Mempelajari cara membuat toko online di Tokopedia sangatlah penting khususnya bagi Anda yang ingin berjualan online. Di era teknologi yang semakin canggih, berjualan online cukup menggiurkan. Bagaimana tidak? Jangkauannya luas, Anda tak perlu membuka toko yang bahkan membutuhkan modal yang besar ataupun berkeliling menjajakan barang dagangan karena Anda cukup membuka toko online di beberapa ecommerce yang sudah populer di Indonesia, salah satunya seperti di Tokopedia.

Cara membuat toko online di Tokopedia juga sangat mudah. Bagi Anda yang ingin jualan online dan masih pemula, maka Anda bisa berjualan di Tokopedia. Tokopedia merupakan tempat membeli dan menjual barang yang juga merupakan bertemunya antara penjual dan pembeli. Hanya saja, pasar ini bersifat online. Apalagi penggunaan internet yang semakin meningkat, membuat pebisnis memanfaatkan marketplace untuk mengembangkan usaha melalui internet.

Orang zaman sekarang cenderung terlalu sibuk sehingga tidak sempat berbelanja langsung ke toko. Dengan begitu adanya toko online akan sangat membantu memenuhi kebutuhan dan kemudahan dalam berbelanja. Masyarakat sekarang ini juga cenderung cenderung lebih nyaman berbelanja online karena barang yang terletak sudah teratur. Beda halnya ketika belanja di Toko, yang membutuhkan tenaga dan waktu yang lebih untuk bisa berlama-lama dalam memilih dan membeli sesuatu. Belum lagi halnya, jika barang tersebut tidak tersedia.

 

 

Membuat toko online

Membuat toko online

 

Bagaimana cara membuat toko online di Tokopedia Melalui Desktop?

Untuk memudahkan orang lain dalam berbelanja, maka banyak orang yang berjualan online. Salah satu jualan online yang paling mudah adalah melalui Tokopedia. Di sini Anda bisa membuat toko online dengan cara yang mudah. Anda bisa menjalankan bisnis online dan pendaftarannya gratis dan sehingga Anda bisa menjual produk apa saja di sana.

Bagi Anda yang ingin membuat toko di Tokopedia, berikut caranya;

1. Masuk ke situs www.tokopedia.com

Hal pertama yang Anda lakukan di sini adalah dengan masuk ke situs tokopedia.

2. Klik tombol buka toko

Setelah masuk ke situs Tokopedia, nanti akan ada banyak opsi. Anda hanya perlu mengeklik Buka Toko.

3. Mengisi nama domain yang akan menjadi URL toko online Anda

Pada bagian ini Anda bisa memilih nama domain yang nantinya akan menjadi URL toko online yang Anda buat. Setelah itu Anda bisa langsung klik Buka Toko Sekarang.

4. Isikan pengaturan di toko online Anda

Setelah mengklik Buka Toko Sekarang, Anda bisa langsung mengisi seputar informasi toko seperti slogan dan deskripsi toko. Kemudian Anda bisa klik menu “selanjutnya” untuk mengisikan alamat toko dan lokasi penjemputan. Setelah itu selesai. Anda bisa langsung menggunakan toko online yang Anda buat.

Membuka toko dan menjual produk melalui Tokopedia adalah cara berbisnis yang mudah, murah, dan menguntungkan. Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dari berjualan secara online. Salah satunya Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membuka toko, dan pembeli akan datang menghubungi Anda. Agar usaha Anda berhasil dan laku keras, Anda harus jeli dalam memilih produk apa yang akan dijual. Sebaiknya jual produk yang sedang populer dan banyak diminati.

membuat toko online

Membuat toko online

 

Bisakah membuat toko onlimne di Tokopedia melalui Handphone?

Membuat toko online di Tokopedia melalui Handphone juga bisa. Anda harus mendonwload terlebih dahulu aplikasi Tokopedia. Setelah memiliki aplikasi Tokopedia, berikut cara mudah untuk membuat toko online;

Klik menu toogle yang berada pada pojok kiri

Ketika membuka aplikasi Tokopedia, nanti Anda akan melihat menu toogle pada bagian pojok kiri yang akan memunculkan beberapa opsi.

