Pelaku ecommerce dunia bernama Jack Ma tentunya sudah tidak asing lagi di telinga anda. Banyak orang yang mengenalnya sebagai salah satu pengusaha ecommerce yang terkenal di China. Tentu saja untuk bisa mencapai semua kesuksesannya saat ini, ada banyak perjuangan harus dilakukannya. Perjuangan tersebut dalam rangka mencapai hasil yang lebih maksimal di masa mendatang. Jadi jangan dikira semua bisa dia dapatkan dengan instan. Jika ditelusuri ke belakang sebelum tahun 1995, Jack Ma bukanlah orang kaya seperti sekarang. Dia hanyalah seorang guru bahasa Inggris. Dia bahkan tak tau komputer itu apa.

Dari seorang yang awalnya awam dalam hal internet, sangat mengejutkan jika kemudian Jack Ma berhasil menjadi seorang pengusaha internet yang paling terkenal di dunia. Sebagai perusahaan kelas internasional, dia mampu bersaing dengan kompetitor yang sudah ada sebelumnya, yaitu Amazon dan eBay. Pujian pun datang dari berbagai penjuru kepada pelaku ecommerce dunia ini. Semangatnya yang luar biasa membuatnya mampu mencapai kesuksesan sampai sekarang ini. Bahkan lebih luar biasa dibandingkan yang lainnya.

Pelaku Ecommerce Dunia Yang Berhasil Buktikan Kesuksesannya

Belajar Sukses Dari Pelaku Ecommerce Alibaba Dunia Jack Ma

jejualan

Pelaku ecommerce dunia benar-benar memulai semuanya dari nol. Perjuangan tersebut bermula pada saat eBay datang ke China di tahun 2002. Saat itu, sebetulnya sudah banyak perusahaan eCommerce yang ada di China, namun banyak dari mereka yang tidak mampu bersaing dengan situasi ekonomi yang ada saat itu. Ketika semua orang pesimis, Jack Ma tidak demikian. Dia malah semakin bersemangat. Menurutnya, dia tetap akan bisa bersaing di pasar eCommerce yang ada saat ini dengan baik. Bahkan dia berhasil membuktika itu semua.

Jack Ma berpendapat saat itu bahwa China tidak perlu bergantung pada teknologi atau semacamnya. Tapi yang lebih penting adalah bagaimana mereka bisa mengayomi para pelanggan dan memahami semua keinginan mereka. Jika dekat dengan pelanggan, tentu saja keuntungan besar akan bisa didapatkaan.

Dia Pun Mendirikan Alibaba.Com

Pelaku ecommerce dunia mendirikan alibaba.com sebagai sebuah situs jual beli online yang sangat terkenal. Dia tidak sendirian kala itu dirilis pada tahun 1999. Dia dibantu oleh 18 orang lainnya di apatermen di Hangzhou. Dalam situs ini, dia punya sebuah cita-cita yang mulia, yaitu membantu para pengusaha kecil dan menengah untuk memasarkan produk mereka ke pelanggan. Tentu saja ini tidaklah mudah. Pasalnya, banyak tantangan yang harus dihadapi. Namun, dia percaya bahwa kepercayaan konsumen adalah kunci mengatasi itu semua.

Jack Ma sebagai pelaku ecommerce dunia mampu untuk beradaptasi dengan baik bersama keadaan. Kemudian, mereka bisa cepat bagkit dan melakukan perbaikan di berbagai sektor signifikan. Hasilnya pun luar biasa, perusahaan mereka akhirnya bisa tumbuh berkembang semakin besar dan lebih sukses lagi. Dia pada akhirnya berhasil mencapai puncak kesuksesan pada tahun 2005. Di tahun tersebut, Jack Ma sukses bekerja sama dengan Yahoo dan mendapatkan dana sebesar 1 miliar Dollar AS. Yahoo membeli 40% saham dari Alibaba, sementara Jack Ma mengambil alih Yahoo yang saat itu berada di China. Disinilah terdapat sejumlah fitur yang diciptakan seperti pembayaran online Alipay, bisnis perangkat lunak Alisoft, dan lain sebagainya.

