tree-1040x847

Marketing Communication atau komunikasi pemasaran  adalah bagian fundamental dan kompleks dari usaha pemasaran perusahaan. Marketing communication dapat digambarkan sebagai semua pesan dan media yang Anda gunakan untuk berkomunikasi dengan pasar. Komunikasi pemasaran meliputi periklanan, pemasaran langsung, branding, kemasan, kehadiran online, materi cetak, aktivitas PR, presentasi penjualan, sponsor, penampilan pameran dagang dan banyak lagi.

Komunikasi pemasaran membantu mengembangkan kesadaran merek, yang berarti konsumen menerjemahkan informasi produk ke dalam persepsi tentang atribut produk dan posisinya di pasar yang lebih besar. Bisnis juga menggunakan komunikasi pemasaran untuk mempertahankan basis pelanggan saat ini, dan untuk memperkuat hubungan dengan pelanggan dan pemasok. Sedangkan strategi komunikasi pemasaran mendefinisikan rencana bisnis untuk penyebaran informasi produk dan pengembangan kesadaran merek.

7 Strategi Marketing Communication

marketing-communications-845x423

Pada artikel kali ini, kami akan membagikan beberapa strategi marketing communication yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan penjualan bisnis.

  1. Public Relation & Publicity. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan hubungan antara produk dengan konsumen dan masyarakat umum. Strategi ini dapat dilakukan dengan menjalankan beberapa program menarik yang dapat meningkatkan citra dari produk tersebut.
  2. Advertising. Advertising atau periklanan merupakan usaha penyajian non-personal atau promosi produk yang dibayar oleh pihak perusahaan. Iklan merupakan strategi komunikasi pemasaran dengan media tv, radio, majalah, koran dan lainnya.
  3. Sponsorship. Pemberian sponsor pada suatu kegiatan dapat menjadi strategi komunikasi pemasaran yang baik. Hal ini dapat meningkatakan brand awareness dan reputasi perusahaan itu sendir
  4. Sales Promotion. Promosi penjualan bertujuan untuk meningkatkan keinginan target konsumen untuk membeli suatu produk. Hal ini dapat berupa insentif jangka pendek yang menarik di mata konsumen. Promosi juga bertujuan untuk membujuk konsumen agar membeli produk.
  5. Personal Selling. Penjualan langsung dapat menjadi strategi komunikasi pemasaran dimana pihak perusahaan dapat berinteraksi langsung dengan konsumen. Dalam hal ini, perusahaan dapat menjelaskan produk lebih detail dan menerima feedback dari konsumen.
  6. Word of Mouth. Strategi ini merupakan komunikasi pemasaran secara personal yang cukup efektif dalam meningkatkan penjualan produk. Word of mouth sangat efektif dalam memengaruhi konsumen untuk membeli suatu produk. Konsumen akan membeli produk yang direkomendasikan oleh kenalannya karena menanggap bahwa informasi produk tersebut terpercaya dan personal. Word of mouth dianggap lebih persuasif dibandingkan pemasaran melalui iklan.
  7. Packaging. Kemasan produk dapat menjadi hal yang penting dalam strategi komunikasi pemasaran produk. Kemasan yang menarik dapat memengaruhi keputusan konsumen dalam membeli produk. Komunikasi ini bisa dalam bentuk desain, warna serta bentuk dari kemasan.

Strategi marketing communication sangat diperlukan untuk membuat sebuah bisnis terus berkembang. Marketing communication juga bisa dilakukan secara online yaitu dengan menggunakan website bisnis ataupun membuat toko online. Kini, Anda dapat membuat toko online lebih mudah menggunakan layanan pembuat toko online seperti Jejualan.

Jejualan adalah jasa pembuatan toko online yang memiliki berbagai desain menarik, gratis domain .com atau .net seumur hidup, serta memiliki paket harga yang cukup terjangkau. Jadi tunggu apalagi? Segera daftarkan bisnis Anda menggunakan Jejualan dan nikmati beragam fitur menarik lainnya.

Send Comment


7 − six =