1. Daftar akun atau langsung masuk

Jika Anda belum mendaftar, Anda bisa melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Bagi Anda yang sudah mempunyai akun dan ingin masuk, silahkan pilih menu Masuk.

2. Pilih menu Buka Toko

Setelah berhasil masuk ke akun Anda, maka Anda bisa langsung klik menu Buka Toko. Isikan data seperti nama toko dan domain toko. Untuk nama toko ini terserah Anda, sesuai dengan kebutuhan Anda karena nantinya toko ini Anda sendiri yang kelola. Domain Toko juga diisi untuk membedakan toko Anda dengan  toko lainnya.

3. Isikan slogan dan deskripsi foto

Kedua data tersebut bersifat opsional. Maksudnya adalah Anda boleh mengisi, boleh juga tidak. Tetapi, disarankan untuk mengisinya, agar konsumen mengerti toko apa yang sedang ia kunjungi seperti menjual produk apa saja atau apapun mengenai toko Anda.

4. Lengkapi lokasi pengiriman

Lokasi pengiriman di sini seperti kota dan kode pos, dan tempat Anda mengirimkan produk kepada konsumen. Bisa juga Anda menambahkan Pinpoint lokasi, tetapi ini bersifat opsional. Fungsi dari pinpoint lokasi ini agar memudahkan jika Anda menggunakan kurir Express seperti Go-Send ataupun Grab Express.

5. Pilih layanan kurir

Di sini Anda bisa memilih layanan kurir yang ingin Anda gunakan untuk pengiriman barang nantinya. Kemudian klik menu selanjutnya dan selesai. Toko online Anda di Tokopedia sudah jadi dan Anda bisa menggunakan untuk jualan online.

Untuk melengkapi produk pada toko online yang Anda buat, Anda bisa langsung klik Tambah Produk. Tambahkan produk apa saja yang akan Anda jual di Tokopedia. Kemudian Anda bisa langsung melengkapi data produk Anda, Mulai dari gambar produk, nama produk, kategori, etalase bahkan harga sekalipun.

membuat toko online

Membuat toko online

 

Trik sukses jualan online di Tokopedia untuk pemula

1. Gunakan identitas asli untuk toko online Anda

Dengan memiliki identitas yang jelas hal ini akan membuat calon pelanggan Anda lebih percaya dan mau untuk kembali lagi. Maka Anda yang berjulan di Tokopedia sebaiknya gunkana nama asli atau nama toko yang mudah diingat. Hal ini akan memudahkan Anda dalam meningkatkan kepercayaan pada pelanggan.

2. Pilih foto yang bagus dan berkualitas

Foto produk yang bagus tidak harus menggunakan kamera mahal. Anda bisa memanfaatkan editing foto jika harus mengambil gambar melalui Smartphone. Dengan memiliki foto yang baik dan etalase yang tersusun rapi akan memudahkan mereka untuk mengetahui bentuk produk yang Anda jual tanpa harus melihat langsung.

3. Buat deskripsi toko dan produk yang Anda jual

Kedua hal tersebut sangat penting agar orang bisa lebih mudah paham dengan produk yang Anda jual. Jika perlu masukkan sejarah atau latar belakang toko Anda, keistimewaan dan juga keunggulan produk yang Anda jual.

Membuat toko online

Membuat toko online

 

4. Selalu berikan Update informasi produk baru

Pastikan Anda selalu mengupdate informasi mengenai produk yang Anda jual. Misalnya seperti stok barang, warna, ukuran, varian terbaru dan keterangan lain yang berhubungan dengan produk yang Anda jual. Dengan begitu calon pembeli akan lebih percaya kalau toko Anda benar-benar mengedepankan keinginan pelanggan.

Begitulah cara mudah membuat toko online di Tokopedia. Jangan lupa jika Anda membutuhkan jasa pembuatan toko online, Anda bisa memilih Jejualan. Jejualan menyediakan harga dan fitur yang murah namun tetap berkualitas.

 

Send Comment