Jack Ma Telah Melayani Berbagai Pengguna Yang Ada di Seluruh Dunia

Belajar Sukses Dari Pelaku Ecommerce Alibaba Dunia Jack Ma

jejualan

Pelaku ecommerce dunia yang satu ini telah melayani berbagai pengguna yanga ada di seluruh dunia. Dari yang awalnya memiliki karyawan hanya 19 orang, perusahaan ini kemudian meningkat memiliki karyawan hingga 5.000 orang. Kemudian, perusahaan ini berkembang lagi menjadi lebih besar lagi dan melayani jutaan pengguna yang ada di seluruh dunia. Semangatnya yang luar biasa patut dijadikan sebagai panutan. Hal ini berkat keyakinan dan juga tekad kuat yang dimiliki oleh Jack Ma.

Jack Ma berkata bahwa dia adalah pelaku ecommerce dunia yang 100% berasal dari China. Dia tak mampu belajar bahasa Inggris di awal, tapi kemudian dia bisa belajar sendiri secara otodidak. Dia juga awalnya tidak pernah belajar di luar China, tapi dia mampu mendapatkan kesuksesan yang luar biasa berkat semangat dan kegigihan yang dia miliki. Mau tau seberapa besar semangat yang dimiliki oleh pelaku ecommerce dunia yang satu ini?

Baca Juga: 5 Platform Blogging Terbaik

Pelaku ecommerce dunia Jack Ma di waktu muda rela mengayuh sepedanya 45 menit setiap hari untuk berkunjung ke hotel tempat menginapnya seorang wisatawan asing. Disinilah dia melatih kemampuannya berbahasa Inggris dengan berinteraksi dengan para wisatawan tersebut setiap hari. Lalu resep dalam kesuksesan bisnisnya juga didasari oleh semagat yang sangat luar biasa. Ada satu hal menarik bahwa Jack Ma ternyata terinspirasi oleh penulis novel dunia persilatan China yang bernama Jin Yong. Dalam novelnya tersebut, Jin Yong mengatakan bahwa kerja keras adalah kunci rahasia yang membuat seseorang bisa menjadi orang yang hebat dan berbakat. Untuk bisa menjadi pemenang, Jack Ma menegaskan bahwa seseorang harus punya semangat kuat dan berpikir out of the box.

Semua Bisa Sukses Asalkan Tidak Menyerah

Dari pelaku ecommerce dunia Jack Ma, banyak hal yang bisa kita pelajari. Menjadi seorang yang sukses memang tak bisa terjadi instan karena ada sebuah proses yang harus dilakukan. Sukses itu bisa diraih dengan kerja keras dan semangat pantang menyerah. Jika semua orang menyerah, maka jadilah satu orang yang tidak menyerah. Jika anda bisa melakukannya dengan baik, tentu saja anda akan bisa menjadi sosok tersukses yang diinginkan. Tentu saja semua kerja keras tersebut pada akhirnya akan membuahkan hasil yang lular biasa dan juga memuaskan.

Belajar Sukses Dari Pelaku Ecommerce Alibaba Dunia Jack Ma

jejualan

Memiliki seorang inspirator juga penting. Dengan memiliki prinsip dan semangat yang berasal dari orang-orang penting maka hal tersebut akan memberikan suplai yang positif dalam diri. Yang mana hal tersebut juga akan membuat kita tidak pernah menyerah dalam mencapai tujuan. Untuk bisa menjadi seorang pebisnis yang sukses, tentu saja akan banyak yang bisa didapatkan. Jack Ma menjadi sosok yang sangat luar biasa berpengaruh dalam pelaku ecommerce dunia karena memiliki sebuah semangat yang tak kenal menyerah. Jangan pernah berhenti untuk belajar sampai kapanpun. Jika terus belajar, maka pasti akan terdapat hasil yang bisa dirasakan kedepannya nanti. Semua itu pastinya akan memberikan dampak positif.

Pelaku ecommerce dunia yang satu ini telah membuktikan bahwa dirinya memang bisa sukses. Dari yang awalnya hanya orang yang sedikit karyawannya, dia pun bisa memiliki karyawan yang lebih banyak lagi. Ekspansi yang dilakukan oleh Jack Ma benar-benar sangat luar biasa dan akhirnya berhasil mendatangkan keuntungan yang sangat luar biasa didalamnya. Tentu saja anda pun juga bisa mengikuti jejak Jack Ma. Hal itu tidak mustahil dilakukan selama ada semangat yang tinggi dalam menggapai tujuan tersebut.

Send Comment

Captcha *