merchant

Merchant adalah penjual barang/jasa yang memiliki bentuk usaha (physical store) maupun online store yang bekerjasama dengan Bank dalam penyediaan layanan penerimaan pembayaran via e-money bank yang bersangkutan. Merchant dibagi menjadi dua yaitu merchant perorangan dan merchant berbadan hukum.
Merchant perorangan adalah merchant milik perorangan tanpa berdasarkan pada tata cara dan ketentuan pendirian usaha berbadan hukum. Sedangkan merchant berbadan hukum adalah merchant yang didirikan berdasarkan pada tata cara dan ketentuan pendirian usaha berbadan hukum yang berlaku. Setelah perorangan atau badan usaha mendaftar sebagai merchant, maka selanjutnya mereka akan memperoleh ID merchant.

Cara Kerja Merchant

Secara Umum cara kerja Merchant seperti biasanya yaitu melayani para konsumennya dengan aturan sistem menurut Bank yang telah menerapkan aturannya kepada Merchant tersebut. Langkah pertama yang dilakukan calon Merchant adalah mendaftar terlebih dahulu sebagai mitra dengan data-data yang diperlukan secara benar, data ini secara otomatis akan tersimpan di database perusahaan sebagai ID pengenal bahwa Merchant tersebut telah resmi melakukan kerjasama dengan terlebih dahulu menyetujui syarat dan ketentuan yang ada di Perusahaan.
Langkah kedua setelah proses pendaftaran selesai, maka Merchant sekarang telah mempunyai virtual office yang berfungsi sebagai mediator dalam penerimaan transaksi Diskon Virtual dan Mata Uang Virtual yang akan ditransfer oleh calon pembeli. Dalam hal ini kecepatan maupun identitas dari pihak si pembeli akan mudah dikenali oleh Merchant karena dalam proses terjadinya transaksi tersebut antara pihak pembeli dan Merchant sudah mengetahui berapa nominal diskon virtual maupun mata uang virtual yang akan ditransfer ke virtual office Merchant tersebut.
Langkah ketiga setelah terjadinya proses transaksi tersebut seperti biasanya Merchant langsung mengirimkan produk yang sudah disepakati oleh kedua belah pihak baik dari bentuk produk, jumlah maupun biaya pengirimannya.

arti merchant

Produk yang Dijual Merchant

1. Produk Informasi

Produk informasi bisa berupa software, e-book, video, mp3. Di internet ada banyak merchant yang men-spesialisasikan kegiatan mereka dalam memproduksi produk informasi. Dan biasanya mereka juga bergabung dengan affiliasi network khusus untuk produk informasi.

2. Produk Fisik

Produk fisik bisa berupa, buku, alat-alat keperluan rumah tangga, kendaraan, dan lain-lain. Jika Anda berniat untuk menjadi seorang affiliate untuk produk fisik, Anda bisa bergabung ke affiliate network seperti Amazon.com, eBay, dan lain-lain.
Dari semua jenis produk yang ada, tentu saja ada kelebihan dan kekurangan dalam memasarkannya.
Ada produk yang tidak perlu dilihat secara langsung terlebih dahulu oleh konsumen. Mereka biasanya sudah tahu bentuk (format) produk yang akan dibeli. Misal, membeli cd, software, ebook dan sejenisnya. Selain itu, ada juga produk yang mengharuskan Anda untuk menyentuhnya terlebih dahulu sebelum membeli. Ini sebagian dibutuhkan saat Anda menjual produk-produk fisik.

Itulah beberapa hal yang dapat Anda pelajari tentang Merchant. Saat Anda menjadi seorang Merchant, maka Anda dapat mengembangkan usaha tersebut melalui toko online. Jejualan merupakan salah satu jasa pembuatan toko online yang bisa Anda gunakan. Fitur menarik yang ditawarkan Jejualan juga beragam seperti kemudahan dalam membuatnya, memiliki banyak pilihan desain menarik, harga yang terjangkau, hingga gratis domain .com dan .net seumur hidup. Segera daftarkan bisnis Anda menggunakan Jejualan dan dapatkan free trial hingga 15 hari.

Send Comment


− one = 2