free trial hingga 15 hari.

Send Comment


2 + = seven